5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web yang Mudah dan Gratis

 Tenggelam dalam lautan buku yang disukai memang menyenangkan. Namun, untuk membeli sendiri kadang tidak cukup memiliki waktu dan uang. Demikian juga pilihan untuk mengunjungi perpustakaan, terkendala banyak hal. Mulai dari alasan klasik terlanjur malas keluar rumah, tidak cukup waktu dan beragam kesulitan lain. Kabar baiknya, sekarang banyak aplikasi perpustakaan berbasis web yang menyediakan banyak buku secara gratis dan bisa diakses siapa saja.

5 Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web yang Mudah dan Gratis

Kerennya lagi, dari aplikasi tersebut juga meluncurkan versi mobile, sehingga tampilannya lebih mobile friendly tanpa harus membuka lewat personal computer atau tablet. Penggunaannya pun sangat mudah, aman dan tidak membutuhkan verifikasi mendetail.

Sehingga keamanan data pribadi terjaga dan tidak menimbulkan was-was. Nah, bagi yang belum mencoba cara asyik pinjam buku online, bisa menyimak ulasan di bawah ini.

1. Ipusnas – Perpustakaan Digital Nasional

Aplikasi satu ini sangatlah terkenal dan memiliki pengunduh lebih dari satu juta untuk versi mobile-nya.  Jika enggan mengunduh di Playstore, sangat bisa mengunjungi lewat website https://ipusnas.id/ untuk mengaksesnya. Di sini tersedia ribuan buku yang bisa dipinjam secara gratis.  Bagi yang masih bingung menggunakannya bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Memasang atau mengakses aplikasi Ipusnas versi desktop PC/tablet
  • Daftar dengan memakai alamat email aktif serta melengkapi data diri standard yang diminta
  • Verifikasi akun melalui sistem yang dipilih (bisa lewat nomor Hp atau alamat e-mail)
  • Jika sudah berhasil masuk, maka siap memilih buku yang dicari
  • Cari judul buku di kolom pencarian atau menjelajah lewat fitur filter genre
  • Klik buku yang dipilih, kemudian klik ‘pinjam’
  • Tunggu beberapa saat dan setujui dari rak mana buku berasal (bisa dari Popular atau rak standard)
  • Setelah selesai, tutup jendela peminjaman dan masuk ke rak pinjam. Di sana sudah ada buku yang dipinjam dan unduh
  • Buku siap dibaca dan perlu diingat masa pinjam adalah 3 hari, jika lebih maka otomatis akan kembali sendiri
  • Peminjaman per hari adalah tiga judul buku dan paling cepat masa pengembalian adala 1x24 jam

2. Smart Library – Gramedia Digital Nusantara

Mendengar kata Gramedia, maka langsung terbayang toko buku super lengkap dengan beragam koleksi dan pilihan genre yang memanjakan pecinta buku. Demikian juga dengan Smart Library ini, didesain untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai judul buku lewat internet.

Tidak perlu berkunjung secara offline, cukup men-download versi e-book dan siap dinikmati. Prosesnya pun mudah, seperti layaknya meminjam di perpustakaan online lainnya.

3. iBI Library – Bank Indonesia

Tampilan aplikasi dengan dominasi warna merah ini memang persembahan dari Bank Indonesia untuk masyarakat umum. Beragam fitur ala perpustakaan online sudah disiapkan di sini. Terlebih lagi, aplikasi perpustakaan berbasis web ini pun sudah memiliki fitur e-reader sehingga sangat nyaman untuk tampilan mobile.

Koleksinya cukup lengkap dan bisa mengulik beragam buku non fiksi seputar perbankan maupun genre lain seperti fiksi remaja, fiksi dewasa dan lainnya.

4. iJogja

Sejak lama Jogja dikenal sebagai kota pelajar. Maka tidak heran, jika salah satu perpustakaan online sudah dikembangkan oleh BPAD Jogja untuk memfasilitasi minat baca masyarakat umum. Tampilan yang dimiliki sangat user friendly dan sudah ramah untuk dibaca lewat ponsel. kerennya lagi, sesama pengguna bisa terhubung lewat media sosial loh.

5. iSantri

Secara umum iSantri ini hampir sama dengan tampilan serta fitur perpustakaan online lainnya. Namun jangan salah, sebab sesuai namanya, perpustakaan online ini dominan dengan buku-buku keagamaan dari berbagai sumber dan isi. Mulai dari pengetahuan umum agama hingga kitab-kitab yang umumnya dipakai oleh pesantren-pesantren. Menarik sekali bukan?

Demikianlah ulasan singkat mengenai lima aplikasi perpustakaan berbasis web yang bisa digunakan secara gratis. Selain itu, tampilannya pun sudah sangat ramah untuk mobile dan mudah digunakan. Sehingga sangat membantu dalam mencari referensi atau sumber bacaan tanpa harus datang ke perpustakaan secara langsung.

Terlebih lagi di masa pandemik seperti sekarang, kehadiran aplikasi perpustakaan secara online tersebut sangatlah bermanfaat. Selamat mencoba.