5 Cara Melacak Nomor Rekening Bank Agar Terhindar dari Penipuan

 Penipuan merupakan perkara yang sering terjadi belakangan ini. Baik yang dilakukan secara kasat mata sampai tak kasat mata seperti melalui dunia maya. Jangan berpikir selalu aman menyimpan uang dalam rekening karena pembobolan nomor rekening bahkan bisa terjadi lewat HP. Berikut 5 cara melacak nomor rekening berlaku untuk semua bank.

Cara Melacak Nomor Rekening Bank Agar Terhindar dari Penipuan

Sebelumnya, penting untuk diketahui bersama bahwa di era yang hampir semuanya mengandalkan teknologi banyak hal dapat dilakukan dengan mudah. Termasuk melacak nomor rekening penipu, hal tersebut dapat dilakukan baik melalui HP, laptop, maupun komputer. Jadi tak perlu panik dan bingung saat dihadapkan di posisi seperti itu!

1. Kunjungi Website CekRekening.id

Cara melacak nomor rekening dari website cekrekening.id sangat mudah dan praktis. Yang pertama yang harus dilakukan adalah membuka tab browser pada perangkat teknologi, kemudian kunjungi website CekRekening.id. Jangan lupa masukkan nama bank serta nomor rekening milik si pelaku. Lalu pilih pilihan pada menu, “periksa rekening”.

Selanjutnya data terkait kepemilikan nomor rekening akan muncul di layar. Apabila pemilik rekening membawa ketidaknyamanan pada pelanggan, pelanggan dapat memilih opsi bermasalah atau tidak. Harus diingat bahwa data yang tertera digunakan untuk menyusun bukti laporan kepada pihak berwenang. Jadi informasi terkait nomor rekening memudahkan pelanggan untuk melaporkan kejadian tak enak yang menimpa.

2. Melalui Internet Banking

Cara melacak nomor rekening yang kedua adalah lewat internet banking yaitu aplikasi yang sekarang dimiliki oleh hampir semua pelanggan bank. Tidak hanya mudah diakses, internet banking juga menyimpan rincian data pemasukan dan transfer keuangan dengan lengkap. Untuk mengetahui aktifitas di rekening pelanggan melalui internet banking, mula-mula haruskah mendaftarkan diri.

Registrasi akun pengguna internet banking dapat dilakukan dengan dua cara: melalui mesin ATM atau ke kantor cabang bank terdekat. Bila sudah memiliki akun resmi, informasi rincian aktivitas yang terjadi baik yang terkirim maupun yang dikirim akan tertera jelas. Tak terkecuali nomor rekening agar bisa dilacak. Semuanya dapat diakses dengan mudah melalui internet banking.

3. Menggunakan Mobile Banking

Tidak jauh berbeda dengan internet banking, mobile banking juga merupakan sarana aplikasi yang dapat diakses di semua perangkat teknologi. Bila sudah mendaftarkan diri sebagai pengguna resmi maka untuk melacak nomor rekening adalah hal yang mudah. Apabila belum mendaftar maka yang pertama kali harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi mobile banking.

Lakukan registrasi sesuai prosedur yang diminta. Pada laman mobile banking akan tertera menu yang berisikan informasi terkait akun tabungan dan segala aktivitasnya. Untuk melacak nomor rekening seseorang dapat dilihat melalui informasi yang sudah disebarkan melalui laman. Sekali lagi informasi terkait nomor rekening digunakan untuk membuat laporan khusus.

4. Membuat Panggilan ke Call Center Bank

Adapun yang bisa dilakukan call center bank untuk pelanggan tidak hanya terpaut pada pemblokiran nomor rekening dan sebagainya. Melalui call center bank pelanggan mendapat satu lagi cara melacak nomor rekening. Meski sedikit berbeda dengan tiga cara sebelumnya, namun bukan berarti menelepon call center merupakan hal yang tidak praktis.

Layanan call center aktif selama 24 jam, pelanggan dapat menghubunginya kapanpun pelanggan menginginkannya. Dikarenakan setiap bank memiliki nomor call center yang berbeda-beda. Sebagai contohnya, bank Mandiri di nomor 14000 dan bank BRI di nomor 14017. Informasi tersebut dapat ditemukan pada data buku rekening pelanggan atau melalui situs internet.

5. Melacak Nomor Rekening Lewat Costumer Service

Cara melacak yang selanjutnya adalah dengan berkunjung ke layanan customer service bank terkait. Pelanggan akan dilayani di bank dan akan menerima informasi yang diinginkan bila laporan yang diajukan sesuai. Meski tidak dapat dilakukan melalui perangkat telepon atau laptop, costumer service memberikan layanan terbaik yang bisa didapatkan.

Di era digital ini semarak penipuan kerap terjadi. Untuk itu jangan pernah lupa untuk menjaga privasi dan mengamankan semua yang berharga. Meskipun penipuan berkedok macam-macam yang menguras isi tabungan dapat dilakukan dengan mudah, demikian pula dengan cara melacak nomor rekening. Jadi jangan takut dan panik saat hal itu terjadi.