11 Contoh Peluang Usaha Sampingan yang Paling Mudah dan Menguntungkan

 Sebelas Contoh Peluang Usaha Sampingan yang Paling Mudah dan Menguntungkan_Berprofesi sebagai seorang karyawan bukan berarti tidak bisa mendapatkan uang tambahan. Banyak sekali peluang usaha sampingan yang paling mudah untuk menambah pundi-pundi uang di masa depan. Terlebih lagi sekarang hampir semua bisnis laku di pasaran jika pintar dalam mempromosikannya. Manfaatkanlah channel yang dimiliki untuk mengenalkan usaha agar banyak yang tertarik.

11 Contoh Peluang Usaha Sampingan yang Paling Mudah dan Menguntungkan

Usaha tambahan yang dilakukan tentu tidak dilarang oleh perusahaan karena tidak ada kaitannya. Pebisnis justru semakin diuntungkan karena dapat menawarkan usaha ke teman kantor sehingga semakin banyak peminatnya. Kuncinya adalah harus percaya diri bahwa usaha tersebut akan laku.

Halangan yang biasanya dikeluhkan oleh para pebisnis pemula adalah modal. Nyatanya untuk memulai bisnis tambahan tidak memerlukan modal yang banyak sehingga siapapun dapat memulainya. Usaha yang dibangun bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki. Tak perlu ragu untuk memulai usaha dari nol karena banyak yang sudah merasakan kesuksesan.

Terdapat banyak sekali referensi peluang usaha sampingan yang paling mudah. Pebisnis hanya perlu fokus pada salah satu usaha yang memang ingin digeluti. Pastikan bahwa jangan setengah-setengah dalam memulai usaha karena kesuksesan berada di depan mata. Berikut ini adalah informasi mengenai peluang usaha yang menarik untuk disimak:

1. Membuka Jasa Laundry

Pada era yang serba canggih ini semua orang menginginkan sesuatu yang praktis, termasuk dalam hal mencuci. Peluang tersebut harus dimanfaatkan dengan baik untuk menghasilkan uang yang banyak. Usaha ini sangat dibutuhkan pada lokasi yang banyak para perantau yang bekerja kantoran. Banyak dari mereka yang tidak sempat untuk mencuci sehingga akan memilih jasa laundry.

Modal untuk membangun peluang usaha sampingan yang paling mudah ini tidaklah banyak karena peralatan yang dibutuhkan pun sedikit. Pebisnis hanya perlu menyiapkan uang sekitar 6 juta rupiah untuk membeli peralatan laundry,  membayar air dan listrik tiap bulan, serta menggaji satu orang pegawai. Keuntungan yang bisa didapatkan setiap bulannya dapat mencapai 5 juta rupiah ketika sedang ramai.

Strategi bisnis yang bisa diterapkan adalah dengan menawarkannya pada rekan kerja yang berada di kantor, kemudian memasang iklan jasa laundry, dan lainnya. Dewasa ini tidaklah sulit untuk mempromosikan sebuah usaha karena terdapat teknologi yang begitu canggih. Minta juga teman terdekat untuk mempromosikan produk agar lebih banyak peminatnya.

Bisnis ini akan lebih berkembang apabila ditambah dengan jasa menyetrika bajunya juga. Tak hanya baju, pebisnis juga bisa membuka jasa laundry boneka, selimut, sprei, dan karpet sehingga keuntungan pun akan semakin banyak. Jangan lupa pula untuk bekerjasama dengan penginapan yang membutuhkan jasa mencuci selimut dan sprei agar bisnisnya tidak pernah sepi peminat.

2. Menjual Foto Secara Online

Mempunyai kamera pribadi harus dimanfaatkan untuk mencari pundi-pundi uang, terlebih lagi jika didukung dengan keahlian fotografi. Tidak perlu ragu karena keahlian ini begitu berarti dan harus terus dikembangkan. Pebisnis bisa memulai untuk membuka jasa foto atau menjual foto secara online di berbagai situs penjualan di internet. Usaha ini tidak akan sepi karena banyak penjual bisnis yang membutuhkannya.

Modal utama dari pekerjaan ini adalah membeli kamera yang harganya 5 juta saja sudah bagus. Banyak sekali merek kamera yang dapat dipilih untuk menghasilkan foto yang bagus. Beberapa merk yang terbukti kualitasnya adalah Canon, Nikon, dan Sony. Uang 5 juta saja sudah dapat mengoleksi Canon EOS 4000D MARK III.

