Apakah 1 Akun Zoom Bisa Dipakai 2 Meeting? Cek Jawaban dan Langkahnya

 Menggunakan Zoom dalam berbagai macam kegiatan rapat atau pertemuan adalah hal yang wajar untuk dilakukan. Ada banyak orang yang menggunakan cara ini untuk efisiensi sendiri dalam pemakaian aplikasi. Anda memang dapat menggunakan cara online untuk meeting dan lainnya. Pertanyaannya adalah apakah 1 akun Zoom bisa dipakai 2 meeting?

Apakah 1 Akun Zoom Bisa Dipakai 2 Meeting? Cek Jawaban dan Langkahnya

Sekarang ini, semua orang jelas tahu bahwa Zoom menjadi hal penting dalam seminar dan kegiatan lainnya. Anda juga menggunakan aplikasi online ini dalam pertemuan profesional seperti rapat kantor. Bahkan, banyak digunakan untuk pembelajaran bersama mahasiswa atau juga pelajar. Anda dapat menggunakan aplikasi dengan mudah untuk berbagai kegiatan penting.

Apakah 1 Akun Zoom bisa Dipakai 2 Meeting? Ini Jawabannya! 

Untuk Anda yang ingin menggunakan Zoom dalam berbagai macam kepentingan, tidak harus khawatir. Anda dapat menggunakan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan sendiri. Tentunya, hal ini dikarenakan Anda tidak usah khawatir berkaitan dengan pertemuan yang dapat dilakukan. Anda dapat melakukan meeting dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan lainnya. 

Zoom menjadi aplikasi yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan 2 meeting secara bersamaan. Anda tidak harus menambahkan akun lainnya dalam pemakaian. Dengan menggunakan satu akun, langsung ada 2 meeting yang dapat Anda lakukan juga. Namun, Anda harus tahu langkah yang tepat sehingga dapat meeting secara bersamaan juga. 

Cara Mudah Lakukan 2 Meeting 

Ada beberapa orang yang sering mempunyai jadwal bentrok dalam kegiatan pameran atau rapat. Anda pastinya akan merasa sayang jika membuang satu atau dua kegiatan yang diinginkan. Tidak harus khawatir karena ada langkah mudah yang dapat dimanfaatkan. Anda dapat mengikuti keduanya dengan menggunakan langkah berikut ini dalam meeting bersamaan:

1. Download aplikasi 

Anda dapat download aplikasi sebelum melakukan meeting. Jangan menggunakan website karena akan lebih efisien dengan menggunakan aplikasi. Anda dapat memanfaatkan aplikasi yang satu ini dalam dua laptop. Unduh aplikasi dalam dua laptop sehingga dapat mempraktekkan secara langsung.

Jangan menggunakan ponsel karena dapat membuat Anda kesulitan ketika melakukan koordinasi dengan pihak lainnya pula. Penggunaan ponsel pastinya jauh lebih sulit untuk meeting yang dilakukan pula. Jadi, Anda harus mengunduh aplikasi dalam perangkat lebih dulu sehingga tidak perlu kesulitan. 

2. Buat link zoom 

Dalam cara membuktikan apakah 1 akun zoom bisa dipakai 2 meeting, Anda dapat membuat link zoom jauh lebih dulu. Sebelum melakukan meeting, Anda dapat membuat dua akun jauh lebih dulu. Hal ini dapat membantu Anda untuk berjaga-jaga jika ada masalah pada link yang lainnya. Anda dapat melakukan meeting jauh lebih lama jika mempunyai akun yang sudah terverifikasi. 

3. Miliki perangkat memadai 

Langkah mudah lainnya yang dapat Anda manfaatkan adalah mempunyai perangkat yang memadai. Anda harus menyiapkan dua laptop untuk melakukan meeting dengan satu akun yang sama. Jadi, tidak usah berpindah akun lagi. Cek kedua perangkat yang ada untuk melakukan pertemuan. Anda harus menyiapkan dua laptop kemudian handphone dan juga kamera eksternal hingga ke layar LCD. 

