Rekomendasi Aplikasi Alquran Untuk PC/Laptop Offline Terbaik

 Seiring berkembangnya teknologi, banyak hal kini bisa dilakukan hanya dengan melalui layar komputer. Tak hanya melulu soal dunia, melakukan ibadah seperti membaca Al-Quran juga bisa dilakukan lewat PC. Ada banyak sekali aplikasi Quran offline yang tersedia di PC. Dan berikut adalah rekomendasi aplikasi Alquran untuk PC offline terbaik:

Rekomendasi Aplikasi Alquran Untuk PC/Laptop Offline Terbaik

1. Quran King Saud University

Al-Quran elektronik King Saud University merupakan proyek dari Universitas Raja Saud di Saudi Arabia. Proyek ini adalah simulasi elektronik Al-Qur'an yang tersedia dalam tujuh belas bahasa dengan margin untuk menerjemahkan makna Al-Qur'an Mulia ke lebih dari dua puluh bahasa. 

Serta terjemahan audio dari dua bahasa, tujuh interpretasi, dan pembacaan Al-Qur'an yang Mulia oleh suara banyak pembaca terkenal. Aplikasi ini juga memiliki fitur pengulangan untuk memfasilitasi hafalan Quran untuk anak-anak dan orang dewasa. Hal luar biasa selanjutnya adalah Al-Quran ini memiliki penafsiran yang bisa dipelajari langsung. 

Selain untuk Windows, aplikasi Quran ini juga tersedia untuk perangkat iOS, Android, Windows Phone, Windows, Mac, dan Linux. Untuk mengunduh aplikasi ini bisa langsung klik tautan berikut ini : https://quran.ksu.edu.sa/ 

2. MyQuran Indonesia

MyQuran Indonesia adalah software Quran yang dibuat langsung oleh developer asal Indonesia yaitu Wali Studio. Ayat-ayat dari Al-Quran ini juga tidak diambil dari internet melainkan langsung dari versi cetak sehingga mendapat sertifikasi TASHIH dari Kemenag. Aplikasi Quran ini juga memiliki banyak fitur yang mempermudah proses membaca Al-Quran.

Pengguna bisa membaca semua ayat di aplikasi ini secara offline. Desainnya yang cantik dan elegan membuat para pembaca betah. Jika lupa halaman terakhir yang telah dibaca, aplikasi ini bisa memberitahukannya. Dengan tajwid berwarna, para pembaca bisa membaca Al-Quran dengan lebih fasih. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan ayat-ayat penting dalam kehidupan sehari-hari.

3. The Quran

Selanjutnya aplikasi Alquran untuk PC offline terbaik adalah The Quran. Aplikasi Quran ini adalah Quran lengkap dalam Font Arab yang indah. Ini disertai dengan terjemahan ayat demi ayat, bacaan ayat demi ayat, dan opsi pencarian teks lengkap. Pengguna juga diberi kebebasan untuk mengkustomisasi ukuran font, jenis font. tema, warna ayat dll.

The Quran tersedia dalam lebih dari 20 terjemahan bahasa termasuk bahasa Indonesia. Audio dalam aplikasi ini juga diisi oleh para pembaca Al-Quran terkenal seperti Abdurrahmaan As-Sudais, Abdul Basit Murattal, Abdullah Basfar, Abu Bakr Ash-Shaatree dan masih banyak lagi. Untuk mendengarkan semua jenis audio, pengguna perlu mengunduhnya terlebih dahulu.

4. Memorize Quran

Sesuai namanya, aplikasi Quran yang satu ini di program khusus bagi para pengguna yang serius ingin menjadi penghafal Quran. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membaca, mendengarkan, dan menghafal Al-Qur'an secara offline. Halaman, baris, dan font dalam aplikasi ini diformat persis sama dengan Cetak Madinah "Mushaf Al-Madinah."  

Aplikasi ini memiliki 4 mode yang terdiri dari Read, Listen, Loop, dan Review. Read merupakan fungsi baca sama seperti aplikasi lain. Listen adalah mode untuk mendengarkan ayat-ayat secara otomatis. Loop adalah mode untuk mengulang surat tertentu yang ingin di hafal. Review adalah mode untuk melihat sejauh mana bacaan penggunanya serta statistik lain.

5. IslamicHub

IslamicHub merupakan aplikasi yang berguna untuk memperkuat iman dan menjadi pusat menimba ilmu dan informasi bagi umat Islam. Tak hanya Al-Quran, di aplikasi ini juga ada database hadist serta motivasi harian. Aplikasi ini tersedia dalam dua versi bahasa yaitu Inggris dan Jerman.

Demikian tadi rekomendasi aplikasi Alquran untuk PC offline terbaik yang bisa digunakan. Dengan adanya aplikasi-aplikasi diatas, kini sudah tidak ada alasan lagi bagi setiap umat Muslim untuk bermalas-malasan dalam membaca Al-Quran.