Pekerjaannya hanya mencari objek yang bagus untuk difoto kemudian melakukan editing dan menjual foto tersebut. Keuntungan yang bisa didapatkan dari keahlian ini adalah sekitar 3-5 juta setiap bulannya. Penghasilan tersebut tergantung dari banyaknya foto yang diminati dan tingkat kesetiaan fotonya. Pebisnis dapat mempromosikan karyanya melalui media sosial yang dimiliki dan jangan lupa untuk memperbanyak pertemanan.

3. Content Writer

Menulis adalah kegiatan yang tidak terlalu menyita waktu karena bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan. Peluang usaha sampingan yang paling mudah ini tidak memerlukan modal sama sekali karena hampir setiap orang sudah memiliki laptop. Hanya saja pebisnis perlu menyediakan kuota internet kira-kira 80 ribu setiap bulannya guna mencari referensi dari internet.

Mulanya penulis bisa membuat blog terlebih dahulu untuk diisi tulisan yang menarik agar banyak dilirik oleh pelanggan. Carilah channel yang memang sudah bergelut di dunia blog untuk mempromosikannya. Cara tersebut terbukti efektif untuk mendapatkan pelanggan. Banyaknya keuntungan yang didapatkan bervariasi, biasanya artikel 500 kata dihargai sekitar 15 ribu per buahnya.

Layanilah pelanggan dengan baik agar dapat memesan artikel secara berkelanjutan. Penulis juga harus selalu mengasah kemampuannya untuk menulis dengan cara sering membaca artikel dan  memperbanyak pengalaman. Tips agar artikel dapat menduduki posisi yang pertama adalah dengan menggunakan kata kunci dan disertai gambar berkualitas.

4. Membuka Jasa Desain Grafis

Tak semua orang memiliki kemampuan untuk mendesain grafis. Apabila pebisnis memiliki bakat tersebut, maka dapat dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Peluang usaha sampingan yang paling mudah ini bisa dilakukan ketika sudah pulang dari kantor sehingga waktu yang dimiliki bisa lebih berguna. Modal yang dibutuhkan hanyalah laptop untuk mengedit grafis dan kuota internet.

Dewasa ini banyak sekali laptop canggih yang dapat dimanfaatkan untuk membuat desain grafis. Salah satu laptop yang berkualitas adalah ASUS VivoBook 15 F512DA yang harganya sekitar  juta rupiah. Laptop ini sudah dilengkapi dengan kualitas Full HD sehingga semakin nyaman untuk membuat desain grafis. Penyimpanannya juga mencapai 128 GB sehingga dapat menyimpan banyak sekali karya.

Poin penting yang harus dimiliki jika membuka jasa desain grafis adalah mempunyai banyak karya dan tidak berhenti mengasah kemampuan. Buatlah beberapa contoh desain grafis dan unggah di media sosial. Cara ini terbukti efektif untuk menarik para pelanggan. Keuntungan yang didapatkan mencapai 5-puluhan juta rupiah setiap bulannya sehingga harus ditekuni dengan baik.

5. Jasa Penerjemah

Kemampuan menguasai bahasa asing ternyata sangat bermanfaat sekali dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha sampingan yang paling mudah. Keterbatasan orang-orang dalam kemampuan berbahasa asing masih banyak sekali sehingga bisnis jasa penerjemah patut untuk dijalankan. Bisnis ini semakin dibutuhkan karena banyaknya perusahaan yang mulai go internasional sehingga harus mengubah dokumennya menjadi berbahasa Inggris.

Carilah pekerjaan penerjemah melalui berbagai situs online. Biasanya pekerjaan yang ditawarkan adalah menerjemahkan makalah, jurnal, dan dokumen perusahaan yang sifatnya penting. Usaha yang satu ini hanya memerlukan komputer/laptop dan kuota internet saja. Laptop yang dimiliki pun tidak perlu memiliki spesifikasi yang tinggi. Cukup dengan harga 3 juta saja sudah dapat digunakan untuk menerjemahkan bahasa Inggris.

Bisnis ini akan semakin berkembang apabila sasarannya adalah mahasiswa. Perlu diketahui bahwa skripsi ada yang menggunakan bahasa Inggris dan sekarang juga banyak kelas internasionalnya. Promosikan jasa penerjemah ke mahasiswa, jika perlu pasang iklan pada akun IG yang banyak diikuti oleh mahasiswa. Apabila diketekuni dengan baik usaha ini mampu meraup untung 15 an juta juga setiap bulannya.

