Cara Merubah MP4 ke MP3 di Laptop, Simak Urutannya

 File MP4 dipakai untuk saving dan menonton video atau gambar bergerak sedangkan file MP3 dinikmati guna mendengarkan suara. Cara merubah MP4 ke MP3 di Laptop bisa diwujudkan terutama karena format dasar MP4 ataupun MP3 punya garis keturunan tidak berbeda-baik MP4 dan MP3 asalnya ialah format File Bergerak Gambar Ahli (MPEG) yang dikompresi. Inilah cara merubah MP4 ke MP3 menggunakan laptop:

Cara Merubah MP4 ke MP3 di Laptop

1. Menghapus Konten Video

Seperti diketahui bentuk MP4 dengan MP3 teramat samad an the only yang membuat MP4 dan MP3 beda adalah gambar gerak dan suara. Cara merubah MP4 ke MP3 di laptop tidaklah rumit, hapus saja bentuk video pada MP4. Manfaatkan Sistem Operasi dari Windows yang dapat mengubah file MP4 menjadi file MP3.

2. Memanfaatkan Media Player

Ajaibnya, walau dirasa mustahil Media Player yang original dari Microsoft yang beroperasi pada Sistem Operasi Windows, atau yang sudah sangat populer sebagai Windows Media Player bisa mengubah bentuk MP4 menjadi bentuk MP3. Begini caranya, buka Windows Media Player. Tekan pilihan File lalu pilih 'buka'.

Kemudian, pada dialognya arahkan pada bentuk MP4 yang ingin diubah jadi bentuk MP3, setelah itu klik 'buka' lagi pada format MP4 yang dipilih. Kemudian lanjutkan operasi dengan memilih 'File' dan 'simpan sebagai'. Pada dialog 'save as' pilihlah 'nama file' arahkah kursor pakai mouse ke bagian belakang dari nama file yang dinamakan ekstensi. Ubahlah ekstensi yang tertulis MP4. Hapus angka empatnya dan ketikkan angka tiga. Lewat cara ini format MP4 sudah jadi MP3 bila disimpan.

3. Mengubah MP4 Jadi MP3 Tanpa Koneksi Internet

Bil pengguna sedang tidak punya kuota internet tetapi ingin mengkonversi format MP4 jadi MP3, cara merubah MP4 ke MP3 di laptop dilakukan dengan memanfaatkan situs yang namanya Any Video Converter dimana umumnya aplikasi ini telah tertanam pada Laptop berbasis Windows. Tinggal buka Any Video Converter, pilih "Tambah Video" lalu pulih salah satu format MP4 yang mau di konversi jadi MP3.

Setelah mendapatkan file MP4 itu, temukan kenop yang tulisannya "format video output" gantilah format yang diinginkan dengan MP3. Setelah itu lakukan langkah klik kenop "Konversi Sekarang" lalu nantikan sebentar, dalam hitungan detik atau paling lama beberapa menit, gambar gerak sudah menjadi suara saja.

4. Pakai Format Factory

Cara merubah MP4 ke MP3 di laptop dapat juga memanfaatkan aplikasi yang namanya “Format Factory” dimana aplikasi ini tidak hanya bisa mengubah MP4 jadi MP3 tetapi bisa juga mengganti MP4 jadi bentuk file lain seperti GIF. Langkahnya unduh aplikasi Format Factory lalu dibuka. Pada pilihan "Tambah File" sorot bentuk MP4 yang ingin dikonversi jadi suara saja. Setelah pilihan benar jalankan pengubahan dengan menekan tombol 'Mulai'. Nantikan sampai beberapa detik paling lama beberapa menit sampai finish 100%.  Langkah selanjutnya adalah menyimpan dan memeriksa hasil perubahan yang sudah dikerjakan.

5. Pakai Cara Online

Cara merubah MP4 ke MP3 di laptop jika pengguna memiliki sambungan internet atau Wifi sangatlah mudah. Ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengkonversi format secara online, diantaranya adalah Zamzar dan Online Video Converter. Langkah-langkahnya tinggal ikuti petunjuk di layar biasanya pengguna akan diminta memilih atau menyeleksi bentuk MP4 yang mau pengguna ubah lalu tinggal ganti extensinya jadi MP3. Tekan tombol start dan tunggu hasilnya.

Demikianlah lima cara merubah MP4 ke MP3 di laptop yang ternyata tidak sulit asal sudah mengerti. Pilih salah satu cara yang paling gampang dilakukan. Setelah itu pengguna tinggal menikmati hasilnya, mendengarkan audio dari MP3 sambil memejamkan mata.