Resep Bolu Kukus Milo yang Enak dan Mudah Dibuat!

Kue bolu merupakan makanan yang disukai oleh banyak orang. Makan bolu bisa mengembalikan mood yang negatif. Selain itu, kue bolu juga bisa menjadi oleh-oleh untuk orang lain. Kue ini bisa dibuat sendiri dengan menggunakan resep bolu kukus milo. Bahan-bahannya mudah ditemukan juga. Penasaran kan? berikut ini resep yang dibutuhkan:

Resep Bolu Kukus Milo yang Enak dan Mudah Dibuat!

1. Siapkan Milo Sachet

Makanan bolu sangat banyak ragamnya, mulai dari bolu keju, bolu pandan, dan lain-lain. Salah satu bolu yang enak dan murah pembuatannya yaitu bolu kukus milo. Karena resep bolu kukus milo bisa didapatkan dimana saja dan murah bahan bakunya. Salah satu bahan utama pembuatan bolu kukus ini yaitu milo.

Untuk bisa membuat bolu kukus, setidaknya membutuhkan 1 hingga 2 bungkus sachet milo. Adanya milo ini memberikan rasa coklat yang kuat pada bolu. Rasa coklat memang sangat digemari, namun gunakan secara proporsional saja, jangan terlalu kebanyakan milo-nya. Karena jika terlalu banyak milo, rasa bolu tersebut akan menjadi enek.

Milo yang hendak dibuat kue bolu harus diseduh dengan air panas dulu. Kadar airnya sesuaikan dengan kapasitas bolu yang mau dibuat. Air susu milo ini nantinya akan dicampurkan dengan bahan lainnya.

2. Siapkan Telur dan Gula

Setelah itu, mulai siapkan bahan-bahan untuk membuat adonannya. Sebelum mencampurnya dengan adonan terigu, siapkan dulu telur dan gula. Untuk bisa membuat kue bolu kukus milo yang enak, setidaknya dibutuhkan dua butir telur ayam. Siapkan wadah khusus untuk mencampur kedua telur tersebut.

Pecahkan telur dan aduk hingga benar-benar rata dan halus. Setelah itu, campurkan dengan gula dan aduk terus hingga agak padat. Berikan gula secukupnya saja sesuai dengan tingkat kemanisan yang ingin dibuat, biasanya 6 sendok makan sudah cukup. Pada saat mengaduk, gunakan alat pengocok telur agar lebih merata dan bisa mengembang.

3. Siapkan Terigu

Bahan yang wajib dipersiapkan yaitu tepung terigu. Bolu bisa menjadi kue yang enak karena ada adonan dari tepung terigu. Tepung terigu yang dibutuhkan yaitu sekitar 200 gram saja. Takaran tepung terigu ini memang harus diperhitungkan, karena apabila tepung terigu yang diberikan sedikit, maka adonan akan encer.

Sedangkan apabila kebanyakan bisa membuat adonan menjadi sulit untuk disatukan. Tepung terigu yang sudah disiapkan tersebut, tuangkan ke wadah khusus untuk dicampur dengan bahan lainnya. Bahan tersebut yaitu baking powder.

4. Siapkan Baking Powder

Setelah tepung terigu sudah dituangkan, maka siapkan baking powder dan tuangkan kedalam tepung terigu. Tidak perlu banyak-banyak, cukup setengah sendok makan baking powder saja sudah cukup. Fungsi dari baking powder yaitu agar kue bolu bisa mengembang dengan baik. Sehingga kue tampak berisi dan padat sehingga menarik untuk dimakan.

Campurkan baking powder ke tepung terigu. Aduk dengan perlahan-lahan dan campurkan dengan campuran telur dan gula sebelumnya. Campurkan dan aduk hingga merata. Agar merata dan bisa mengembang, aduk menggunakan mixer. Setelah itu, tuangkan adonan yang sudah tercampur itu ke wadah cetakan kue bolu untuk selanjutnya dikukus selama 30 menit.

5. Siapkan Topping Tambahan

Setelah kue bolu selesai dikukus, maka selanjutnya bisa ditambahkan dengan topping tambahan sesuai selera. Topping tambahan yang cocok biasanya, yaitu keju atau coklat lumer diatasnya. Bisa juga ditambahkan dengan kacang Almond agar lebih nikmat dan gurih saat digigit. Atau bisa juga ditambahkan dengan cream seperti yang ada di kue ulang tahun.

Demikian resep bolu kukus milo yang perlu disiapkan agar tercipta kue bolu kukus yang nikmat saat disantap dengan keluarga. Bisa juga dijadikan sebagai oleh-oleh ke saudara dan kerabat lainnya. Silahkan dicoba untuk mempraktekkan pembuatan kue bolu kukus milo ini.