6. Membuka Toko Online

Dewasa in hampir semua bisnis dilakukan secara online karena terbukti lebih efektif untuk mendapatkan keuntungan. Pebisnis dapat mulai untuk mengamati kebutuhan masyarakat saat ini sehingga bisnis akan tetap laku sampai kapanpun. Bisnis yang paling menguntungkan adalah fashion untuk wanita. Wanita senang sekali akan keindahan yang dapat tercermin dari pakaian sehingga bisnis ini tidak akan mati.

Bisnis online ini hanya membutuhkan modal yang kecil yaitu sekitar 3 juta rupiah, sedangkan omset yang bisa didapatkan mencapai puluhan juta setiap bulannya. Pastikan produk yang dijual merupakan produk berkualitas dan memang sedang dicari oleh masyarakat. Tips penting lainnya adalah bekerjasama dengan marketplace ternama seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lainnya agar bisnis semakin berkembang.

Pebisnis tidak perlu membuat sendiri produknya apabila memang kurang pandai. Cukup bekerjasama dengan para penjahit yang memang sudah profesional dalam bidang ini. Hal yang perlu dilakukan oleh pebisnis adalah dengan menentukan model bajunya saja dan serahkan pengerjaannya kepada penjahit. Pilih juga bahan yang berkualitas agar tidak mengecewakan pembelinya.

7. Berjualan Masker

Peluang usaha sampingan yang paling mudah selanjutnya adalah berjualan masker. Dewasa ini masker sangat dibutuhkan sekali karena adanya COVID-19. Pergi keluar rumah harus menggunakan masker agar tidak tertular penyakit tersebut. Apabila diamati, bisnis berjualan masker tentu akan laris manis dipasaran sehingga cocok untuk tekuni secara serius.

Cobalah untuk mencari produsen pembuat masker yang harganya miring namun kualitasnya bisa diandalkan. Terdapat beragam jenis masker yang bisa dijual yaitu masker medis, masker kain, masker duckbill, dan lainnya. Modal untuk memulai bisnis ini pun tidaklah banyak hanya sekitar 2 juta rupiah saja sehingga sangat terjangkau sekali untuk kantong karyawan.

Keuntungan dari bisnis ini dapat mencapai 10 juta rupiah setiap harinya apabila pebisnis mampu mempromosikan produk ini dengan baik. Bermacam-macam toko online dapat dipilih sebagai media promosi yang paling ampuh. Mulanya, pebisnis bisa bekerjasama dengan teman untuk membeli produk melalui toko online tersebut dan memberikan review yang baik agar banyak yang percaya.

8. Bisnis Katering

Budaya masyarakat Indonesia yang konsumtif menjadikan bisnis kuliner sebagai peluang usaha sampingan yang paling mudah dan tidak akan pernah sepi peminat. Bisnis yang satu ini cukup fleksibel dan tidak akan mengganggu jam kerja di kantor. Sistem pembeliannya dapat dilakukan dengan pre order sehingga membuat makanannya sesuai dengan pesanan yang masuk. Terkait waktu pengiriman makanan pun dapat disesuaikan dengan jadwal kosong yang dimiliki oleh pebisnis.

Keuntungan yang bisa diambil oleh karyawan apabila menjalankan bisnis ini adalah dapat sekalian menjualnya ke rekan kantor sehingga keuntungan yang diperoleh berlipat ganda. Mintalah kepada rekan kantor untuk mempromosikan makanan tersebut agar semakin banyak yang memesannya. Bisnis ini dapat dimulai dengan modal  2 juta rupiah saja. Apabila pesanan sudah mulai banyak dapat menyewa pekerja lain.

Bisnis katering memang sudah menjamur dimana-mana, kunci sukses menjalankan bisnis ini adalah dengan menyediakan makanan yang lezat dan belum terlalu banyak penjualnya. Mulanya, pebisnis dapat membawa tester ke kantor dan minta teman untuk mencicipinya. Cara tersebut dapat menarik perhatian pembeli karena rasa masakannya layak untuk diapresiasi. Tak khayal jika nantinya omzet per bulan bisa mencapai 13 juta rupiah.

