Begini Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile, Mudah, dan Praktis

Kini mendapatkan rekening koran semakin mudah karena bisa dilihat dari layanan m-banking seperti BCA mobile. Namun, nasabah tentunya harus mengetahui cara cetak rekening koran BCA mobile terlebih dahulu jika ingin melihat daftar transaksi dengan lebih jelas. Adakalanya rekening koran diperlukan bagi yang ingin melihat transaksi dalam periode waktu tertentu.

Begini Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile, Mudah, dan Praktis

Apa Itu Rekening Koran?

Istilah ini sebetulnya pertama kali muncul ketika layanan bank hanya bisa dilakukan secara konvensional sebelum adanya layanan e-banking dan m-banking. Kenapa disebut rekening koran? Karena berisi deretan transaksi dari rekening milik nasabah yang dicetak ke dalam lembaran-lembaran kertas yang pada saat itu mirip seperti koran.

Namun zaman semakin berkembang dan menjadi lebih canggih sehingga rekening koran tidak hanya bisa didapatkan dengan mencetaknya di kantor cabang Bank. Rekening koran juga dapat diartikan sebagai catatan transaksi yang dilakukan oleh satu rekening. Istilah ini juga berasal dari bahasa Belanda yang sudah digunakan di Indonesia sejak zaman penjajahan.

Dahulu untuk mengetahui transaksi lebih jelas dan terperinci, nasabah perlu mencetaknya ke kantor Bank. Namun sekarang ini daftar transaksi dimiliki dalam bentuk fisik bisa dijadikan sebagai dokumen pendukung untuk membuat permohonan supaya dapat pinjaman dari pihak Bank.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile

Bagi nasabah BCA yang ingin mencetak rekening koran sendiri juga sangat memungkinkan. Apalagi jika memiliki akun m-banking sehingga daftar transaksi atau rekening koran bisa didapatkan dari layanan ini. Beberapa cara berikut ini bisa dilakukan untuk mencetaknya dengan BCA mobile:

1. Unduh Aplikasi M-BCA

Untuk langkah pertama, pastikan aplikasi M-BCA telah diunduh dan terpasang di smartphone. Nasabah BCA yang menggunakan layanan m-banking memang pada umumnya memiliki aplikasi M-BCA di smartphone.

Namun, dalam beberapa kasus terutama nasabah yang jarang menggunakan layanan ini akan menghapus aplikasi dari smartphone. Oleh karena itu, pastikan lagi aplikasi masih terpasang pada smartphone.

2. Buka Aplikasi dan Masukan Kode Akses

Setelah mengetahui bahwa aplikasi masih terpasang pada smartphone maka, bukalah aplikasi ini. Setelah itu masukkan kode akses agar bisa terhubung dengan layanan m-banking. Perlu diingat bahwa kode akses adalah kode pribadi yang diberikan pihak bank saat pertama kali nasabah mendaftar layanan ini.

3. Klik Menu m-Info

Setelah terhubung dengan layanan BCA mobile maka akan terlihat banyak pilihan menu. Nah untuk bisa mengakses rekening koran maka nasabah terlebih dahulu harus mengklik atau memilih menu m-Info.

4. Pilih 'Mutasi Rekening'

Cara cetak rekening koran BCA mobile berikutnya yaitu pilih mutasi rekening pada daftar menu. Kemudian klik send lalu masukkan PIN BCA mobile sesuai dengan PIN rekening yang digunakan pada saat penarikan uang di ATM.

Secara otomatis layar akan menampilkan daftar transaksi dalam waktu 1 bulan kebelakang. Jika ingin melihat transaksi dalam periode waktu tertentu maka nasabah bisa langsung mengatur waktu dari tanggal dan bulan di tahun yang sama.

5. Print Daftar Transaksi

Setelah daftar transaksi tampilkan maka nasabah sudah bisa mencetak sendiri rekening koran. Screenshot terlebih dahulu daftar transaksi tersebut kemudian print daftar transaksi tersebut. Daftar transaksi yang sudah diprint ini sama saja dengan rekening koran dan sudah bisa digunakan sebagai dokumen untuk keperluan apapun.

Itulah 5 cara cetak rekening koran BCA mobile. Selain dari rekening koran, transaksi juga dapat diketahui dari buku tabungan. Namun, pencatatan di buku tabungan hanya bisa melihat transaksi pada bulan yang sama.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Cetak Rekening Koran BCA Mobile, Mudah, dan Praktis"