6 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca, Jangan Dulu Diformat !

 Salah satu pilihan buat tempat menyimpan data ialah Hardisk. Biasanya Hardisk dibutuhkan karena penyimpanan laptop kecil, atau telah penuh. Menyimpan data pada Hardisk tidak selalu lancar, sebab terkadang Hardisk tidak terbaca di laptop. Ikuti saja 6 cara mengatasi Hardisk eksternal tidak terbaca berikut, supaya Hardisk tidak harus diformat:

6 Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca, Jangan Dulu di Format

1. Merubah Kabel Sambungan

Bisa jadi Hardisk eksternal tidak dibaca, sebab masalah di kabel nya. Terlihat sepele memang, namun kabel penyambung ini sebenarnya penting. Bila masalahnya pada kabel sambungan, maka sampai kapanpun Hardisk tidak akan terbaca.

Ganti kabel sambungan yang rusak, dengan kabel baru ataupun yang masih berguna. Kabel sambungan atau USB, harganya cukup murah. Untuk menemukannya juga gampang, bisa di toko Hp dan komputer, atau membeli di internet.

2. Mencoba pada Port USB Lainnya

Port USB merupakan tempat untuk memasukkan kabel USB dan perangkat, supaya bisa terdeteksi dalam laptop. Biasanya laptop mempunyai Port USB lebih, tidak menutup kemungkinan bahwa salah satunya rusak. Jadi Hardisk Eksternal yang tidak terbaca, bisa jadi karena memasukkan nya ke Port yang rusak.

Cobalah memasukkan kabel Hardisk, pada Port USB berbeda. Bila Hardisk terdeteksi, maka benar ada kerusakan di salah satu Port laptop ataupun komputer. Jika Hardisk tetap belum terdeteksi, maka coba langkah selanjutnya.

3. Driver Diinstal Ulang

Saat Hardisk disambungkan, otomatis Windows bakal melaksanakan Instal Driver. Terkadang laptop tidak menginstal Driver ini, jadi perangkat Hardisk tidak terdeteksi. Tidak usah risau, sebab hal ini bisa diatasi secara mudah. Masuk ke Device Manager, dengan mencarinya di kolom pencarian menu. Setelah masuk, cari Driver UAS Mass Storage Device.

Tekan kanan di Driver itu, lalu pencet opsi Update Driver. Setelahnya pencet opsi Browse My Computer, lalu tekan opsi Let Me Pick. Pastikan SCH cuma tercentang di UAS Mass Storage Device. Pencet opsi Next, dan Driver akan diinstal.

4. Merubah Hardisk Letter

Banyak yang tidak tahu dengan cara mengatasi Hardisk Eksternal tidak terbaca satu ini. Ada sebagian Hardisk yang tidak punya Letter, akibatnya Hardisk tidak dapat dibaca laptop. Masuk ke Disk Management, lalu tekan kanan pada opsi Hardisk.

Tekan pilihan Ganti Huruf dan Bentuk Driver. Pencet opsi Ganti atau Masukkan, lalu akan ada arahan dan ikuti sampai usai. Jangan lupa untuk memulai ulang laptop, setelah proses membuat Letter selesai dan tuntas.

5. Memakai Disk Management

Disk Management merupakan fitur dari Windows, yang diciptakan khusus buat mengatasi masalah penyimpanan. Cari Disk di kotak pencarian menu, lalu buka Disk tersebut. Setelah itu pencet opsi Buat dan Format Partisi Hardisk. Management Komputer pun akan terbuka, dan pengguna bisa mengatur Hardisk nya disitu. Pengguna bisa memeriksa kerusakan Hardisk, hingga memformatnya.

6. Format Menjadi NTFS

Terakhir ialah dengan memformatnya menjadi NTFS. NTFS merupakan sistem format Windows, yang dilakukan saat terjadi kerusakan penyimpanan. Tidak usah takut data jadi hilang, karena sistem Windows akan menggunakannya. Jadi data dalam Hardisk, otomatis bakal disimpan Windows di sistemnya.

Perlu diketahui bahwa cara berikut, cuma bisa dipakai pada Windows terbaru. Jadi untuk pemakai Windows lama, tidak akan dapat memakai cara ini. Itulah 6 cara mengatasi Hardisk Eksternal tidak terbaca, yang cukup gampang untuk dilakukan. Jangan langsung memformat Hardisk, karena bisa saja kerusakannya bukan di Hardisk. Jadi cari dulu letak rusaknya, lalu dibetulkan sesuai cara di atas.