6 Cara Transfer Uang ke Rekening Orang Lain Tanpa ATM

 Transfer uang merupakan salah satu kegiatan masyarakat setiap harinya terutama bagi pelaku ekonomi baik pelaku ekonomi mikro maupun makro. Cara transfer yang sering digunakan adalah menggunakan ATM, lantas bagaimana cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM? 

Wajib Tahu! 6 Cara Transfer Uang Ke Rekening Orang Tanpa ATM

Jangan takut dan cemas seiring perkembangan zaman ternyata kegiatan perbankan bisa dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara dengan platform yang tersedia. Selain itu kemudahan transfer uang juga dirasakan melalui beberapa cara ini. Berikut 6 cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM yang bisa menjadi alternatif dan bisa dicoba!

1.Transfer Uang Melalui Teller

Merupakan paling umum namun hanya bisa dilakukan sesama bank.  Caranya: Pertama ke kantor bank terdekat dan bawa kartu identitas. Kedua, ambil nomor antrian dan isi slip biru untuk transfer. 

Ketiga, serahkan slip tersebut dan uang akan yang dikirim ke teller. Terakhir bayar biaya administrasi dan uang akan masuk ke rekening penerima. Untuk biaya administrasi biasanya kurang dari Rp.10.000 biasanya hanya sebesar Rp6.500 saja.

2. Transfer Uang Lewat Kantor Pos

Selain mengirim surat, paket, dan membayar listrik kantor pos juga bisa untuk transfer uang. Transfer uang melalui kantor pos bisa dilakukan dengan wesel. Caranya tinggal datang dan temui petugas kantor pos lalu pilih layanan wesel yang dikehendaki. Serahkan uang dan tunggu hingga petugas memprosesnya.

Ada 4 wesel yang bisa dipilih yaitu weselpos instan, weselpos kemitraan, wesel pos Transfer Tunai, dan wesel pos prima. Untuk transfer uang ke rekening orang tanpa ATM wesel yang dipilih adalah Wesel Pos Transfer Tunai. Untuk transaksi melalui wesel dikenakan biaya administrasi  sebesar Rp.10.000 sekali transfer.

3. Transfer Uang Melalui Alfamart dan Indomart

Caranya cukup mudah tinggal bawa data diri dan uang ke gerai alfamart atau indomaret terdekat. Temui kasir, isi formulir, dan serahkan uang kepada kasir agar transaksi bisa diproses. Setelah itu tunggu dan minta bukti pengiriman , uang pun berhasil ditransfer.

4. Gunakan Jasa Western Union

Western Union adalah salah satu jasa pengiriman uang yang jaringannya sudah ada di seluruh dunia. Oleh sebab itu Western Union menjadi salah satu favorit mengirim uang bagi mereka yang berada di luar negeri. Kelebihannya adalah uang yang ditransfer bisa langsung diambil di cabang western union penerima saat itu juga.

Caranya mudah tinggal datang ke cabang western union terdekat, isi formulir, dan serahkan uang pada petugas. Tunggu sebentar hingga petugas selesai memproses dan menyerahkan bukti pengiriman, maka uang yang dikirim pun akan sampai ke penerima.

 5. Gunakan Aplikasi Transfer Uang

Banyak aplikasi online yang menawarkan fitur transfer uang, baik sesama bank maupun antar bank. Pilihlah sesuai dengan yang di kebutuhan kemudian download aplikasi tersebut di marketplace handphone yang tersedia. 

Cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM salah satunya menggunakan aplikasi third party. Dengan menggunakan aplikasi ini, biaya yang dikeluarkan akan lebih sedikit jadi lebih hemat.

6. Melalui Agen BRILink maupun Media Partner Mandiri

Caranya datangi agen BRILink ataupun Mandiri terdekat, serahkan uang dan rekening penerima kepada agen, setelah itu bayar biaya transaksi yang telah ditentukan. Biaya transfer untuk sesama bank biasanya hanya Rp.10.000, sedangkan antar bank bisa mencapai Rp.20.000 sesuai dengan potongan admin dan biaya mutasi antar bank.

Itulah 6 cara transfer uang ke rekening orang tanpa ATM yang bisa menjadi alternatif bagi semua orang. Cara termudah adalah menggunakan aplikasi yang tersedia selain itu bisa juga ke gerai Alfamart atau Indomart sekalian berbelanja.