Cara Scan di Printer Epson Melalui Komputer atau Laptop

 Printer Epson ternyata tidak hanya memiliki fungsi untuk mencetak dokumen saja. Salah satu brand terkenal ini juga memiliki fungsi lainnya seperti fotocopy dan scan dokumen. Untuk fungsi scan ini banyak orang yang tidak menggunakannya. Hal ini karena tidak banyak orang  mengetahui bagaimana cara scan di printer Epson. Terutama saat menggunakan perangkat seperti komputer atau laptop.

Cara Scan di Printer Epson Melalui Komputer atau Laptop

Padahal langkah-langkahnya sangat mudah dilakukan. Tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah ketika mencetak dokumen dengan printer epson. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk scan di printer Epson dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop:

1. Pastikan Driver dan Aplikasi Epson Sudah Terpasang dengan Lengkap

Hal yang penting dari menggunakan printer adala driver printer yang sudah terpasang dengan lengkap dan secara menyeluruh pada perangkat komputer atau laptop. Tidak hanya untuk fitur scan saja, driver ini juga akan berpengaruh dengan fungsi printer epson lainnya. Jadi, sebaiknya sebelum mulai menggunakan printer baik dari brand Epson atau brand manapun. Pastikan driver dan aplikasi printer sudah terpasang dengan lengkap.

2. Letakkan Dokumen yang Akan di Scan pada Printer

Langkah selanjutnya dari cara scan di printer Epson adalah meletakkan dokumen yang akan di scan pada perangkat printer. Letakkan di bagian pemindai yang ada di printer Epson. Jangan lupa untuk memastikan sekali lagi posisi dokumen yang akan di scan.

Hal ini karena posisinya nanti akan sangat mempengaruhi hasil scan. Pastikan bahwa dokumen bisa diletakkan secara pas di bagian scanner dengan begitu dokumen bisa terpindai secara lengkap. Jika sudah pas, maka tidak akan ada bagian dokumen yang akan terpotong ketika di scan kemudian.

3. Memilih Printer Epson yang akan Digunakan

Bagi komputer yang sudah tersambung dengan beberapa printer sekaligus, perlu memilih printer Epson yang akan digunakan. Pilihlah printer yang sudah diletakkan dokumen di pemindainya sebelumnya. Jika printer belum tersambung, pengguna bisa menyambungkannya dulu melalui Printer Network.

Menu printer Network ini ada di menu Network yang terdapat pada menu Control Panel. Jangan lupa sebelumnya printer harus sudah tersambung dengan perangkat komputer atau laptop. Jika tidak tersambung, maka printer tidak dapat digunakan.

4. Pilih Fitur Scan pada Software Epson

Pada tahap ini software printer Epson akan terbuka. Pengguna bisa memilih fungsi untuk memindai atau menscan dokumen untuk memulai fitur scan printer Epson. Setelah fitur ini dipilih, pengaturan Epson Scan akan terbuka. Atur dokumen yang akan di scan agar hasilnya maksimal.

Pengaturan yang dimaksud seperti ukuran dokumen yang akan discan, kualitas scan dokumen, dan format apa yang diinginkan untuk hasil scan nanti. Pada menu ini pengguna juga bisa menentukan ingin scan yang berwarna atau ingin scan yang hitam putih atau monokrom saja.

5. Periksa Sekali  Lagi dengan Preview Kemudian Mulai Proses Scan

Jika pengguna ingin melihat hasil dari pengaturan yang sebelumnya, pengguna bisa melihat menu preview sebelum memulai proses scan. Kalau ada pengaturan yang salah atau ingin diubah lagi, pengguna bisa kembali ke menu pengaturan sebelumnya. Tujuannya tentu untuk mengubah lagi pengaturan sampai mencapai hasil yang diinginkan .

Apabila menu preview sudah sesuai dengan yang diinginkan oleh pengguna, maka proses scan bisa langsung dilakukan oleh para pengguna. Sebelum proses dimulai pengguna akan masuk ke menu ‘Konfigurasi’ untuk memastikan sekali lagi format file. Setelah itu, pengguna tinggal tekan ‘Ok’ tunggu beberapa saat sampai proses scan sudah selesai.

Itulah cara scan di printer Epson dengan menggunakan perangkat komputer dan laptop. Ternyata caranya sangat mudah dan cepat dilakukan. Mulai sekarang jangan sia-siakan fitur scan yang ada di printer Epson dan memanfaatkannya dengan maksimal.

Posting Komentar untuk "Cara Scan di Printer Epson Melalui Komputer atau Laptop"