7 Pilihan Aplikasi Edit Foto Jadi Video PC/Laptop Terbaik

 Saat ini, tren memakai aplikasi edit foto jadi video PC semakin berkembang. Banyak orang ingin mengabadikan momennya yang terbagi dalam berbagai foto menjadi sebuah file saja, yaitu dalam bentuk video. Pada umumnya, video berisikan kumpulan foto disebut juga dengan slideshow. Opsi ini dapat menjadi ide hadiah yang berkesan untuk orang lain. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa pilihan apps pengedit video PC dengan kualitas terbaik:

7 Pilihan Aplikasi Edit Foto Jadi Video PC Terbaik

Tujuh (7) Aplikasi Edit Foto Jadi Video PC Terbaik

1. Windows Movie Maker

WMM adalah aplikasi pelopor dari berbagai apps edit video. Apps ramah pemula ini merupakan buatan Microsoft. Pengguna yang serius menjajaki dunia editing bisa belajar teknik mendasarnya dari WMM yang berukuran 131 MB ini, termasuk ringan untuk banyaknya fitur yang ada. Walaupun tampilannya lebih sederhana dibanding kompetitornya, aplikasinya tergolong mudah dioperasikan termasuk untuk yang awam dalam bidang editing sekalipun.

2. Avidemux

Aplikasi edit foto jadi video PC bernama Avidemux memiliki susunan yang sederhana. Avidemux bisa dimanfaatkan untuk memperindah video melalui penambahan filter, meng-cut video, mengatur lagu, dan sebagainya dalam proses editingnya. Kelebihannya yakni mendukung berbagai tipe file contohnya AVI, ASF, DVD file, dan sebagainya. Aplikasi ini disukai karena pengoperasiannya mudah serta berukuran ringan sehingga tidak membebani ruang di PC.

3. Camtasia

Camtasia menyediakan keragaman fitur yang membantu penggunanya dalam mengolah video. Apps Camtasia kompatibel untuk Windows ataupun Mac. Pilihan fitur dalam Camtasia termasuk standar, namun aplikasinya juga memiliki keunikan berupa fitur screen record (merekam layar) dan ringan sehingga pemula akan mudah memahami penggunaannya.

4. AVS Video Editor

AVS termasuk aplikasi edit foto jadi video PC yang diperuntukkan bagi perangkat dengan spek cukup rendah. Fitur yang dimiliki cukup beragam, salah satunya kemampuan video cache yang berguna untuk mengurangi lag dan gangguan lainnya ketika sedang mengedit video berkualitas tinggi. Tampilan UI dalam AVS ini cukup interaktif dan memudahkan pengguna untuk memakainya.

5. Adobe Premiere Pro

Pengguna yang sudah cukup menguasai editing video patut mencoba aplikasi hasil pengembangan Adobe ini. Apps Premiere Pro merupakan pilihan tepat bagi para profesional dalam menunjukkan karya terbaiknya, contohnya saja editing dalam film Hollywood. Kecanggihan fiturnya tidak diragukan lagi, meski beberapa di antaranya berbayar. Resolusi yang didukung oleh aplikasinya mencapai hingga 4K. Premiere Pro memiliki masa trial selama 7 hari.

6. Pinnacle Studio

Fitur yang disediakan dalam Pinnacle Video tergolong komplit. Pengguna dapat memanfaatkan efek beserta template yang berjumlah hingga 1000. Tools canggihnya menghasilkan kualitas lebih maksimal dalam videonya, yaitu mencapai 4K. Tampilan utamanya yang interaktif memudahkan pemula untuk ikut mencobanya. Perlu diketahui bahwa aplikasi Pinnacle berbayar, namun tentunya harga tersebut sepadan dengan kecanggihan yang didapatkan dan masih lebih terjangkau dibanding software lainnya.

7. Sony Vegas Pro

Sony Vegas adalah aplikasi edit foto jadi video PC yang tidak kalah dari pesaingnya, Premiere Pro. Penggunaannya juga relatif lebih mudah namun fiturnya tetep komplit. Sony Vegas mempermudah penggunanya untuk membuat video lebih enak dilihat melalui adanya layer untuk menggabungkan kumpulan foto. Ukuran file yang dihasilkannya besar karena kualitasnya tinggi, namun pengguna bisa mempertimbangkan metode kompres video.

Itu tadi rekomendasi 7 aplikasi edit foto jadi video PC terbaik untuk menghasilkan slideshow. PC dapat menjadi pilihan bagus untuk mengedit banyak foto sekaligus menjadi video, dikarenakan variasi editingnya lebih bervariasi. Pengguna dapat memilih ingin menggunakan aplikasi sederhana atau langsung memakai yang lebih kompleks. Semuanya memiliki kelebihannya sendiri yang dapat dicocokkan dengan kebutuhan.