Simak! Inilah 7 Keuntungan Internet Banking yang Perlu Diketahui Nasabah

 Tingginya konsumsi masyarakat membuat aktivitas transaksi banyak dilakukan di mana-mana, karena aktivitas tersebut kini telah menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan. Internet Banking menjadi salah satu alternatif dalam melakukan kegiatan transaksi dengan berbagai keuntungan Internet Banking yang ditawarkan oleh pihak perbankan.

7 Keuntungan Internet Banking yang Perlu Diketahui Nasabah

Internet Banking atau lebih sering disebut iBanking merupakan salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh pihak perbankan dalam rangka memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi. Selain hanya bermodal jaringan internet saja, fasilitas Internet Banking pun memiliki beberapa keuntungan lain yang ditawarkan kepada para nasabah, yaitu:

1. Memudahkan Transaksi Non-Tunai dan Mutasi Rekening

Keuntungan Internet Banking inilah yang paling utama ditawarkan kepada para nasabah, karena dengan fasilitas tersebut, nasabah tidak perlu lagi pergi ke mesin ATM. Nasabah cukup mengakses situs Internet Banking bank yang digunakan atau mengunduh aplikasi i-Banking yang tersedia, maka para nasabah sudah bisa melakukan transaksi non-tunai.

Dalam Internet Banking, nasabah juga dapat melihat data transaksi keuangan atau mutasi rekening, sehingga nasabah tidak perlu mencatat manual setiap transaksi yang dilakukan. Keuntungan ini tentu sangat memudahkan para nasabah dan tidak perlu diragukan lagi setiap fitur yang ditawarkan oleh fasilitas Internet Banking.

2. Menghemat Waktu dan Fleksibel

Keuntungan Internet Banking yang satu ini pastilah sangat dibutuhkan oleh seluruh nasabah, terutama nasabah pebisnis yang harus mengoptimalkan waktu dengan baik. Selain itu, transaksi menggunakan Internet Banking juga sangat fleksibel, karena dapat dilakukan kapan dan di mana saja menggunakan gawai, komputer, atau sebagainya.

3. Memudahkan Pembayaran e-Commerce

Para nasabah dapat melakukan pembayaran tiket hotel, tiket pesawat, atau pembayaran lainnya hanya dengan menggunakan Internet Banking. Pembayaran ini hanya dapat dilakukan apabila pihak-pihak e-Commerce tersebut bekerja sama dengan perusahaan bank yang digunakan si nasabah.

4. Dapat Melakukan Pembayaran Tagihan Telepon atau Listrik

Pembayaran tagihan berupa tagihan telepon atau pun listrik, kini dapat dilakukan oleh para nasabah bank hanya dengan menggunakan i-Banking dari ponsel masing-masing. Tentu hal ini sangat memudahkan para nasabah yang memiliki banyak kesibukan, karena pembayaran tersebut dapat dilakukan dari mana saja dan tidak terikat waktu.

5. Disediakan Info Kurs

Dalam Internet Banking, para nasabah pun dapat melihat info kurs atau nilai jual beli mata uang dalam situs resmi bank yang digunakan. Info yang disajikan oleh Internet Banking selalu baru, sehingga para nasabah dapat meninjau naik turunnya nilai mata uang terhadap rupiah.

Dalam info kurs ini, nilai mata uang yang dapat dilihat atau ditampilkan adalah nilai mata uang Dollar, Euro, Yen, dan sebagainya. Fitur ini sangat berguna bagi para nasabah untuk memonitor nilai mata uang serta tentu saja dapat menambah wawasan si nasabah.

6. Memudahkan Isi Ulang Pulsa Elektrik

Keuntungan yang satu ini membuat para nasabah tidak perlu lagi repot pergi ke counter hanya untuk membeli pulsa elektrik atau semacamnya. Internet Banking telah menyediakan fitur isi ulang pulsa dengan minimal pembelian sebesar Rp. 25.000 saja, yang tentu hal ini dapat menghemat waktu juga biaya.

7. Mengetahui Program-Program Baru Bank yang Digunakan

Nasabah dapat mengetahui informasi terkait program-program baru yang diadakan oleh bank yang digunakannya, seperti program deposito, investasi, angsuran pinjaman, dan sebagainya. Tentu hal ini dapat diketahui oleh para nasabah melalui situs resmi Internet Banking bank yang digunakan.

Itulah 7 keuntungan Internet Banking yang tentu semakin memudahkan para nasabah dalam melakukan aktivitas transaksi atau pun pembayaran non-tunai lainnya. Kegiatan transaksi dengan menggunakan fasilitas Internet Banking kini dapat dilakukan oleh siapa, kapan, dan di mana saja, serta mudah diakses.