Ternyata Mudah, Ini 5 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus di HP Android

 Perpesanan melalui WhatsApp adalah pilihan banyak masyarakat saat ini. Keperluan kerja, sekolah, dan sebagainya bisa mengandalkan aplikasi berbasis chat yang kepopulerannya mendunia ini. Belakangan, banyak pengguna WA mencari informasi seputar cara melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Hal seperti ini bisa saja terjadi, misalnya tidak sengaja menghapus atau memang pengirim pesannya yang menghapus. Ada beberapa opsi yang dapat dicoba untuk mengembalikannya, seperti berikut:

5 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus di HP Android

5 Cara Melihat Pesan WhatsApp yang Sudah Terhapus di HP Android

1. WhatsRemoved+

Bukalah Play Store, ketikkan nama WhatsRemoved+ yang merupakan hasil pengembangan Development Colors. Apps dengan ukuran 4.9 MB ini memiliki kepopuleran tinggi dengan jumlah unduhan mencapai 10 juta. Cara melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus melalui apps ini mudah, setelah berhasil diunduh pilihlah aplikasi mana saja yang ingin direkam dan disimpan aktivitasnya.

Jangan lupa untuk memilih WhatsApp melalui menu “Pengaturan”, lanjutkan dengan “Aplikasi” lalu “WhatsRemoved+” untuk memilih apps yang ingin dilihat kembali datanya. Ketuk “Next”, “Yes”, dan juga “Save Files”. Terakhir, pilih “Allow” untuk mengizinkan WhatsRemoved+ menyimpan obrolan dari WA. Fungsi aplikasi ini bukan hanya membaca pesan teks terhapus, namun juga format lainnya seperti chat foto serta video.

2. Recent Notification

Download apps dari Play Store dengan nama Recent Notification. Apps yang telah dikembangkan developer LibApps ini sudah diunduh sampai 5 juta kali. Ukurannya juga termasuk kecil yakni 3.9 MB. Apps yang kompatibel dengan perangkat Android ini berfungsi mengembalikan notifikasi yang terlewat ataupun terhapus, termasuk chat dari WhatsApp.

Setelah mengunduh aplikasi, akseslah “Pengaturan” lalu masuk menuju bagian “Aplikasi”, kemudian klik nama Recent Notification. Setelah itu, di sana akan ditampilkan menu perizinan untuk membuka aksesnya. Aktifkanlah izin tersebut, maka aplikasi sudah bisa menampilkan data dari semua notifikasi chat yang berada dalam WA penggunanya.

3. Notification Log

Manfaatkan fitur bernama Notification Log. Tidak semua hp memiliki fiturnya, namun dapat menjadi opsi sebagai cara melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Penggunaannya tergolong sederhana. Tekan lalu tahan home screen, lalu bukalah widget. Cari dan klik pada menu Notification Log, lalu pindahkanlah menuju home screen.

Perintah tersebut mengarahkan berbagai notifikasi masuk untuk direkam, tidak terkecuali pesan dari WA yang telah terdelete. Sebagai informasi tambahan, fitur ini memiliki batasan yaitu hanya mampu melihat kembali chat dari 68 jam terakhir. Apabila melebihi waktu tersebut, sudah tidak dapat dilihat lagi kecuali memakai bantuan aplikasi.

4. Notification History

Lakukan instalasi apps Notification History di perangkat Android. Aplikasi besutan Yotta Studio berukuran 3.8 MB ini dapat diunduh dari market Play Store. Apps ini memiliki fungsi untuk melihat lagi berbagai pesan yang tadinya dihapus. Pengguna bisa menggunakan aplikasinya dengan mudah. Pertama bukalah “Pengaturan”.

Kedua, ketuk pada menu “Aplikasi” lalu ketuk di nama “Notification History”. Ketiga, klik logo WhatsApp. Hal ini otomatis mengaktifkan aplikasi untuk melakukan record (perekaman) aktivitas dari akun WhatsApp penggunanya, termasuk juga menyimpan pesan terhapus sehingga dapat dilihat kembali.

5. Tombol Reply

Cobalah fungsi dari tombol Reply yang belakangan ini baru dimunculkan oleh WhatsApp. Caranya sederhana, tekan kemudian tahan pada kolom chat yang didelete. Berikutnya geser ke kanan untuk menyalakan fungsi Reply yang berguna untuk membalas pesan. Nantinya, di kolom untuk Reply tersebut pengguna bisa membaca pesan terhapus. Opsi ini memiliki kelemahan, yaitu bagian yang terlihat hanyalah pesan bagian atas saja sehingga jika terlalu panjang tidak akan terbaca seluruhnya.

Itulah lima cara melihat pesan WhatsApp yang sudah terhapus untuk hp Android. Pengguna bisa memanfaatkan fitur hp, aplikasi WA-nya sendiri ataupun memakai aplikasi sehingga lebih praktis dan bisa lebih banyak menyimpan aktivitas chat.