10 Ide Usaha Kreatif dan Unik Bagi Ibu Rumah Tangga

10 Ide Bisnis Kreatif dan Unik Bagi Ibu Rumah Tangga_Bagi seorang wanita memiliki karir yang bagus sekaligus melakukan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga bisa sangat melelahkan. Menyeimbangkan kedua hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Terkadang mereka harus melepaskan pekerjaan mereka untuk bisa menjalankan tugas ibu rumah tangga dengan baik. Menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga yang baik pun bukan tanpa kendala. Rasa jenuh yang muncul karena melakukan pekerjaan yang monoton, keinginan untuk mendapatkan penghasilan tanpa meninggalkan rumah dan membantu perekonomian keluarga bisa menjadi alasan bagi seorang wanita untuk memulai suatu bisnis tanpa harus bekerja di luar rumah. Jika Anda adalah salah satu dari wanita yang punya pemikiran tersebut, berikut beberapa ide bisnis kreatif dan unik yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.
Ide Bisnis Kreatif dan Unik Bagi Ibu Rumah Tangga
Ide Usaha Kreatif dan Unik Bagi Ibu Rumah Tangga

1. Memulai Bisnis Laundry
Salah satu bisnis yang bisa dilakukan di rumah salah satunya membuka laundry. Jika sudah memiliki mesin cuci Anda bisa menggunakannya sebagai persiapan awal. Kalau belum memiliki mesin cuci, Anda bisa membeli yang baru atau membeli mesin cuci second masih bisa berfungsi dengan baik. Lokasinya pun bisa dipilih di sekitar rumah seperti di garasi.

Anda bisa memakai banner yang dipasang di depan rumah atau selebaran untuk memperkenalkan usaha anda ini ke tetangga sekitar.

Pekerjaan ini memang tergolong mudah tapi Anda harus tetap berhati-hati menjaga kualitas hasil cucian.  Pastikan hasil cucian selalu wangi dan bila sudah disetrika bungkus pakaian dengan plastik agar kebersihannya terjaga. Yang tidak kalah penting, atur pakaian agar tidak tertukar antara satu dengan lainnya.

2. Membuka Salon Kecantikan
Jika Anda memiliki keterampilan khusus dalam merawat rambut dan merias wajah, usaha salon bisa menjadi salah satu pilihan. Tidak perlu menyewa kios atau ruko yang mahal, cukup gunakan sebagian ruang di rumah Anda untuk dijadikan salon.
Sebagai langkah awal cukup siapkan peralatan wajib yang biasanya digunakan di salon, kemudian lakukan promosi dengan menggunakan banner, selebaran atau member diskon khusus saat perayaan hari besar nasional seperti pada perayaan hari kemerdekaan atau hari Kartini.

3. Membuka Les Privat
Apabila Anda memiliki pengalaman dalam bidang mengajar atau menguasai bidang keahlian tertentu, usaha membuka tempat les privat bisa Anda coba. Mulailah dengan menawari tetangga di sekitar Anda dan sebagai permulaan batasi jumlah anak didik agar proses pembelajaran bisa lebih efektif.

4. Membuka Bisnis Katering
Bisnis katering sangat cocok bagi Anda yang suka memasak atau memiliki keahlian di bidang memasak. Sebagai langkah awal Anda bisa mempromosikannya melalui sosial media atau menawarkan ke orang-orang di sekitar rumah, menyebar brosur dan kartu nama.

5. Menjadi Perancang Pakaian
Bagi Anda yang suka menjahit atau memiliki keterampilan merancang busana,kini saatnya menjadikan keterampilan tersebut untuk menghasilkan uang. Sebagai langkah awal, Anda bisa merancang pakaian untuk anggota keluarga Anda atau tetangga Anda. Agar jumlah pelanggan selalu bertambah, pastikan kualitas jahitan Anda selalu terjaga kalau perlu buatlah desain-desain baru yang khas untuk menarik pelanggan.

6. Menjadi Dekorator Interior
Jika Anda menyukai kegiatan mendekorasi ulang ruangan di rumah Anda atau membuat hiasan dinding maupun rangkaian bunga, bisnis yang satu ini bisa menjadi pilihan. Bisnis ini bisa dimulai dengan menawarkan jasa dekorasi ulang  kepada tetangga dan kerabat Anda

7. Menjadi Investor Saham
Bisnis jual beli saham bisa dilakukan di rumah secara online dengan waktu yang fleksibel. Anda bisa memulainya dengan modal yang murah, serta laptop atau pc yang tersambung dengan koneksi internet. Hal yang tak kalah penting untuk menjadi investor saham yakni Anda harus mempelajari teknik dan analisis jual beli saham agar tidak mengalami kerugian. Anda bisa mempelajari cara berinvestasi saham melalui buku maupun ebook yang beredar luas di internet.

8. Bisnis Produk MLM
Saat ini bisnis MLM bisa dilakukan secara online sehingga lebih memudahkan dalam memasarkan produk yang kita miliki. Jenis MLM yang biasanya diikuti oleh ibu rumah tangga di antaranya bisnis pemasaran produk kosmetik atau peralatan rumah tangga seperti toples.

9. Bisnis Kerajinan Tangan
Jika Anda memiliki hobi membuat barang-barang unik dan kreatif, bisnis yang satu ini bisa Anda pilih. Hasil kerajinan tangan yang Anda buat bisa dipasarkan melalui sosial media atau dititipkan di kios penjual oleh-oleh di sekitar tempat wisata.

10. Membuka Kos-kosan
Bisnis ini bisa dilakukan jika memiliki ruang lebih di rumah Anda. Ruang kosong itu bisa diubah menjadi kamar kos. Bisnis kos-kosan ini biasanya menjamur di daerah sekitar kampus atau perkantoran.

Semoga 10 ide bisnis di atas mampu menginspirasi Anda yang ingin menambah penghasilan tanpa meninggalkan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Semoga bermanfaat.