Adakah Cara Ganti No Rekening BRI? Simak Penjelasannya Berikut Ini !

 Adakah Cara Ganti No Rekening BRI? Simak Penjelasannya Berikut Ini_Dalam suatu transaksi perbankan, nomor rekening merupakan nomor yang paling penting. Nomor rekening merupakan suatu rangkaian kode atau nomor unik yang membedakan rekening nasabah yang satu dengan yang lainnya. Setiap bank memiliki sistem tersendiri dalam menentukan nomor rekening yang akan dimiliki oleh nasabahnya. Namun, apakah nomor rekening bisa diganti? Lalu, bagaimana cara ganti no rekening BRI? 

Adakah Cara Ganti No Rekening BRI? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Bisakah Mengganti No Rekening BRI?

Untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara ganti no rekening BRI ini masih belum bisa. Hal ini dikarenakan, memang dari pihak BRI sendiri belum menyediakan layanan untuk mengganti nomor rekening nasabahnya.

Hal ini bisa dimaklumi karena memang nomor rekening sendiri merupakan kode unik yang dimiliki oleh tiap rekening sebagai pembeda antara rekening yang satu dengan yang lain. Sebenarnya tak hanya BRI saja, semua sistem bank juga tidak melayani pergantian nomor rekening.

Bukan Nomor Rekening, Ini yang Bisa Diganti

Meski tidak bisa melakukan penggantian nomor rekening, namun untuk layanan lain selain mengganti nomor rekening masih bisa dilakukan. Contohnya seperti mengganti nomor telepon yang terkait dengan rekening, mengganti nama, atau memperbaharui no handphone.

1. Mengubah Nama Pemilik Rekening

Untuk merubah nama kepemilikan dalam suatu rekening tabungan merupakan hal yang umum dilakukan. Perubahan nama ini dikenal juga sebagai perubahan data nasabah. Meskipun bisa dilakukan, namun masih belum banyak orang yang mengetahuinya. Oleh karena itu berikut adalah cara bagaimana merubah nama rekening:

  • Persyaratan yang wajib dipenuhi antara lain seperti Kartu Tanda Pengenal, Buku Rekening, dan Kartu ATM.
  • Setelah persyaratan lengkap, kemudian nasabah perlu pergi menuju kantor BRI atau cabang yang terdekat dengan rumah.
  • Ketika sampai di tujuan, bisa bertanya terlebih dahulu kepada security apakah cabang tersebut melayani untuk mengubah nama pemilik rekening. Jika bisa, maka nasabah bisa langsung antri sesuai nomor.
  • Tunggu hingga mendapat giliran untuk dipanggil.
  • Nantinya nasabah akan dimintai keterangan beserta persyaratan yang dibutuhkan.
  • Tunggu hingga CS prosesnya selesai.

2. Mengganti Nomor HP di Rekening

Selain mengganti nama dari pemilik rekening, hal yang dapat diubah dalam data rekening adalah nomor telepon. Ketika seseorang membuka rekening di Bank BRI, biasanya akan ditanya perihal nomor telepon pemilik dari rekening tersebut. Hal ini dilakukan untuk kepentingan Bank apabila ingin menghubungi nasabah apabila akan memberitahukan sesuatu.

Nomor telepon juga berfungsi untuk syarat mendaftar di internet atau mobile banking. registrasi dilakukan dengan menggunakan nomor telepon dan sistem akan mengirimkan beberapa kode autentikasi atau kode OTP di smartphone masing-masing nantinya. Maka dari itu penting untuk menjaga agar nomor telepon tidak hilang atau mati.

Namun, jika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi, Nasabah dapat mengajukan untuk melakukan penggantian nomor handphone yang telah terdaftar dalam sebuah rekening BRI sebelumnya, berikut adalah caranya:

  • Nasabah bisa menyiapkan terlebih dahulu apa-apa saja yang dibutuhkan contohnya KTP, Kartu ATM dan Buku Rekening.
  • Kemudian, nasabah perlu mengunjungi kantor cabang terdekat dari Bank BRI dan bertemu dengan Teller, karena saat ini belum tersedia layanan perubahan nomor HP lewat Call Center.
  • Pastikan sudah memiliki nomor telepon baru yang akan didaftarkan dengan sisal pulsa paling sedikit 5 ribu rupiah.
  • Pulsa tersebut digunakan untuk menerima apabila ada SMS verifikasi yang masuk dan memotong pulsa.
  • Setelah selesai verifikasi, nomor tersebut juga bisa didaftarkan dalam layanan Mobile Banking BRI guna mengubah nomor yang sebelumnya sudah didaftarkan.
  • Untuk catatan penggantian nomor tersebut tidak diperkenankan untuk diwakili oleh orang lain.

Nah itulah jawaban atas pertanyaan bagaimana cara ganti no Rekening BRI. Dapat disimpulkan bahwa saat ini layanan mengubah nomor rekening di BRI belum dapat dilakukan, mungkin kedepannya BRI akan melakukan sesuatu terkait hal ini. Semoga informasi ini dapat mengedukasi dan memberikan informasi yang bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Adakah Cara Ganti No Rekening BRI? Simak Penjelasannya Berikut Ini !"