Butuh Camilan Enak ? Resep Rolade Daun Singkong Bisa Jadi Solusinya!

Camilan memang banyak ditemukan di Indonesia, bahkan setiap daerah memiliki cemilannya masing-masing. Di Jawa Tengah, lebih tepatnya daerah Ungaran Semarang, terdapat camilan khas yang terbuat dari daun singkong. Nama camilan tersebut yaitu rolade daun singkong. Tertarik ingin bikin? ketahui dulu resep rolade daun singkong. Berikut ini resep dan langkah membuatnya:

Butuh Camilan Enak ? Resep Rolade Daun Singkong Bisa Jadi Solusinya!

1. Siapkan Daun Singkong

Sesuai dengan namanya yaitu rolade daun singkong, maka bahan masakan yang penting dipersiapkan yaitu daun singkong. Daun singkong sangat mudah ditemukan apalagi di daerah Semarang. Tetapi di daerah lain pun juga harusnya mudah ditemukan, karena cara menanam tumbuhan singkong ini sangat mudah.

Selain itu, ada banyak manfaat yang baik bagi kesehatan seperti melancarkan pencernaan dan sirkulasi darah. Serta bisa juga menghindarkan tubuh dari penyakit anemia (kekurangan darah). Jadi selain enak juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Agar bisa membuat rolade tersebut membutuhkan sebanyak 2 ikat daun singkong saja. Dengan 2 ikat tersebut, bisa digunakan untuk membuat 4 buah rolade. Jadi tinggal dikalikan saja sesuai dengan kebutuhan, apabila ingin membuat camilan ini dalam jumlah banyak.

Pemilihan daun singkong juga tidak boleh asal-asalan. Supaya enak, disarankan untuk memilih daun singkong yang muda dan masih fresh. Daun singkong yang muda lebih mudah dipotong dan tidak keras. Dengan begitu, rolade yang dibuat bisa menghasilkan kriuk yang pas saat dimakan.

2. Siapkan Tahu Putih

Tahu putih juga menjadi salah satu bahan untuk resep rolade daun singkong khas Ungaran Semarang ini. Tahu putih yang digunakan biasanya tahu putih yang bentuknya kotak dan ukurannya besar. Perhatikan juga tingkat kepadatan tahunya. Pilih tahu putih yang lebih padat dan sedikit airnya, agar adonannya bisa padat.

Setidaknya butuh sekitar 1 buah tahu putih saja ukuran besar untuk membuat rolade ini. Tahu putih kotak tersebut kemudian dihancurkan sampai rata. Karena nantinya akan menjadi isi adonan dan dicampur dengan potongan daun singkong.

3. Siapkan Telur

Telur juga dibutuhkan untuk pembuatan rolade daun singkong. Tidak perlu banyak telur yang dibutuhkan, cukup siapkan 1 telur saja. Karena fungsi dari telur ini yaitu untuk memadatkan adonan saja pada saat tahu dan daun singkong itu dicampur. Selain itu, telur juga bisa menambah rasa menjadi lebih enak.

4. Siapkan Bumbu-Bumbu

Bumbu ini yang paling terpenting pada saat membuat masakan apapun. Masakan bisa lebih enak karena dicampur dengan berbagai bumbu. Apalagi di indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya yang banyak dan bisa membuat masakan menjadi lebih enak.

Bumbu yang perlu disiapkan yaitu bawang putih sekitar 3 siung, garam sebanyak 1 sendok teh, dan gula 1 sendok makan. Haluskan lalu campur bumbu tersebut ke dalam adonan tahu dan daun singkong tersebut. Pastikan campurannya rata. Selain itu, tambahkan juga tepung terigu secukupnya.

5. Siapkan Daun Pisang

Daun pisang ini bakal dijadikan sebagai pembungkus rolade. Sebenarnya bisa juga menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus jika tidak ada daun pisang. Tetapi lebih disarankan daun pisang karena makanan yang dibungkus dengan daun pisang bisa lebih harum dan rasanya lebih enak.

Masukkan semua adonan yang sudah tercampur sebelumnya ke daun pisang. Bungkus dengan rapi dan pastikan tidak ada yang terbuka agar matangnya bisa merata. Setelah itu, kukus rolade beberapa menit hingga matang. Setelah itu tiriskan hingga kering, kemudian rolade daun singkongnya bisa digoreng bersama tepung agar menjadi camilan gorengan yang enak disantap.

Demikian resep rolade daun singkong yang perlu disiapkan. Bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di berbagai daerah, jadi siapapun bisa mencoba untuk membuatnya. Selain bisa dinikmati sendiri dengan keluarga, camilan rolade ini juga bisa menjadi peluang bisnis di kala pandemi saat ini.