10 Pemandangan Pantai Indah Indonesia yang Menakjubkan

Pemandangan Pantai Indah di Indonesia yang Menakjubkan

Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, tidaklah mengherankan apabila kita mudah menemukan pemandangan pantai indah di Indonesia. Sepanjang garis pantai membentang, dari setiap  pulau yang ada, kita bisa melihat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang menyimpan ribuan potensi wisata pantai, di mana belum semua pantai telah terekplorasi potensinya.

Kebanyakan orang tentu menunjuk Bali, Pangandaran, atau Pelabuhan Ratu, untuk menyebut wisata pantai di Indonesia yang terindah. Padahal, sangat banyak titik pantai yang telah menjadi lokasi wisata pantai di negeri ini. Dalam tulisan ini, Admin akan mengajak Anda mengenali beberapa pantai indah, dengan pemandangan menakjubkan.

Mengapa Berwisata ke Pantai ?

Sebelum memulai list beberapa pemandangan pantai indah Admin akan berikan beberapa alasan, mengapa Anda merasa harus berwisata ke pantai. Di antaranya adalah menghirup udara laut yang sehat serta menyegarkan. Angin pantai yang segar akan membantu mengusir kepenatan dalam diri Anda. Ada alasan besar mengapa air laut begitu menyegarkan?

Ada alasannya, mengapa udara laut sangat sehat serta membuat manusia merasa energik, yakni, air laut mengandung garam, yodium, magnesium, serta elemen yang dapat tersebar ke udara oleh angin dan gelombang. Angin yang dikenal sebagai aerosol dihasilkan oleh busa-busa gelembung ombak, aerosol ini mempercepat kemampuan kita untuk menyerap oksigen.

Ion negatif pada air laut juga menyeimbangkan kadar serotonin, suatu zat kimia tubuh kita yang berhubungan erat dengan perubahan suasana hati, itulah sebabnya setelah liburan ke pantai yang indah, Anda merasa lebih sehat, rileks, dan berenergi.

Sepuluh (10) Tempat Pemandangan Pantai Indah di Indonesia

Jika Anda telah menyadari betapa bermanfaatnya wisata ke pantai, maka Admin sampaikan pada Anda informasi 10 pemandangan pantai Indah di Indonesia yang sangat sayang bila Anda lewatkan dari daftar kunjungan wisata pantai. Beberapa pantai dalam daftar ini tentunya tidak familiar, akan tetapi, lebih baik mencoba  memulai petualangan baru.

1. Pantai Pulau Padar, Flores

10 Pemandangan Pantai Indah Indonesia yang Menakjubkan

Pantai indah di Pulau Padar merupakan salah satu pantai di negeri ini dengan segala keindahan sabana serta kontur pantai. Pemandangannya sangat luar biasa memikat, bagai suatu lukisan indah yang jadi inspirasi oleh siapapun yang melihatnya. Para pengunjung tidak kuasa mengabadikan setiap lekuk pantai dengan kamera yang mereka punya.

2. Pantai Merah Muda Lombok

Pantai Merah Muda Lombok

Pantai Merah Muda, atau pantai Pinki ini berlokasi di Taman Nasional Komodo, dan merupakan satu dari hanya 7 jenis pantai yang dapat ditemukan di dunia. Satu di antara tujuh, coba Anda bayangkan itu!. Pantai langka hanya ada di Indonesia, Anda benar-benar sangat beruntung jika dapat mengunjunginya.

Warna merah muda pada pantai sangat tampak nyata, karena pembiasan cahaya matahari pada binatang mikroskopis bernama Foraminifer yang menempel pada terumbu karang. Ketika fragmen kecil berwarna merah pada terumbu karang tersebut bercampur dengan pasir putih, seolah-olah menampakkan warna merah muda pada sekujur pantai. Sangat indah kan?

3. Pantai Tanjung Aan, Lombok

Pantai Tanjung Aan, Lombok

Bagi Anda turis lokal, kami yakin pantai ini jarang Anda dengar, bahkan walau Anda mengaku senang berwisata ke pantai. Sejatinya, pulau Lombok memiliki beberapa pantai yang sangat indah. Salah satunya Pantai Tanjung Aan, yang terletak di garis pantai selatan Pulau Lombok. Banyak pantai di Lombok yang indah, tapi pantai ini termasuk yang indahnya luar biasa.

Pantai Tanjung Aan berhiaskan pasir seputih tepung yang bersih, air sebening kristal, serta pohon-pohon nyiur yang subur menghiasi 2 teluk terpisah sehingga membentuk potongan surga di dunia ini. Pantai Tanjung Aan Pulau Lombok ini pun ombaknya tinggi, sehingga pantai ini merupakan surga lain bagi para peselancar.

