Begini Syarat Membuka Rekening Dollar BCA Baru, Simak dengan Seksama!

 Begini Syarat Membuka Rekening Dollar BCA Baru, Simak dengan Seksama!_BCA tak hanya melayani pembukaan rekening rupiah saja, namun juga rekening dollar. Rekening dollar BCA biasanya dipakai oleh orang-orang yang membutuhkan transaksi dengan menggunakan mata uang dollar. Keperluannya pun macam-macam, bisa untuk bisnis ataupun wisata.

Begini Syarat Membuka Rekening Dollar BCA Baru, Simak dengan Seksama!

Meski begitu, tak banyak yang tahu mengenai hal tersebut. Sebagian orang bahkan merasa asing dengan rekening dollar dan takut membuka rekening dollar. Padahal, untuk bisa memiliki rekening dollar terbilang mudah.

Untuk membuka rekening dollar di Bank BCA, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Dilansir dari website resmi bank BCA, syarat-syarat tersebut sebenarnya cukup umum dan mudah untuk dipenuhi. Lantas, apa saja kira-kira syaratnya? Berikut ulasannya:

1. Minimal 21 Tahun

Syarat pertama yang harus dipenuhi bagi seorang nasabah yakni minimal berusia 21 tahun. Umur ini dihitung secara perorangan dan atas nama satu orang saja, buka atas nama kelompok maupun organisasi tertentu.

Sebenarnya, apabila umurnya masih kurang dari 21 tahun. Jika orang nasabah tersebut telah menikah akan dikecualikan. Mengingat, seseorang yang telah menikah dianggap telah cukup umur sehingga bisa melakukan dan memiliki rekening sendiri, terlebih rekening dollar BCA.

2. Mengisi Formulir

Berikutnya yakni melakukan pengisian formulir yang diberikan oleh petugas bank BCA. Pastikan, semua data yang ada di formulir diisi dengan benar tanpa ada kebohongan sama sekali. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pembuatan rekening yang bakal dilakukan.

Jangan lupa untuk mengisi formulir sesuai dengan identitas resmi yang dimiliki. Misalnya, Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun paspor yang dimiliki. Jika ada bagian yang kurang dimengerti saat pengisian formulir sebaiknya ditanyakan kepada petugas yang bersangkutan untuk meminimalisir kesalahan.

3. Membubuhkan Tanda Tangan di Atas Meterai

Apabila formulir sebagai salah satu syarat telah diisi, maka jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan di atas materai. Pastikan peletakan materainya juga sesaui dengan ketentuan. Begitu halnya dengan tanda tangannya yakni mengenai sebagian dari materai.

Untuk materai sendiri, biasanya juga telah disiapkan dan disediakan oleh petugas yang bersangkutan. Calon nasabah hanya tinggal mengganti biaya materai tersebut. Jadi, nasabah tak perlu repot menyiapkannya terlebih dahulu. Namun, jika ada stok materai sendiri bisa digunakan.

4. Menyerahkan Identitas Diri

Syarat berikutnya yang juga penting yakni terkait identitas diri. Para nasabah yang ingin membuka rekening dollar harus membawa dan menyerahkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika tidak ada KTP, maka sebagai gantinya yakni bisa berupa Paspor yang dimiliki.

Selain itu, dokumen lain yang harus diserahkan adalah Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Syarat ini juga penting diperhatikan sebagai salah satu kelengkapannya. Jika tidak memiliki NPWP, maka sebaiknya mendaftarkannya terlebih dahulu di kantor pajak yang bersangkutan.

5. Setoran Awal

Hal penting lain yang juga tak boleh ketinggalan dalam membuka rekening yakni setoran awal. Sama halnya dengan rekening rupiah, rekening dollar juga ada setoran awalnya. Setoran awal di bank BCA untuk bisa membuka rekening dollar, sejumlah USD 100 atau SGD 200.

Jumlah tersebut apabila dirupiahkan berkisar di angka 1,5 juta rupiah. Pastikan uang yang dimiliki minimal di angka tersebut. Bahkan, kalau bisa lebih tinggi dari angka tersebut. Mengingat, nilai dollar biasanya naik turun, sehingga harus ada cadangan dana untuk mengantisipasi jika nilainya sedang tinggi.

6. Biaya Administrasi

Untuk bisa melakukan semua proses pembukaan rekening dollar di bank BCA, maka ada sejumlah dana yang harus dibayarkan sebagai administrasi. Biaya ini biasa disebut dengan biaya administrasi. Untuk bank BCA sendiri, biaya tersebut berkisar di angka USD 1 atau SGD 2.

Jika dirupiahkan yakni sebesar  15 ribu rupiah. Bisa naik atau turun dari jumlah tersebut tergantung dari nilai tukar dollar saat sedang melakukan pembukaan rekening. Biayanya biasanya bisa dibayarkan secara tunai maupun transfer kepada petugas yang bersangkutan.

Nah, itulah syarat yang harus dipenuhi untuk membuka rekening dollar BCA. Sebenarnya sangat mudah bukan? Syaratnya pun juga hampir sama saat membuka rekening rupiah. Meski begitu, jumlah setoran awalnya terbilang lebih besar ketimbang rekening umumnya.

Posting Komentar untuk "Begini Syarat Membuka Rekening Dollar BCA Baru, Simak dengan Seksama!"