5 Cara Membuka Laptop yang Lupa Password Agar Bisa Digunakan Kembali

 Cara Membuka Laptop yang Lupa Password_Jika dulu komputer merupakan sesuatu yang eksklusif dan hanya bisa dimiliki oleh kalangan tertentu saja, kini hadir laptop yang dapat dibawa kemana saja. Biasanya pengguna menjaga keamanannya dengan memberi kata sandi, namun tidak jarang password ini dilupakan. Terdapat cara membuka laptop yang lupa password sehingga bisa digunakan kembali. Inilah beberapa opsi yang dapat dicoba:

5 Cara Membuka Laptop yang Lupa Password Agar Bisa Digunakan Kembali

1. Safe Mode

Hidupkan laptop, kemudian tekan tombol F8 ketika laptop dalam proses menyalakan sistemnya. Cara membuka laptop yang lupa password ini paling banyak digunakan sebagai pilihan pertama. Berikutnya pada akan ditampilkan tulisan “Advanced Boot Options” di laptop, lanjutkan dengan  “Safe Mode” dan juga “Enter”.

Carilah opsi “Administrator” dan laptop akan diposisikan menuju safe mode. Selanjutnya tekan “Start” beserta “Control Panel”. Pada menu berikutnya tekan menu “User Account” dan pilihlah mana akun yang hendak diubah kata sandinya menggunakan “Change Password”. Sekarang pengguna sudah dapat melakukan restart pada laptop dan dijalankan kembali dengan masuk pada akun dengan memakai password yang baru.

2. Akun Administrator

Ketikkan “lusrmgr.msc” pada kolom pencari di menu “Start”. Pengguna akan dibawa menuju halaman “Local Users”. Klik di pilihan “Users” lalu akan muncul daftar akun yang ada di dalam laptop. Pada akun tersebut, klik kanan dan ketuk “Set Password” beserta “Proceed” untuk menjalankannya. Masukkan kata sandi yang baru sesuai keinginan lalu selesaikan dengan ketuk “Ok”.

3. Memakai Disk Kosong

Masukkanlah disk yang kosong ke laptop. Apabila di laptopnya tidak memiliki tempat untuk memasukkan CD, pengguna bisa mempertimbangkan untuk memakai tempat disk khusus yang bisa disambungkan ke USB laptop.

Setelah disk kosong dimasukkan ke laptop, bukalah “Control Panel” diikuti dengan “Create a System”. Tekan “Command Prompt”, ketikkan nama pengguna serta kata sandinya. Lakukan konfirmasi password baru sesuai instruksi, tekan “Exit” dan setelah itu pengguna sudah dapat masuk kembali di akun tersebut.

4. Menggunakan Flashdisk

Siapkan sebuah flashdisk yang masih memiliki cukup ruang (tidak sampai penuh). Ketika laptop sedang proses masuk menuju sistem, pasangkan flashdisk.  Cara membuka laptop yang lupa password ini dapat dilakukan memakai file bernama userkey.psw yang dapat ditemukan dalam flashdisk. Tekan “Reset Password” ketika laptop meminta kata sandi baru, kemudian pada wizard pertamanya ketuk “Next”.

Pilih “Removable Disk” atau biasanya dinamakan “USB Flashdisk”, Ketikkan password yang telah dibuat dan juga hint-nya supaya lain kali tidak melupakan kata sandi. Langkah selanjutnya yaitu menekan tombol “Finish” untuk menyelesaikan proses mengatur ulang password-nya.

5. Memakai Hiren’s Boot

Gunakan DVD yang memiliki Hiren’s Boot. Melalui tips ini, pengguna bisa mengatur ulang kata sandi meski sebelumnya lupa. Langkah pertamanya yaitu memasukkan DVD ke laptop, tunggu sampai muncul halaman awal Hiren’s Boot. Tekan “Mini Windows Xp” lalu pilih “Program” kemudian “Password” diikuti dengan “Windows Log in” kemudian “Reset XP”.

Berikutnya carilah file SAM yang biasanya ada di Drive C pada laptop.  Sesudah menemukannya, akan ditampilkan beberapa akun dimana pengguna dapat memilih salah satunya. Sesudah itu klik “user account” serta “change password” untuk merubah kata sandinya, catat password ini agar tidak lupa.  Setelah itu tab “Ok” dan “Save Changes”. Terakhir restart laptop, maka proses penggantian kata sandi ini sudah berhasil dilakukan.

Demikian cara membuka laptop yang lupa password. Dengan cara tersebut dapat membantu pengguna untuk mengatur kembali kata sandi dan mengakses laptopnya. Pada era teknologi seperti sekarang, hampir semua orang memiliki laptop. Melupakan password mungkin terdengar sepele, namun akan sangat mengganggu terutama bagi yang harus banyak beraktivitas melalui laptop.