Cara Memperbaiki Laptop Error, Coba Trik Mudah Berikut Ini !

 Laptop merupakan perangkat penting yang dapat menunjang berbagai kebutuhan masyarakat saat ini. Tidak hanya untuk melakukan pekerjaan kantor, fungsinya sekarang juga untuk berkreasi, berjualan, hingga belajar di sekolah/kampus. Masalahnya adalah saat laptop mengalami gangguan, tentu sangat menghambat aktivitas. Cara memperbaiki laptop error sebenarnya ada banyak, mulai yang sederhana sampai rumit. Ini beberapa masalah beserta trik mengatasi laptop error yang dapat dilakukan sendiri di rumah:

Cara Memperbaiki Laptop Error, Coba Trik Mudah Berikut Ini !

1. Restart

Lakukan restart untuk mengatasi laptop yang mengalami hang sehingga layarnya tidak dapat bergerak. Masalah yang pertama ini biasanya diakibatkan alur kerja dari sistemnya bermasalah, sehingga restart dapat mengembalikan sistem sesuai dengan pengaturan sebelumnya. Caranya dengan membuka “Start”, ketuk “Power” (atau logo lingkaran dengan garis tengah) kemudian pilih “Restart”. Opsi lainnya adalah menekan dua tombol bersamaan, yaitu Alt dan F4 untuk menyalakan ulang laptop.

2. Instal Aplikasi Versi Terbaru

Perhatikan aplikasi yang mengeluarkan pesan error ataupun tidak berjalan dengan stabil. Cara memperbaiki laptop error yang kedua ini berkaitan dengan penggunaan aplikasi. Biasanya, aplikasi/program yang mengalami error disebabkan oleh versinya yang sudah tidak kompatibel dengan laptop.

Lakukan instalasi versi barunya, sehingga sistem laptop bisa mengenali serta menjalankannya dengan lebih optimal. Begitu juga dengan driver yang sebaiknya memakai versi paling baru. Meski memakan waktu, namun cara ini efektif mengatasi error di kemudian hari.

3. Memperbarui Memori

Perbarui memori RAM pada laptop. Masalah laptop lambat ini seringkali dianggap akibat hard drive atau prosesornya yang lambat. Hal yang lebih banyak terjadi adalah CPU yang kekurangan RAM sehingga menyebabkan lambatnya kinerja laptop, apalagi yang usianya telah melebihi lima tahun. RAM sendiri berperan untuk menerima data dan menjalankan berbagai fungsi laptop. Solusinya adalah mencari tahu apa jenis RAM yang sesuai dengan laptop, kemudian memperbaikinya dengan memori lebih besar.

4. Membersihkan Tumpahan Cairan

Lepaskan kabel yang tersambung lalu matikan laptop. Ini adalah cara memperbaiki laptop error yang pertama dilakukan saat terkena tumpahan cairan. Berikutnya, matikan laptop lalu dengan perlahan serap air yang berada di permukaan laptop. Letakkan dengan lembut dan ditekan, jangan mengelapnya karena bisa semakin menyebarkan air. Setelah itu lepaskan baterai, keringkan dengan hairdryer atau bisa juga pengering udara.

Berdirikan laptop dalam posisi V, agar tetesan air yang tersisa bisa mengalir. Ambil sejumput beras untuk menyerap sisa air. Tunggu selama 24 hingga 36 jam agar prosesnya maksimal. Proses ini bisa meminimalisir kerusakan yang terjadi, biasanya hanya keyboard saja yang mengalami gangguan.

5. Memasang Kipas

Pasang fan/kipas eksternal untuk membantu fan dalam laptop mendinginkan prosesornya yang panas. Apabila laptop masih menggunakan IDE/PATA yang merupakan perangkat keras, gantilah dengan tipe lain yang memakai kabel tubular sehingga proses pendinginan bisa lebih efisien melalui kabel tipis.

6. Menambahkan Busa

Periksalah BIOS apabila laptop sering mengeluarkan suara berisik, seperti mendengung yang cukup mengganggu. Hal ini karena masalahnya dapat berasal dari software, namun bisa juga memang fan-nya terbuat dari bahan keras sehingga suaranya cukup bising. Solusinya dengan menambahkan busa ataupun oli yang dapat melindungi dari getaran kipas angin yang keras.

7. Menggunakan Powerline Adapter

Periksa terlebih dahulu router yang digunakan, apakah sudah berada di posisi yang tepat. Router yang terhalang besi, tembok, atau arah antenanya tidak pas bisa menyebabkan masalah. Apabila sudah memastikan router tidak bermasalah, cobalah memakai powerline adapter untuk meningkatkan kestabilan koneksi.

Itu tadi informasi seputar cara memperbaiki laptop error dengan mudah. Pengguna bisa melakukan satu atau lebih sebagai opsi untuk mengurangi gangguan yang dialami oleh laptop. Di saat pandemi sedang meningkat seperti sekarang, pengetahuan mendasar untuk mengatasi masalah elektronik sangat dibutuhkan. Kemampuan ini menjadi semakin penting, mengingat masyarakat dianjurkan untuk tetap di rumah jika tidak ada kepentingan esensial.