Resep Urap Sayur

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Urab/Urap Sayur_Urap sayur adalah makanan yang sering disajikan dengan tumpeng, resep urap sayur sendiri cukup sederhana untuk dibuat di rumah.  Makanan pendamping tersebut seolah-olah tanpa kehadirannya tidak bisa membuat tumpeng terlihat menggoda untuk disantap. Karena bahan-bahannya sendiri terdiri dari sayur, maka tidak heran jika makanan ini banyak gizi. 

Resep Urap Sayur

Dengan bahan sederhana dan sering dijumpai di pasar, membuat urap sayur banyak diminati oleh warga Indonesia, selain karena rasanya yang enak dengan hadirnya parutan kelapa muda pedas di atasnya. Untuk cara membuatnya sendiri juga sangat mudah.

Bahan yang diperlukan adalah aneka jenis sayuran segar. Terdiri dari sayuran taoge, wortel, kol, kacang panjang, labu siam, dan kangkung. Bahan-bahan tersebut biasanya direbus terlebih dahulu. Dengan bumbu yang perlu dipersiapkan adalah kelapa muda dan bumbu halus selengkapnya kami jelsakan dalam resep urap sayur berikut. 

A. Bahan-Bahan yang Diperlukan

Urap sayur biasa disebut orang Indonesia sebagai saladnya orang pribumi. Karena rasanya yang gurih dan sedikit pedas, menjadi rasa yang khas pada makanan Indonesia. Dengan membuat makanan ini sendiri di rumah dan disajikan menggunakan nasi tentunya tidak kalah nikmat. Berikut bahan dalam resep urap sayur yang diperlukan :

  1. 100 gr kacang panjang
  2. 100 gr taoge
  3. 100 gr kol
  4. 250 gr kangkung
  5. 1 buah wortel
  6. 1 buah labu siam
  7. 250 gr kelapa muda 

Sedangkan untuk membuat bumbu halusnya, dapat menyiapkan beberapa bahan berikut :

  1. 3 siung bawang putih
  2. 4 siung bawang merah
  3. 6 cabai merah besar
  4. 1 cm kencur
  5. 1 sendok teh garam
  6. ½ sendok teh gula merah
  7. 3 sendok makan minyak

B. Cara Membuat Urap Sayur

Setelah bahan-bahan di atas disiapkan, selanjutnya dapat memulai untuk memasak bahannya tersebut dalam sebuah panci hingga mendidih. Rasa yang dihasilkan pada urap sayur tersebut lezat, gurih, dan ada pedasnya sedikit. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara untuk memasak urap sayur :

1. Rebus semua sayuran kecuali taoge menggunakan air yang mendidih. Setelah mulai layu, angkat dan tiriskan sayuran tersebut.

2. Bahan-bahan untuk bumbu halus diuleg/diblender.

3. Kelapa yang sudah dihaluskan kemudian disangrai sebentar di wajan. Kemudian dengan memasukkan bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalam kelapa.

4. Taoge direndam menggunakan air panas selama kurang lebih 10 detik. Lalu tiriskan.

5. Setelah campuran bumbu halus dengan kelapa mulai matang, kemudian dapat mencampurkan sayuran tadi ke dalam wajan yang berisi bumbu kelapa.

6. Aduk sebentar hingga rata antara bumbu dan sayurannya, setelah itu angkat dan dapat disajikan.

Urap sayur yang telah jadi tersebut dapat disajikan bersama nasi, atau bisa dimakan langsung untuk santapan sajian sayuran. Karena makanan ini memiliki serat, vitamin, serta mineral untuk dapat menjadi asupan bagi tubuh setiap harinya. Dengan adanya resep urap sayur, maka dapat dengan mudah membuat masakan tersebut untuk dijadikan santapan sehari-hari.