7 Tempat Wisata di Kintamani Bali Ini Sangat Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan Anda

Tempat Wisata di Kintamani Bali_Pantai memang merupakan salah satu surga dunia bagi Anda yang senang berlibur di pantai. Suasana pantai memang memberikan dampak positif terhadap diri terutama suara derasnya ombak dan kerasnya angin seolah memberikan energi positif pada saat berlibur di pantai. Wilayah pantai pada dasarnya terletak di seluruh penjuru nusantara, namun pantai identik dengan salah satu pulau yang mendunia milik Indonesia, yaitu pulau Bali. Namun tahukah Anda bahwa selain tempat wisata yang telah terkenal, Bali memiliki berbagai wilayah yang masih banyak untuk dieksplore.

Salah satu wilayah yang layak untuk dieksplore secara tuntas yaitu kecamatan Kintamani yang terletak di Kabupaten Bangli. Kawasan wisata yang terletak di timur laut pulau Bali, letaknya yang berada di bawah kaldera Gunung Batur dan terdapat danau Batur di wilayahnya dapat menjadi salah satu penarik wisatawan untuk berkunjung.

Jika berwisata ke Kintamani, Anda akan disajikan pemandangan gunung serta danau yang tentunya dapat menjadi salah satu alat penghilang stress ketika menghadapi berbagai rutinitas yang membosankan.

Tempat wisata ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk dijadikan tempat liburan baik dilakukan sendiri, bersama pasangan, keluarga, maupun teman-teman.

Dalam membangun kenangan, tentunya banyak hal yang dapat dilakukan pada salah satu tempat wisata di pulau dewata ini. Berbagai kenangan tersebut dapat diperoleh secara praktis tanpa harus berpindah pada tempat wisata yang lainnya. Kintamani menyediakan berbagai spot yang dapat memberikan wadah bagi Anda untuk mengeksplor foto.

Wisata di Kintamani Bali
Jika Anda selalu menemukan tempat wisata pantai, candi, maupun pura pada wilayah Bali dan ingin mencoba hal lainnya, berkunjunglah ke Kintamani. Salah satu kecamatan di Bali ini memberikan konsep berwisata yang berbeda dibandingkan tempat wisata yang lainnya.

Adapun untuk mengetahui tujuh tempat wisata unik di Kintamani, silakan simak di poin-poin sebagai berikut.

1. Wisata Desa Penelokan
Kecamatan Kintamani memiliki salah satu desa bernama Penelokan yang memiliki wilayah strategis karena letaknya di antara jalan raya Bangli dan Singaraja. Jika Anda memiliki jiwa berpetualang, datanglah ke desa ini karena untuk menuju kesini Anda harus melalui berbagai tantangan.

Desa ini memiliki ketinggian sebesar 1500 mdpl sehingga Anda dapat melihat berbagai pemandangan yang disajikan dimulai dari gunung Batur hingga danau Batur yang terletak di sekitar desa ini.

Tidak hanya wisatawan domestik, wisatawan asing juga gemar mengunjungi desa penelokan ini karena memiliki pemandangan yang bagus baik untuk berfoto maupun untuk melakukan aktivitas seperti berkemah sambil menikmati makanan yang dimasak sendiri atau dibeli di area sekitar.

2. Wisata Danau Batur
7 Tempat Wisata di Kintamani Bali Ini Sangat Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan Anda

Danau yang berbentuk seperti bulan sabit pada ketinggian ini terletak di kecamatan Kintamani, Bali. Danau yang diklaim menjadi danau terbesar di Bali ini menjadi salah satu daftar wajib jika Anda berkunjung ke Pulau Bali.

Danau Batur ini memiliki kandungan belerang sehingga berdampak pada warna air danau yang selalu berubah setiap waktu. Warna dasar air danau adalah biru, namun terkadang berubah menjadi kuning dan kehijauan karena kandungan belerang tersebut. Perubahan warna pada air danau ini juga menjadi salah satu faktor penarik bagi wisatawan.

Banyak hal yang dapat dilakukan pada danau ini, seperti menaiki perahu mengelilingi danau, menikmati pemandangan dari ujung danau, serta berpiknik di sekitar area danau. Tentunya Anda juga dapat mengambil foto dan video sebagai kenang-kenangan bersama orang terdekat.

3. Wisata Pendakian dan Offroad Jeep di Gunung Batur
Wisata Pendakian dan Offroad Jeep di Gunung Batur

Meskipun termasuk dalam salah satu gunung yang masih aktif, Gunung Batur juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Bagi Anda para pendaki gunung wajib untuk mendaki pada gunung Batur ini karena telah memiliki fasilitas yang lengkap.