4. Pantai Nyang Nyang, Bali

Pantai Nyang Nyang, Bali

Pantai Kute? pantai Sanur? Sering? Butuh destinasi baru? Baiklah, Admin akan berikan destinasi baru pada Anda, yakni Pantai Nyang Nyang yang bisa jadi tujuan favorit baru Anda di Bali.

Hamparan teluk yang tampaknya tak berujung, dengan baris pasir pantai yang bersih serta ombak yang tenang, menjadikannya tempat yang sempurna berjemur santai di bawah mentari tropis yang hangat.

Oleh beberapa pengunjung disebutkan bahwa pantai ini menjadi salah satu pantai yang sulit diakses, oleh karena itulah lebih remote, atau tersembunyi.  Ada kesulitan tersendiri untuk dapat turun ke pantai, namun semestinya hal ini tidak menjadi masalah bagi wisatawan dewasa. Tantangannya adalah menaiki serta menuruni ratusan anak tangga dari batu.

5. Pantai Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Pantai Kepulauan Karimunjawa, Jawa Tengah

Ada yang menyebut bahwa pasir di pantai ini paling putih dari seluruh pantai di Indonesia, serta kejernihan air pantainya merupakan air pantai paling jernih di seluruh Indonesia. Bahkan pantai ini telah lama dikenal sebagai tujuan penting bagi para penyelam yang ingin melihat terumbu karang alami bagai mozaik permata dalam lautan.

6. Pantai Koka, Flores

Pantai Koka, Flores

Sejuknya suasana di Pantai Koka menjadi andalan pantai yang berlokasi di Flores ini. Nyiur yang lebat, pasir putih yang bersih dan air yang jernih, ketenangan samudera, angin yang seolah hampa. Pantai Koka telah menjadi puisi tentang surga pantai tersembunyi di pulau Flores. Kehangatan pantai yang romantis ini diikuti oleh keramahan penduduk sekitar, Anda akan bahagia mengunjunginya.

7. Pantai Mawi, Lombok

Pantai Mawi, Lombok

Pantai ini merupakan pantai favorit bagi para peselancar yang senang tantangan ombak besar, atau ombak yang sedang untuk bersenang-senang. Pantai ini juga menjadi titik pantai khusus peselancar yang paling terkenal di Lombok. Tidak mengherankan apabila Anda bertemu dengan beberapa peselancar profesional yang memamerkan keterampilan mereka.

Pantai Mawi juga menjadi pantai yang asyik untuk berkumpul dengan keluarga, karena laut yang lebih tenang juga dapat ditemukan di bagian teluk lainnya. Apalagi pantai ini bisa memberikan kepada Anda pengalaman matahari terbenam yang sangat romantis.

8. Pantai Riung 17 Pulau, Flores

Pantai Riung 17 Pulau, tidak diragukan bukan hanya unik dari sisi nama, melainkan juga memiliki habitat terumbu karang yang unik, dengan keberadaan mawar laut yang indah di dalamnya. Oleh karena itulah, pantai ini menjadi surga bagi para penyelam yang ingin melihat mawar laut bermekaran. Selain itu pantai di Kabupaten Ngada ini, sebagus dan seindah pantai terkenal lain di Indonesia.

9. Pantai Bara Sulawesi Selatan

Pantai Bara Sulawesi Selatan

180 km ke arah selatan Kota Makkasar, berada tidak jauh dari pantai Bira, tersembunyilah pantai Bara. Pantai ini bagai senjata rahasia untuk Pulau Sulawesi bagi mereka yang meragukan ada pantai di pulau besar yang bisa mengalahkan pantai di kepulauan Sunda kecil. Pasir putih, air laut nan bening, serta akses penginapan, membuat pantai ini menjadi tujuan mutlak di Bulukumba.

10. Pantai Temajuk Sambas

Pantai Temajuk Sambas

Jika ada rate lima bintang untuk pantai, maka kami akan berikan rate lima bintang penuh pada pantai Temajuk Sambas, Kalimantan. Betapa jejeran nyiur besar bagai istana yang membentengi laut dengan darat menjadi pesona tersendiri. Luasnya bibir pantai, keindahan batu granit besar membentuk benteng alami. Anda pun bisa menemui spesies penyu yang sedang bertelur di sana.

Itulah 10 Pemandangan Pantai Indah di Indonesia yang sunnguh layak untuk rekreasi Anda. Selamat menikmati pemandangan pantai nan indah tersebut.