Cara Buka Rekening BPD Online, Bank yang Dikelola Pemerintah Daerah

 Cara Buka Rekening BPD Online, Bank yang Dikelola Pemerintah Daerah_Buka rekening BPD online tentunya semakin memudahkan nasabah. Sebab, nasabah tak perlu lagi meluangkan banyak waktu untuk mendatangi kantor cabang. Namun, tak semua orang mengetahui caranya sehingga pendaftaran secara online ini masih terbilang cukup sepi. Padahal buka rekening online jauh lebih mudah dan praktis.

Cara Buka Rekening BPD Online, Bank yang Dikelola Pemerintah Daerah

Apa Itu BPD?

BPD adalah bank yang dikelola oleh pemerintah daerah. Pada dasarnya BPD sama saja dengan bank pada umumnya yaitu menerima layanan untuk menyimpan dan berkirim uang dengan transfer. BPD juga dikategorikan sebagai bank umum hanya saja bank ini dikelola oleh pemerintah daerah.

Oleh karena itu, BPD di setiap daerah juga tentunya berbeda-beda misalnya di Jawa Tengah ada Bank Jateng, di Jakarta ada Bank DKI dan di Jawa Barat ada BJB. Salah satu keunggulan dari BPD dibandingkan dengan bank umum milik swasta yaitu potongan atau administrasi bulanan yang relatif lebih murah. Tak hanya itu, setoran awal tabungan juga bisa dimulai dengan nominal minim yaitu hanya Rp20 ribu saja.

Cara Buka Rekening BPD Online

Mengingat setoran awal dan potongan bulanan dari BPD relatif murah, maka tak heran banyak yang ingin menjadi nasabah dari bank ini. Bagi yang ingin jadi nasabah BPD ada baiknya mengetahui cara pendaftaran online berikut ini:

1. Siapkan Identitas Pribadi

Buka rekening BPD secara online pada dasarnya sama saja seperti membuka rekening offline, hanya saja membuka secara online dapat dilakukan kapan saja. Buka rekening online tetap membutuhkan data identitas pribadi resmi milik nasabah yaitu KTP, KK, serta NPWP.

Mendaftar offline mengharuskan nasabah membawa fotokopi dari dokumen-dokumen tersebut. Namun, dalam mendaftar online nasabah hanya perlu menyiapkannya karena dokumen tersebut nantinya akan diminta fotonya saja.

2. Tentukan Rekening BPD

BPD terdiri dari berbagai macam bank daerah. Kantor dari BPD itu sendiri biasanya hanya ada di suatu daerah tertentu. Misalnya Bank DKI yang hanya ada di wilayah Jakarta kemudian Kantor Bank BJB yang hanya ada di wilayah Jawa Barat dan Banten. Nah sebelum memulai proses pendaftaran maka, tentukanlah terlebih dahulu Bang daerah mana yang akan dipilih.

3. Buka Situs Web Resmi dari Bank yang Dipilih

Cara berikutnya yaitu buka situs web resmi bank daerah yang dipilih. Setiap bank daerah menyediakan layanan buka rekening online di situs web resminya. Situs ini dapat dibuka dari PC, laptop, dan smartphone. Pada halaman awal situs web ini pada umumnya terdapat pilihan menu untuk membuka rekening online.

Maka, nasabah yang ingin mendaftar dan membuka rekening bisa memilih menu tersebut. Setelah itu, calon nasabah juga akan diminta untuk memilih jenis rekening yang diinginkan.

4. Setujui Syarat dan Ketentuan

Setelah memilih jenis rekening, nasabah akan dihadapkan pada halaman syarat dan ketentuan. Dalam hal ini, nasabah perlu memahami betul apa saja yang disebutkan dalam syarat dan ketentuan tersebut. Jika tidak ada ketentuan yang dianggap memberatkan, nasabah bisa langsung klik 'Setuju' dan melanjutkan proses pendaftaran ke langkah berikutnya.

5. Unggah Data Pribadi

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengunggah data pribadi. Pada umumnya halaman web akan menampilkan formulir online yang perlu diisi oleh nasabah baru. Isilah formulir ini sesuai dengan data yang ada di KTP, KK, serta NPWP lalu foto dan unggah dokumen ini.

Setelah itu, nasabah akan diberikan nomor registrasi. Nomor ini wajib dibawa saat datang ke kantor cabang bank daerah untuk mendapatkan kartu ATM dan buku tabungan. Meskipun masih harus datang ke kantor bank daerah, tetapi prosesnya jauh lebih cepat dari mendaftar offline.

Demikian penjelasan mengenai apa itu BPD dan bagaimana cara buka rekening BPD online. Meskipun dikelola oleh pemerintah daerah, kualitas BPD tidak kalah dengan bank swasta dan BUMN. Bagi yang ingin buka rekening dengan tujuan untuk menabung pastikan memilih jenis rekening dengan potongan bulanan yang tak terlalu tinggi.

Posting Komentar untuk "Cara Buka Rekening BPD Online, Bank yang Dikelola Pemerintah Daerah"