Cara Mudah Membuat Barcode di Word dengan Cepat

 Barcode biasa ditemukan pada kemasan makanan dan minuman ringan. Sebenarnya Barcode tidak cuma bisa dipakai buat kemasan, Biasanya barcode bisa dipakai buat segala kebutuhan. Mulai dari absensi, kartu perpus, dan lainnya. Fungsi dari Barcode sendiri adalah menyimpan database, sehingga lebih praktis. Berikut cara membuat Barcode di Word, yang mudah dan cepat:

Cara Mudah Membuat Barcode di Word dengan Cepat

1. Unduh Font Barcode

Pertama pengguna perlu mengunduh dulu font barcodenya. Gunakan font yang gratis, seperti IDAutomationHC39M atau Free 3 of 9 Extended. Ada banyak font Barcode di internet, pengguna bisa memilih sendiri. Pengguna juga bisa mengunjungi https://www.1001fonts.com/barcode-fonts.html 

Web tersebut menyediakan banyak font barcode, yang dapat dipilih pengguna. Jika sudah memilih font barcodenya, unduh font Barcode tersebut. Tunggu sampai font barcode selesai terunduh, lalu pengguna bisa ke cara membuat barcode di Word berikutnya.

2. Ekstrak File Font Barcode

Biasanya file font Barcode yang diunduh dari internet, mempunyai bentuk Zip atau RAR. Jadi, pengguna harus mengekstrak nya dulu, supaya file bisa dibuka dan diketahui isinya. Ada berbagai cara buat mengekstrak file Zip atau RAR.

Bisa memakai aplikasi khusus pembuka file Zip, atau melalui web pembuka Zip atau RAR. Lebih disarankan memakai aplikasi pembuka Zip, karena lebih mudah. Pengguna tidak perlu melakukan pengaturan khusus, jika memakai aplikasi pembuka Zip atau RAR.

3. Salin File ke Sistem Windows

Jika file font Barcode sudah terbuka, maka cara membuat Barcode di Word berikutnya ialah Copy file itu ke Windows. Buka folder Sistem atau Local Disk, lalu masuk ke folder Windows. Setelah itu, masuk ke folder Font yang sudah di download, lalu salin filenya.

Setelah font sudah di salin, pembuatan Barcode di Word bisa dilakukan. Jika font tidak bisa terbaca, maka pengguna bisa memulai ulang laptop atau komputernya dulu. Jangan lupa untuk menyalin ulang font dari dalam folder penyimpanan.

4. Ketik Angka Acak dan Tambahkan Tanda Bintang

Buka MS Word yang ada di laptop atau komputer, untuk memulai pembuatan barcode. Ketikkan kombinasi angka acak sesuai keinginan, misalnya 5678 atau kombinasi lainnya. Setelah membuat kombinasi angka, masukkan tanda bintang di depan dan akhir kombinasi. Contohnya seperti *5678*.

Perlu diketahui, bahwa tidak semua Barcode memerlukan tanda bintang. Pada cara ini tanda bintang dibutuhkan, supaya Barcode bisa berhasil atau terdeteksi. Jadi tanda bintang disesuaikan, sesuai dengan jenis Barcode yang akan dibuat.

5. Ubah Menjadi Barcode dan Atur Ukurannya

Berikutnya pengguna Select atau memilih kode itu, lalu pencet menu Home. Ganti atau copy paste kode itu, jadi Free 3 of 9 Extended atau font Barcode yang dipilih. Kode angka tadi pun, akan berubah bentuk menjadi Barcode. Hasilnya akan seperti Barcode pada kemasan makanan atau minuman ringan.

Pengguna bisa mengatur ukuran Barcodenya, seperti diperkecil maupun diperbesar. Terakhir pengguna tinggal menyimpan, atau mencetak Barcode tersebut. Selesai, barcode telah berhasil dibuat.

6. Uji Barcode Memakai Alat atau Aplikasi Khusus

Pastinya pengguna penasaran dengan hasil Barcode yang dibuat, apakah bisa terbaca atau tidak. Buat mengujinya, pengguna bisa memakai alat khusus pembaca Barcode. Jika tidak punya, pengguna bisa mengunduh aplikasi khusus pembaca Barcode di playstore. Uji Barcode yang telah dibuat, dan latih terus kemampuan membuat Barcode.

Untuk membuat sebuah Barcode memang cukup mudah dan bahkan bisa membuatnya di MS Word. Pengguna cuma perlu melihat cara membuat Barcode di Word, lalu cobalah untuk membuatnya. Berlatih terus supaya kemampuan membuat Barcode meningkat.