5 Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi, Bisa Lakukan Sendiri

 Setiap orang yang memiliki laptop pastinya pernah menemui masalah baterai laptop yang tidak mengisi setidaknya satu kali. Jika menemui masalah ini lagi, pengguna tidak perlu panik. Karena ada cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi, cara-cara ini bisa dilakukan oleh pengguna sendiri tanpa harus mendatangi tenaga ahli atau servis komputer. Jika baterai laptop tiba-tiba bisa mengisi, janganlah panik. Lakukan 5 langkah mudah di bawah ini untuk mengatasinya:

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Mengisi, Bisa Lakukan Sendiri

1. Memeriksa Kondisi Charger

Ketika baterai laptop tidak mengisi hal pertama yang harus di cek adalah perangkat chargernya. Karena itu ketika hal tersebut terjadi, pengguna harus memeriksa dulu kondisi charger laptop. Mungkin saja baterai tidak mengisi karena charger laptop tidak terpasang dengan benar. Bisa juga karena colokan tidak terpasang dengan rapat. Ada kemungkinan juga bahwa adaptor laptop kotor sehingga akses terhalang oleh kotoran. Kemungkinan lain mungkin ada kerusakan pada charger terutama bagian dalam kabel charger.

2. Menekan Tombol Power Selama 30 Detik

Jika kabel charger sudah dicek dan ternyata tidak ada masalah, cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menekan tombol power selama 30 detik. Sebelum itu lepas dulu baterai laptop kemudian pasang kembali. Baru tekan tombol power dan jangan dilepas selama 30 detik. Setelah 30 detik bisa dilihat apa laptop bisa menyala atau tidak.

3. Lepas Baterai Kemudian Pasang

Cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi selanjutnya adalah melepas kemudian memasang kembali baterai laptop. Cara ini merupakan cara yang paling umum dilakukan orang. Melepas kemudian memasang kembali baterai adalah bentuk restart laptop secara paksa.

Pada kasus baterai laptop yang tidak bisa mengisi pengguna bisa memasang charger dan menyalakan laptop dalam keadaan baterai laptop tidak terpasang.  Hal ini untuk mengecek, masalah tidak bisa mengisi baterai ini terdapat pada baterai atau laptopnya. Jika laptop bisa menyala dan fungsi charger masih bisa berjalan. Kemungkinan besar masalah ada pada baterai laptop yang sudah rusak.

4. Mengupdate Driver

Masalah baterai laptop yang tidak mengisi bisa juga dikarenakan karena driver yang digunakan sudah terlalu lawas. Terutama untuk para pengguna laptop yang sudah menggunakan Windows 10. Update driver ini bisa dilakukan pada menu Device Manager. Di dalamnya akan ada menu ‘Batteries’ di antara entri yang ada. Klik setiap entri kemudian tekan properties, di dalam menu yang muncul selanjutnya akan ada pilihan ‘Update Driver’. Setelah driver di update, restart kembali laptop kemudian coba untuk mencharge lagi.

5. Mendinginkan Laptop

Masalah lain yang bisa menjadi penyebab baterai tidak mengisi adalah kondisi laptop yang terlalu panas. Kondisi laptop yang overheat bisa mempengaruhi keadaan baterainya, karena laptop sendiri memang sangat rentan pada suhu panas.

Solusi untuk masalah ini adalah mendinginkan laptop, caranya adalah dengan mengistirahatkan laptop. Matikan laptop sepenuhnya dan diamkan untuk beberapa saat sampai suhunya menurun. Sebelumnya pastinya juga jika sistem cooling pada laptop bekerja dengan baik. Bersihkan sistem cooling pada laptop dari debu yang mungkin menghalangi sirkulasi udara laptop.

Itulah cara memperbaiki baterai laptop yang tidak mengisi yang bisa dilakukan oleh pengguna sendiri. Jika 5 cara sudah dilakukan namun fungsi charger laptop tidak kembali atau laptop tidak kembali menyala. Mungkin ada masalah tertentu di dalam laptop pengguna, jika sudah seperti ini barulah pengguna bisa mempertimbangkan untuk membawa laptop pada tenaga yang ahli atau tukang servis.