Gunung yang terletak di Kintamani ini memiliki pos pendakian dan pos peristirahatan bahkan akan ada jasa pemandu pendakian untuk menghindari tersesatnya para pendaki di jalan. Selain menjadi tempat pendakian, Gunung Batur ini juga dapat digunakan sebagai offroad 4x4 jeep.

Jika Anda hobi menaiki jeep dengan rute yang menegangkan, datangi tempat wisata yang terdapat di Kintamani ini untuk menuntaskan hobi Anda. Perkumpulan pada offroad 4x4 jeep ini telah terbentuk sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menjadi penikmat fasilitas saja.

4. Wisata Budaya Pura Ulun Danu Batur
Wisata Budaya Pura Ulun Danu Batur

Karena pura merupakan salah satu tempat peribadatan bagi orang Hindu, pastinya Anda akan menemukannya dimana pun. Beruntungnya, pura ulun danu Batur ini dapat menjadi salah satu tempat wisata jika Anda berada di Kintamani.

Pura ini sempat hancur karena meletusnya gunung Batur dan telah dibangun kembali pada tahun 1926. Pura ulun danu batur ini menjadi salah satu tempat ibadah yang ramai dikunjungi oleh umat Hindu. Bagi Anda yang menganut agama Hindu dapat menjadikan pura ini sebagai salah satu tempat ibadah dan mempelajari setiap ilmu baru di dalamnya.

Sedangkan bagi Anda wisatawan yang berbeda agama tidak perlu khawatir karena pura ini dapat menjadi salah satu tempat belajar dan menambah pengetahuan , misalnya mempelajari tentang budaya yang terletak di dalamnya sehingga Anda dapat memperoleh pengetahuan baru.

5. Wisata Pemandian di Toya Bungkah
Wisata Pemandian di Toya Bungkah

Kecamatan ini menyediakan salah satu tempat wisata pemandian yang cocok untuk menambah aktivitas liburan Anda. Tempat wisata pemandian ini bernama toya bungkah yang terletak di Desa Pekraman Batur yang kini memiliki nama Batur Natural Hot Spring yang dijadikan sebagai salah satu objek wisata jika berkunjung ke Kintamani.

Obyek wisata ini menyediakan empat jenis kolam yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Pertama kolam air panas untuk anak, kedua kolam untuk terapi air panas dengan suhu air yang telah ditentukan, ketiga kolam untuk berendam sambil berjemur dengan paparan sinar matahari langsung, dan yang keempat adalah kolam untuk berenang.

6. Kekuatan Pohon Taru Menyan di Desa Trunyan
Taru Menyan di Desa Trunyan Kintamani

Salah satu destinasi wisata unik yang terletak di Kintamani adalah Desa Trunyan ini. Desa ini memiliki budaya yang sangat menarik khususnya bagi Anda yang tertarik untuk mempelajari berbagai kebudayaan yang ada di Indonesia.

Adapun budaya yang terdapat pada desa ini adalah meletakkan mayat pada kuburan trunyan yang hanya ditutupi oleh ancak saji yang terbuat dari kumpulan daun-daun saja. Namun syarat yang harus dipenuhi adalah mayat tersebut meninggal secara normal tanpa memiliki luka apapun.

Uniknya, mayat tersebut tidak mengeluarkan bau bangkai sama sekali. Konon katanya bau mayat yang diletakkan pada kuburan tersebut diserap oleh pohon besar yang terdapat pada kuburan tersebut bernama pohon taru menyan. Kumpulan tulang belulangnya akan dipindah dan dikumpulkan pada bagian pojok kuburan.

7. Tradisi Pemakaman di Desa Bayung Gede
Keunikan juga terdapat pada desa bayung gede yang memiliki tradisi pemakaman yang terbilang unik. Jika mayat berjenis kelamin perempuan maka akan dihadapkan kepada langit, sedangkan mayat berjenis kelamin laki-laki maka akan diletakkan secara tertelungkup.

Perilaku ini memiliki makna bahwa perempuan dianggap sebagai langit, dan sebaliknya. Oleh karena itu tradisi ini dilakukan secara terus menerus dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri sebagai salah satu wisata di Kintamani.

Bagaimana? Menarik bukan? Berkunjung ke tempat wisata di Kintamani Bali pasti memberikan pengalaman baru bagi Anda. Selain menyajikan pemandangan yang bagus, salah satu kecamatan yang terletak di Bali ini juga memiliki berbagai tradisi yang menarik untuk dikunjungi.

Posting Komentar untuk "7 Tempat Wisata di Kintamani Bali Ini Sangat Cocok untuk Mengisi Waktu Liburan Anda"