5 Bank Digital Terbaik di Indonesia

  Seiring dengan berkembangnya teknologi, dunia perbankan juga turut berkembang. Hal ini tampak pada persaingan dalam promosi produk digital di perbankan yang semakin ketat. Hal inilah yang menjadi pemicu munculnya bank digital di Indonesia karena selain menawarkan berbagai kemudahan juga lebih fleksibel.

5 Bank Digital Di Indonesia Terbaik

Banyak keuntungan memiliki rekening bank digital dibandingkan konvensional. Semua transaksi dilakukan secara online dari membuka rekening hingga transfer. Apalagi setiap bulannya tidak dikenakan biaya admin dan bunganya lebih besar. Lalu, bank apa saja di Indonesia yang telah membuat bank digital? Berikut ulasannya:

1. Jenius dari BTPN

Nama Jenius sendiri telah dikenal banyak orang. Bank digital yang dibuat oleh BTPN ini muncul sejak awal tahun 2016 silam. Perilisannya menjadi sebuah terobosan teknologi perbankan di Indonesia. Pengguna android yang telah mendownload aplikasi Jenius di google playstore sekitar 5 juta.

Hal ini dapat terjadi karena berbagai fitur yang tersedia menawarkan banyak kemudahan. Contohnya untuk membuka rekening nasabah tidak perlu datang ke bank dan mengantri panjang. Selain itu, ada fitur yang bisa memisahkan 3 jenis tabungan pada 1 rekening, yaitu Flexi Saver (tabungan untuk transaksi harian), Dream Saver (deposito yang berisi target-target untuk keuangan) dan Maxi Saver (deposito berjangka).

Nasabah juga akan diberi 3 jenis kartu debit yang memiliki fungsi berbeda, yaitu:

  • m-Card Jenius, merupakan kartu debit untuk tarik tunai di ATM bersama, mancanegara atau PRIMA dan transaksi baik offline maupun online di semua merchant visa.
  • e-Card,  yaitu kartu non fisik yang berfungsi untuk transaksi online tanpa menggunakan kartu kredit.
  • x-Card, kartu fisik yang menyerupai dompet digital. Fungsinya mengatur pengeluaran untuk berbagai keperluan seperti transportasi dan belanja.

2. TMRW dari UOB

UOB juga turut membuat bank digital bernama TMRW yang baru rilis pada bulan Januari 2020. Saat ini sudah lebih dari 100 ribu pengguna yang telah mengunduh aplikasi TMRW. Kelebihannya antara lain konsepnya unik, ada fitur Smart Insight untuk melacak pengeluaran, fitur rekening fleksibel bernama City of Tomorrow, tidak ada saldo mengendap ataupun setoran awal minimum dan lain-lain.

3. Permata ME dari Permata Bank

Permata Bank menghadirkan Permata ME sebagai bank digital di Indonesia yang juga mempunyai banyak keunggulan. Contohnya adalah bebas biaya admin untuk transfer antar bank dan tarik tunai di ATM dengan logo PRIMA, ALTO, VISA, ATM bersama atau Plus Network  dengan syarat saldo diatas 1 juta rupiah. Jika berminat membuka rekening tidak ada jumlah minimum untuk setoran awal, semua prosesnya online dan didukung dengan sistem keamanan PIN.

4. Digibank dari DBS

Digibank termasuk generasi awal dari bank digital.  Namun, untuk mendaftar dibutuhkan metode verifikasi biometrik sehingga harus bertemu agen dari Digibank . Salah satu fitur menariknya  adalah Deposito Instan dengan bunga 4-4,5% p.a. Selain itu, ada fitur bayar & beli sehingga mempermudah pengisian e-wallet, membayar listrik, PDAM, dan berbagai tagihan lainnya. Keuangan bulanan juga semakin terkontrol dengan adanya fitur spending tracker.

5. D-Save dari Danamon

D-Save tidak sepenuhnya merupakan bank digital meskipun fitur-fiturnya  sangat menarik seperti bank digital, namun lebih tepatnya disebut produk digital Bank Danamon. Pendaftaran nasabah bisa melalui video call di aplikasi D-Bank. D-Save juga memberi penawaran yang cukup menarik seperti bank digital pada umumnya, yaitu gratis transfer ke bank lain dan admin bulanan serta tidak dijumpai setoran minimum.

Fitur-fitur yang terdapat pada bank digital di Indonesia sangat menguntungkan dan mempermudah nasabahnya untuk membuka rekening. Kini saatnya beralih ke bank digital agar semua aktivitas maupun transaksi menjadi semakin cepat dan mudah. Jadi mana yang dipilih?.