Begini Cara Buka Rekening Saham BCA Bagi Pemula yang Belum Tahu

 Cara Buka Rekening Saham BCA Bagi Pemula_Dalam dunia saham terdapat sesuatu bernama perusahaan sekuritas yang biasa dikenal dengan istilah broker saham. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa broker saham yang cukup terkenal, sebut saja salah satunya merupakan broker saham yang dimiliki oleh Bank yang cukup terkenal di Indonesia yakni BCA. Nah, lantas bagaimana cara buka rekening saham BCA Sekuritas? Ini dia pembahasannya:

Begini Cara Buka Rekening Saham BCA Bagi Pemula yang Belum Tahu

1. Ketahui Latar Belakangnya

BCA Sekuritas sendiri adalah sebuah perusahaan sekuritas asal Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pelayanan yang terkait dengan transaksi saham sampai ke membiayai perusahaan. Dulunya broker ini dimiliki oleh PT Dinamika Usaha Jaya, hanya saja kepemilikannya berpindah tangan ketika tahun 2011 BCA menjadi pemegang saham mayoritas.

BCA Sekuritas ini memiliki nama perusahaan PT BCA Sekuritas dengan Kode Broker SQ dengan 90% Kepemilikan saham berada di tangan PT Bank Central Asia Tbk. BCA memang bukan jagonya di bidang investasi, namun BCA memberanikan diri untuk melebarkan sayapnya masuk ke ranah investasi.

2. Memenuhi Persyaratan

Sebelum mendaftar di BCA Sekuritas perhatikan terlebih dahulu syarat-syarat yang perlu dipenuhi. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

  • Wajib memiliki kewarganegaraan Republik Indonesia atau WNI.
  • Wajib memiliki rekening di Bank BCA.
  • Akan ada Special Fee yang ditawarkan oleh pihak BCA jika dapat melampirkan dokumen pemegang nasabah prioritas.
  • Melampirkan berkas fotokopi dari KTP khusus WNI.
  • Berkas Fotokopi Paspor untuk Warga Negara Selain Indonesia
  • Berkas Fotokopi NPWP untuk yang mempunyai, namun jika tidak hanya perlu melampirkan surat keterangan bahwa tidak atau belum memiliki NPWP.
  • File fotokopi dari halaman depan buku tabungan dari Bank BCA.

3. Mengisi Formulir

Selanjutnya untuk pembahasan cara buka rekening saham BCA yakni mengisi formulir. Berkas pendaftaran bisa didapatkan secara online melalui website BCA Sekuritas. Nantinya pendaftaran akan mengisi berbagai macam data pribadi, mulai dari nama, Tempat dan tanggal lahir, Gender, Status perkawinan, alamat, hingga nomor telepon. Ada baiknya melakukan pendaftaran disaat jam kerja, agar proses pendaftaran berjalan dengan lancar.

Selain itu, calon nasabah juga akan diminta mengisi sumber dana, data pekerjaan, tujuan investasi, data ahli waris, dan instruksi khusus yang akan diarahkan oleh pihak perusahaan sekuritas. Terdapat dua macam rekening saham yang dapat dipilih yakni rekening efek online dan rekening efek offline. 

4. Tunggu Prosesnya

Ketika telah selesai melakukan pendaftaran, langkah selanjutnya adalah menunggu pendaftaran yang telah diajukan untuk diproses dalam waktu paling lama adalah 5 hari kerja. Jika file-file pendaftaran yang telah dikirimkan selesai diproses dan disetujui, menantunya perusahaan akan memberitahu informasi terkait pendaftaran tersebut melalui email.

Selain pemberitahuan tadi, ada juga yang akan diterima pendaftar jika sudah disetujui pendaftarannya. Nantinya pendaftar akan diberikan akses akun, seperti username, kata sandi dan PIN untuk membuka aplikasi BCAS BEST Mobile.

5. Deposit Awal

Setelah berhasil login, nasabah nantinya diminta agar memasukan sejumlah uang sebagai deposit awal dalam rekening kepemilikan saham. Pada berbagai perusahaan sekuritas, terdapat aturan minimal saldo awal atau deposit yang ditentukan, akan berbeda di tiap perusahaannya. Untuk minimal uang yang harus dimasukan sebagai deposit atau simpanan di BCA Sekuritas yakni sejumlah 1 juta rupiah.

Nah itulah cara buka rekening saham BCA yang bisa dicoba untuk yang baru ingin masuk ke dunia saham. Akan ada berbagai kelebihan yang didapatkan ketika mendaftar menjadi pemilik rekening saham di BCA, yang paling unik tentu saja BEST yang dapat mempermudah transaksi saham yang dilakukan secara online. Sekian informasi yang dapat disampaikan, semoga dapat menambah wawasan terkait investasi saham.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Buka Rekening Saham BCA Bagi Pemula yang Belum Tahu"