Cara Melacak Posisi HP dengan WA Paling Mudah

 Pernah mengalami kehilangan perangkat HP? Tidak sadar menaruhnya dimana, atau kebetulan dicuri? Jika suatu ketika mengalami hal tersebut, sebaiknya jangan lebih dulu khawatir. Sekarang ini sudah ada cara melacak HP dengan WA dengan mudah. Aplikasi perpesanan online WhatsApp atau WA sekarang ini faktanya memang sudah sangat populer. Bukan hanya karena sangat nyaman dipakai untuk media komunikasi saja.

Inilah Cara Melacak HP Dengan WA Termudah

Banyak fitur-fitur di dalamnya pun sangat mendukung keperluan pengguna. Menariknya, WA dapat dimanfaatkan penggunanya untuk mencari keberadaan lokasi HP yang hilang. Dengan begitu, bisa juga dipergunakan untuk mencari tempat terakhir seseorang. Pengguna sudah tidak perlu bantuan aplikasi lain lagi sehingga cukup praktis. Bagaimana cara melacak lokasi terakhir HP melalui WA? Berikut uraian selengkapnya:

1. Buka Aplikasi WA

Langkah pertama tentu pengguna harus masuk WA terlebih dahulu. Jika sudah berhasil masuk, segera buka menu ruang obrolan tepatnya pada kontak HP yang sedang ingin dilacak posisinya. Cari dulu nomornya di menu kontak yang tersimpan, kalau sudah ketemu langsung klik saja. Pasti akan langsung masuk menu obrolan dengan kontak tersebut.

2. Klik Ikon “Attach”

Begitu sudah berhasil masuk ruang obrolan dengan kontak HP yang ingin dilacak, klik ikon “attach”. Biasanya, menu ini juga disebut lampiran yang di dalamnya berisi beberapa opsi. Mulai dari kamera, lokasi, dokumen, galeri, dan sebagainya. Pada tahap ini, pengguna harus klik pada opsi “lokasi”. Pasalnya, ini akan berhubungan dengan opsi tersebut. Selanjutnya, bagi lokasi terkini dari pengguna. Caranya dengan klik “bagikan lokasi terkini”.

3. Muncul Pop Up Langsung Klik “Lanjut”

Biasanya, setelah pengguna klik opsi “bagikan lokasi terkini”, akan muncul semacam pesan pop up. Kurang lebih berisi informasi tentang penerima atau kontak HP tadi akan menerima lokasi yang dishare oleh pengguna. Pada pesan pop up tersebut, langsung saja klik “lanjut”.

4. Pilih Jangka Waktu Berbagi Lokasi

Setelah klik pop up “lanjut”, jangan lupa untuk isi jangka waktu untuk berbagi lokasi. Hal ini juga sangat penting, dan WA kebetulan memberikan beberapa opsi jangka waktu berlakunya pembagian lokasi. Demi kenyamanan, pengguna bisa pilih jangka waktu yang paling lama saja. Kebetulan, WA menyediakan jangka waktu paling lama maksimal 8 jam. Silahkan klik saja opsi yang 8 jam lalu klik “selanjutnya”.

5. Kembali Ke Ruang Obrolan

Langkah dari cara melacak HP dengan WA selanjutnya adalah pengguna bisa mulai kembali lagi pada ruang obrolan tadi. Begitu masuk ruang obrolan dengan kontak HP yang dilacak, pasti akan langsung muncul lokasi yang sudah dibagikan tadi. Nanti, lokasi tersebut akan bisa masuk otomatis pada HP yang dilacak.

6. Klik Lokasi Yang Tadi di Share

Masih tetap di ruang obrolan dengan HP yang dilacak, klik lokasi yang tadi di share. Selanjutnya, silahkan buka menu “opsi”. Pada tahap ini, pengguna harus pilih opsi “melihat lokasi terkini”. Tidak akan sulit mencari pilihan tersebut. Nanti, lokasi tersebut akan bisa muncul otomatis pada HP yang dilacak. Artinya, HP yang sedang ingin dilacak tadi akan tahu lokasi terakhir pengguna.

7. Klik “Dapatkan Arah”

Terakhir, pengguna tinggal klik opsi “dapatkan arah”. Sampai tahap ini, pengguna akan dibawa pada halaman Google Maps. Dengan bantuan Google Maps itu nanti akan memandu untuk menemukan lokasi HP yang ingin dilacak keberadaanya tadi. Sederhana sekali bukan melacak HP dengan WA?

Itulah informasi tentang cara melacak HP dengan WA. Cara yang sudah dijelaskan tadi adalah cara yang paling mudah dan sederhana. Mulai sekarang jangan terburu-buru panik dan bingung jika HP hilang di suatu tempat. Hanya dengan WA, HP setidaknya bisa dilacak untuk mengetahui lokasi terakhirnya.