Cara Melihat Jam Tayang Youtube di HP dengan Langkah Mudah

 Jam tayang Youtube sangat penting diketahui bagi para Youtuber. Karena dengan jam tayang yang banyak, maka akun Youtube bisa diajukan monetisasi ke Google. Melihat jam tayang Youtube tidak diharuskan menggunakan perangkat komputer atau laptop, HP juga bisa digunakan. Cara melihat jam tayang Youtube di HP sendiri sangat mudah dan sederhana.

Cara Melihat Jam Tayang Youtube di HP dengan Langkah Mudah

Langkah yang akan dibahas di bawah bisa dilakukan siapapun tanpa terkecuali. Apalagi untuk pengguna Youtube yang baru merintis karir, cara ini sangat ramah untuk digunakan. Penasaran bagaimana langkah untuk melihat jam tayang dan memastikannya sudah sesuai persyaratan monetisasi? Simak cara mudahnya berikut ini:

1. Cari Aplikasi Youtube Studio di Tempat Pengunduhan Aplikasi

Bagi pengguna Youtube yang ingin mengendalikannya melalui HP, maka aplikasi Youtube Studio wajib dimiliki. Aplikasi ini juga dikembangkan oleh Google LLC sama seperti aplikasi Youtube. Mengingat jumlah pengguna Youtube yang terus meningkat, pengguna aplikasi ini juga sangat banyak. Hal ini dibuktikan dengan jumlah unduhan yang sudah mencapai 100 juta kali.

Langkah pertama agar bisa melihat jam tayang adalah mencari aplikasi Youtube Studio di tempat pengunduhan aplikasi. Tempat yang biasa digunakan adalah Play Store dan App Store. Ukuran aplikasinya sendiri sangat minimalis, yaitu sekitar 9 MB. Jadi, aplikasi ini tidak akan memberatkan HP dan memenuhi ruang penyimpanan.

2. Unduh dan Pasang Aplikasinya, serta Masuk ke Akun yang Dimiliki

Jika sudah berhasil menemukan aplikasi Youtube Studio, maka segera lakukan pengunduhan dalam perangkat. Karena ukuran yang terbilang minim, proses pengunduhan tidak akan memakan waktu yang lama. Hal ini sebenarnya juga dipengaruhi koneksi internet. Jadi, pastikan mendapat asupan internet yang memadai agar proses bisa lancar.

Setelah berhasil diunduh, biasanya aplikasi akan terpasang secara otomatis. Jika tidak, lakukan pemasangan aplikasinya di perangkat HP secara manual. Langkah selanjutnya adalah masuk ke Youtube Studio dengan akun yang sama dengan akun Youtube. Langkah ini juga tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak sulit.

3. Buka Daftar Menu dalam Aplikasi

Setelah berhasil masuk, cara melihat jam tayang Youtube di HP bisa dilanjutkan dengan melihat daftar menu dalam Youtube Studio. Daftar tersebut berada di sisi bagian kiri, biasanya terletak di pojok atas. Klik pada bagian tersebut, maka daftar menu akan muncul. Daftar menunya juga bermacam-macam, semua berhubungan dengan akun Youtube pribadi.

4. Pencet Menu Analytics pada Barisan Menu yang Ada

Pilihan menu yang ditampilkan memang banyak, tapi fokus saja pada menu "Analytics". Pencet menu tersebut dan kemudian akan diarahkan pada sub menu lainnya. Akan ada beberapa pilihan lain, lalu pilih "What Time" pada jajaran sub menu tersebut. Menu ini yang nantinya akan berisi jam tayang Youtube.

5. Pastikan untuk Memperhatikan Jam Tayang, Kalau Perlu Ubah Jangka Waktunya

Jika sudah memencet sub menu "Whatctime", maka jam tayang Youtube sudah bisa dilihat. Tidak hanya muncul dalam satu skema, jangka waktu yang ingin dilihat juga bisa diubah sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misalnya satu bulan, tiga bulan, dan seterusnya. Semua ini mungkin untuk dilakukan agar bisa melihat jam tayang Youtube.

Itulah cara melihat jam tayang Youtube di HP dengan lima langkah sederhana. Jika cara di atas dijalankan dengan tepat, maka tidak akan ditemukan kendala yang berarti. Sebelum melakukan semua proses, pastikan untuk menyambungkan perangkat HP dengan koneksi internet. Karena hal ini adalah sesuatu yang paling penting.