Selain itu, pastikan kalau Anda sudah memasang grup Whatsapp di posisi teratas. Dengan menggunakan pin pada grup meeting atau grup yang menjalankan kegiatan, Anda dapat melakukan koordinasi dengan baik. Anda juga perlu menyiapkan Wifi atau juga mengisi kuota agar perangkat internet dapat berjalan dengan lancar. Siapkan jaringan yang lancar untuk virtual meeting juga 

Jangan sampai tidak ada persiapan ini karena kedua meeting akan mengalami masalah secara bersamaan juga. Jaringan harus lebih kuat daripada biasanya karena digunakan untuk masuk ke dua pertemuan sekarang ini. Jika biasanya jaringan yang Anda gunakan tidak kuat, Anda harus memilih untuk menggunakan koneksi yang lebih baik sekarang ini. 

4. Berikan jarak waktu untuk meeting 

Anda memang dapat mengatasi masalah dalam apakah 1 akun zoom bisa dipakai 2 meeting, Anda harus memastikan ada jarak waktu dalam meeting.  Tidak harus berjarak terlalu banyak. Jarak yang ada ini hanya diperlukan untuk mendapatkan meeting yang jauh lebih kondusif. Berikan jarak waktu antara dua meeting yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Memulai meeting secara bersamaan akan membuat Anda bingung dan kewalahan juga. Apalagi wajah harus tampil di kedua meeting yang ada. Anda dapat beradaptasi dengan masuk ke satu meeting jauh lebih dulu. Setelah mempunyai jarak 30 menit, Anda sudah terbiasa dengan rapat yang dilakukan. Langsung saja masuk ke dalam rapat satu lagi dan pastikan tidak ada sesi tanya jawab. 

5. Cari pengganti Anda 

Karena menjalankan 2 meeting secara bersamaan, Anda pastinya akan merasa bingung. Jika tidak bingung pun, akan ada masalah yang terjadi. Hal ini biasanya dikarenakan kemampuan jaringan yang tidak memadai. Wajar saja terjadi hal ini sehingga Anda harus mempunyai persiapan yang jelas. Jangan lupa untuk memanfaatkan persiapan dengan pengganti dari pembicara atau peserta juga. 

Anda dapat memberikan co host kepada orang yang dipercaya dapat menjaga kondisi rapat tetap kondusif. Dengan begitu, ketika Anda mendadak tidak dapat muncul, hal ini dapat langsung diatasi dengan baik. Orang yang mendapatkan co host akan menggantikan pekerjaan Anda dengan memberikan izin kepada orang yang ingin bergabung juga. Jadi, tidak akan ada gangguan apapun. 

Ini Kelebihan Menggunakan Zoom Premium 

Setelah mengetahui apakah 1 akun zoom bisa dipakai 2 meeting, Anda juga harus tahu informasi mengenai penggunaan akun premium.  Sebenarnya, langkah yang satu ini lebih mudah lagi untuk dilakukan dibandingkan dengan memisahkan meeting karena jumlah room yang tidak cukup. Jika Anda memang melewati batas yang ada, langsung cek kelebihan pemakaian berikut ini. 

1. Jumlah peserta dalam meeting 

Keunggulan pertama dalam pemakaian adalah jumlah peserta yang jauh lebih banyak dalam melakukan meeting.  Anda dapat menggunakan akun dengan mudah karena jumlah orang yang diberikan sangat banyak. Perbedaan yang satu ini jelas jauh berbeda dengan akun biasa. Anda tidak perlu menjalankan dua hingga tiga meeting secara bersamaan jika ada aplikasi premium ini. 

Selama sudah upload akun ke dalam bagian pro, Anda dapat langsung menggunakan aplikasi dengan baik dalam meeting.  Tidak hanya tersedia untuk 100 peserta saja, akun ini dapat digunakan dengan baik hingga mencapai 1000 orang. Anda dapat memilih paket yang ada untuk mengatasi masalah pembatasan peserta meeting. Atur jumlah sesuai dengan kebutuhan untuk kemudahan sendiri. 

