Resep Dendeng Daging Dijamin Empuk dan Bikin Kangen Masakan Ibu!

Olahan daging memang ada bermacam-macam, terlebih makanan di Indonesia misalnya bakso, gulai dan sebagainya. Salah satu yang khas di Indonesia adalah dendeng daging. Lalu bagaimana cara membuatnya? Berikut ulasan lengkap resep dendeng daging serta cara mudah memasaknya:

Resep Dendeng Daging Dijamin Empuk dan Bikin Kangen Masakan Ibu!

Resep Dendeng Daging

Sebelum memasak dendeng daging, maka ada baiknya harus mengetahui apa saja bahan yang harus dipersiapkan. Berikut resep dendeng daging yang harus dicatat dengan baik. Pertama siapkan bahan terlebih dahulu yaitu daging sapi bagian khas dalam kurang lebih sebanyak adalah 500 gram. Kemudian juga perlu menyiapkan 3 buah asam kandis. Lalu 1 L air serta minyak untuk menggoreng. 

Sebagai masakan Indonesia yang identik dengan bumbu rempah khasnya, maka selanjutnya siapkan bumbu halus yang digunakan. Ada 5 siung bawang putih. Kemudian ketumbar cukup 1 sendok makan saja, serta garam satu sendok teh, tidak lupa jahe 2 cm saja.

Adapun bahan balado atau bumbu sambalnya berikan 15 cabai merah besar. Lalu siapkan juga 12 butir bawang merah dan 3 buah tomat. Siapkan juga kurang lebih 100 ml air dan minyak secukupnya untuk proses menumis nantinya. Jangan lupa garam dan gula masing masing 1 hingga 2 sendok teh dan daun jeruk 4 lembar saja.

Cara Memasak dan Tips Agar Daging Empuk

Setelah bahan-bahan siap maka saatnya untuk eksekusi semua bahan dan bumbu tersebut. Pastikan tidak ada yang terlewat. Perhatikan cara memasak dendeng daging sapi, sebagai berikut:

1. Menghaluskan Bumbu

Langkah pertama adalah ambil bumbu untuk dihaluskan. Adapun bumbunya adalah bawang putih dengan jumlah 5 buah. Kemudian ketumbar dan jahe sesuai jumlah yang sudah dijelaskan diatas. Dan tidak lupa dalam proses menghaluskan bumbu ditambah juga garam. 

Untuk proses menghaluskan bumbu bisa menggunakan cobek. Atau jika dirumah ada blender, bumbu bisa dihaluskan menggunakannya. Apapun cara menghaluskannya tidak akan mengurangi kelezatan makanan di akhirnya. Namun, pastikan bumbu benar-benar halus agar bisa meresap di dalam daging. 

2. Merebus Daging

Agar daging lebih mudah untuk dipotong, maka perlu merebus daging terlebih dahulu. Tidak hanya merebus dengan air saja, namun untuk hasil yang maksimal bisa membalur daging terlebih dahulu dengan asam kandis dan bumbu halus tadi. 

Setelah dirasa sudah empuk bisa tiriskan sebentar. Kemudian, daging tersebut bisa dipotong tipis. Dan tips agar daging tidak hancur saat dipotong, maka potong searah dengan serat.

3. Menyiapkan Penggorengan

Selanjutnya menyiapkan wajan dengan sebelumnya telah diberikan minyak. Dan nyalakan kompor agar minyak cepat panas. Daging yang sudah diiris tadi kemudian digoreng hingga teksturnya kering. Agar kematangan sempurna, gunakan api sedang.

4. Membuat dan Menggoreng Sambal

Setelah daging selesai digoreng, lanjut membuat sambal dengan bumbu yang sudah dirinci diatas. Jika sudah, maka siapkan wajan panas berisi minyak secukupnya. Lalu lanjut bisa menggoreng bumbu sambal tadi. Tidak lupa juga menambahkan air, gula dan garam secukupnya. Aduk hingga bumbu kental dan airnya berkurang.

5. Memasukkan Daging ke Wajan

Saat bumbu sudah kental dan airnya menyusut, maka bisa ditambahkan daun jeruk. Tentunya agar aroma masakan lebih nendang. Lalu masukkan irisan daging kering ke wajan. Aduk hingga semua bumbu tercampur ke segala sisi, dan masakan dendeng daging siap dihidangkan. 

Demikian itu resep dendeng daging yang bisa dipraktekkan di rumah. Pastikan ikuti step by stepnya sehingga bisa mendapatkan hasil masakan yang lezat tentunya. Jadi, bagi yang hari raya Qurban bingung mengolah daging itu-itu saja, saatnya mencoba menu dendeng daging ini.