9. Affiliate Marketing

Bisnis ini memang masih asing bagi sebagian orang karena tidak terlalu terkenal untuk kalangan umum. Perlu diketahui bahwa usaha yang satu ini tentu akan menguntungkan karena hanya bermodalkan pintar dalam mengolah kata saja. Affiliate marketing merupakan sebuah usaha untuk mempromosikan produk orang lain sehingga tidak dibutuhkan modal apapun.

Hanya bermodalkan HP yang sudah dimiliki saja pebisnis sudah bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Cara agar barang yang dipromosikan bisa mendapatkan banyak pembeli adalah dengan mempromosikannya secara langsung melalui media sosial yang dimiliki. Pebisnis juga bisa meminjam akun teman untuk mempromosikannya. Pendapatan perbulan yang dihasilkan bisa mencapai 8 juta rupiah.

Ketentuan yang harus dipenuhi untuk memulai bisnis ini adalah dengan mendaftarkan diri terlebih dahulu pada situs resminya. Nantinya akan ada lembar kerjasama yang menerangkan tentang keterangan penghasilan yang akan didapatkan melalui penjualan produk. Pebisnis tak perlu khawatir karena setiap perusahaan membutuhkan jasa ini untuk mempromosikan produknya sehingga tak sulit untuk mencarinya.

10. Membuka Kursus Online

Kursus online merupakan peluang usaha sampingan yang paling mudah karena tidak perlu ribet untuk menyiapkan tempat ataupun materinya. Contoh bakat yang bisa dijadikan untuk kursus online adalah public speaking. Modal untuk mendirikan bisnis ini sangat minim yaitu 500 ribu rupiah yang digunakan untuk mempromosikan bisnis dan menyiapkan peralatan yang mendukung presentasi.

Kursus online tersebut sedang banyak dicari karena skill dalam berbicara sangat dibutuhkan sekali  baik untuk keseharian ataupun di dalam pekerjaan. Melakukan negosiasi tidak akan berhasil jika public speakingnya pas-pasan. Presentasi di depan umum pun akan gagal apabila tidak memiliki kemampuan berbicara yang baik sehingga bisnis ini sangat menggiurkan sekali.

Bisnis ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa ataupun orang yang baru saja lulus dari perkuliahan. Carilah akun-akun mahasiswa dan informasi lowongan kerja untuk memasang iklan di akun tersebut agar tepat sasarannya. Penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini mencapai 6 juta rupiah setiap sesinya.

11. Jasa Pengetikan

Pegawai kantor tentu sudah lihai sekali dalam urusan ketik mengetik sehingga cocok untuk membuka jasa pengetikan sebagai peluang usaha sampingan yang paling mudah ini. Usaha ini akan laku sekali apabila  berada di lingkungan universitas yang selalu dipenuhi dengan tugas, laporan, proposal dan skripsi.

Biaya yang dikenakan biasanya berdasarkan halaman ataupun jumlah kata. Satu lembar dihargai 25 ribu rupiah sehingga tinggal dikalikan saja jumlahnya. Apabila ditekuni secara serius pendapatan bulanan bisa mencapai 5 juta rupiah. Modal yang dikeluarkan juga sangat minim karena sudah memiliki laptop sendiri yaitu hanya dengan 2 juta rupiah untuk membeli printer, kertas, dan tinta.

Pebisnis yang ingin memperdalam kemampuan dalam mengetik dapat belajar cara mengetik dengan 10 jari. Metode tersebut terbukti efektif agar dapat mengetik secara cepat sehingga semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Tak perlu mengikuti kursus untuk belajar metode tersebut karena banyak sekali tutorialnya di Youtube.

Informasi mengenai peluang usaha sampingan yang paling mudah beserta dengan tips memulai usaha tersebut dapat dijadikan sebagai pegangan ketika akan membuka sebuah usaha. Siapapun berhak untuk memiliki sebuah usaha tanpa harus menunggu kaya terlebih dahulu. Siapa tahu dengan membangun salah satu dari usaha sampingan tersebut dapat mendatangkan kekayaan yang berlimpah.

Usaha sampingan yang telah disajikan di atas nantinya bisa dijadikan sebagai pekerjaan utama apabila omsetnya sudah melebihi gaji sebagai karyawan. Bisnis tersebut dapat dijadikan sebagai tumpuan ketika tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan utama karena ada kepentingan perusahaan. Pastikan bahwa semua peluang usaha sampingan yang paling mudah tersebut dilakukan secara sungguh-sungguh agar hasilnya maksimal. Kuncinya adalah jangan menyerah dengan cobaan yang ada.