2. Durasi berbeda 

Tentunya, dengan menggunakan akun premium, Anda tidak usah join ulang ke dalam meeting secara bersamaan karena masalah waktu. Akun ini memberikan kemudahan karena tidak akan terputus ketika sedang rapat atau melakukan kegiatan besar. Ada banyak peserta yang biasanya tidak akan join lagi ke dalam meeting jika sudah terlanjur keluar karena durasi dari aplikasi. 

Biasanya, ada batas waktu dalam pemakaian hingga 40 menit saja. Anda harus langsung masuk lagi ke dalam ruang rapat jika sudah mencapai 40 menit juga. Namun, dengan menggunakan akun premium, durasi waktu rapat ini tidak menjadi masalah. Meeting bahkan dapat bertahan hingga 24 jam tanpa ada batasan. Waktu ini jelas sangat  banyak dan tidak ada yang rapat selama itu juga. 

3. Lebih hemat 

Dalam apakah 1 akun zoom bisa dipakai 2 meeting, Anda tidak harus khawatir karena jauh lebih hemat juga dengan akun premium. Tidak hanya hemat biaya saja, menggunakan akun pro ini jelas membantu Anda hemat waktu dan tenaga saja. Tidak usah susah payah melakukan pengaturan akan laptop dan menguras tenaga karena harus konsentrasi. Menggunakan akun premium lebih baik. 

Tentunya, hal ini hanya berlaku dalam segi penggunaannya juga. Jika Anda menggunakan Zoom untuk banyak kepentingan dan hampir setiap harinya melakukan akses. Maka, lebih baik menggunakan akun premium. Jadi, tidak usah merepotkan diri untuk bolak balik melakukan akses. Namun, jika jarang digunakan dan hanya satu atau dua kali saja, lebih baik langsung upgrade. 

4. Akun lebih aman 

Akun premium ini juga akan memudahkan Anda karena jauh lebih aman untuk digunakan. Untuk keamanan data, versi premium ini dapat dikatakan aman karena menggunakan enkripsi GCM 256 bit AES. Anda akan mendapatkan pembaruan yang jauh lebih baik pada sistem keamanan. Jadi, semua data Anda jadi aman dan dapat terhindari dari kejahatan yang dilakukan banyak orang sekarang ini. 

5. Ada pilihan untuk recording cloud 

Kelebihan dalam penggunaan Zoom premium ini adalah adanya pilihan untuk penyimpanan lokal. Hal ini jelas sangat penting untuk Anda yang bisa saja ketinggalan meeting atau disuruh untuk melakukan dokumentasi. Ada banyak orang yang sering melewatkan rapat karena satu dan lain hal. Agar dapat dipahami kembali, harus ada rekaman yang jelas dari pembahasan yang dilakukan. 

Aplikasi yang satu ini mempunyai kelebihan karena dapat digunakan untuk record. Zoom yang satu ini dapat digunakan untuk merekam pertemuan dengan maksimal 1 GB data.  Anda juga dapat menggunakan langkah mudah dengan langganan pada paket yang jauh lebih mahal. Jadi, data dapat disimpan dengan jauh lebih banyak dan tidak ada unlimited juga. 

6. Admin panel 

Kelebihan dalam pemakaian ini dapat memudahkan Anda karena ada admin panel. Hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan Zoom gratis. Hal ini berguna sebagai kontroler Anda dalam pemakaian. Anda dapat mengatur fitur yang akan dihadirkan dalam rapat juga. Misalnya, langsung mengaktifkan fitur untuk mematikan mikrofon secara otomatis atau mematikan akses komentar. 

7. Immersive 

Kemudahan lainnya dalam pemakaian akun adalah adanya Immersive.  Anda dapat menggunakan fitur yang satu ini sebagai untuk fasilitas virtual room yang jauh lebih nyaman. Tentunya, tampilan rapat yang berbeda dari latar belakang membuat suasananya menjadi lebih baik juga. 

Demikian hal yang harus Anda pahami dalam apakah 1 akun zoom bisa dipakai 2 meeting?  Anda dapat menggunakan aplikasi dengan mudah untuk virtual meeting yang lebih menarik.