Resep Pastel Mini Super Renyah yang Mudah Dikreasikan di Rumah

Bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia, barangkali sudah tidak asing lagi dengan camilan dengan bentuk khas menyerupai busur ini. Lantaran, selain rasanya yang gurih dan bikin nagih, camilan ini juga mudah dibuat. Apalagi jika mengikuti instruksi sederhana pada rekomendasi resep pastel mini super renyah yang diterangkan detail di bawah ini!

Resep Pastel Mini Super Renyah yang Mudah Dikreasikan di Rumah

Rekomendasi Resep Pastel Mini Super Renyah Mudah

Hal utama yang harus dilakukan apabila seseorang ingin mengreasikan camilan ini, ialah menyiapkan semua keperluan bahannya. Yakni, meliputi bahan-bahan ekonomis yang mudah diperoleh di pasar tradisi yang ada di sekitar tempat tinggal, di antaranya:

  • Tepung terigu dengan kadar protein rendah, sekira 400 Gram;
  • Kanji sebagai bahan campuran sekira 2 sendok makan;
  • Mentega sebanyak kurang lebih 125 gram;
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang;
  • Kaldu bubuk sebanyak 1 sendok teh, yang dapat disesuaikan untuk pilihan rasanya;
  • Baking soda untuk pengembang sebanyak 1 sendok teh saja;
  • Garam meja secukupnya;
  • Air es seperlunya; dan
  • Bahan yang akan dipergunakan sebagai isian, baik itu abon, sayuran, cokelat, suiran ayam goreng kering, ataupun variasi lainnya yang dapat disesuaikan selera.

Proses Memasak Pastel Mini Super Renyah

Setelah memastikan semua bahan telah siap, maka selanjutnya adalah inti pembahasan mengenai proses memasak pastel mini super renyah yang mudah. Yakni dengan mengikuti sejumlah petunjuk kerja yang telah dijabarkan secara rinci, sebagai berikut:

1. Buat Adonan Tepung

Pertama yang harus dilakukan dalam proses ini adalah membuat adonan. Caranya, siapkan baskom ukuran besar, lalu masukkan masing-masing, tepung terigu, kanji, kaldu, baking soda, garam meja dan aduk rata. Lalu tambahkan mentega, telur ayam, dan campur kembali. Bila sudah, maka segera aduk semua bahan tersebut secara manual sampai teksturnya menggumpal.

2. Beri Tambahan Air Es

Adonan yang telah menggumpal kemudian didiamkan selama beberapa saat. Setelah itu, tambahkan ke dalam adonan tersebut air es, sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk sambil terus mengaduknya sampai merata, agar nanti adonan bisa menjadi kalis. Lantaran, pemakaian air es ini menjadi kunci penentu kerenyahan dari kulit pastel yang dibuat nanti.

3. Bentuk Adonan Menjadi Lingkaran Pipih

Setelah tekstur adonan kalis, maka ambil sebagian, lalu buatlah menjadi bulatan-bulatan kecil sesuai selera. Setelah itu, tinggal pencet bulatan tersebut baik memakai alat atau manual dengan tangan, sampai menjadi pipih. Terapkan langkah yang serupa pada sisa adonan yang dimiliki tadi, sampai habis. Baru kemudian lanjut ke tahap memasak yang selanjutnya.

4. Tambahkan Isian dan Tutup

Bila kulit pastel sudah siap, maka tinggal menambahkan isian yang telah disiapkan sesuai selera. Sebaiknya, sesuaikan isian ini dengan lingkaran yang tadi dibuat, kira-kira 1/5 bagian agar tidak terlalu mampat. Setelah isian diletakkan di tengah, maka tinggal lipat pipihan kulit menjadi dua, lalu pelintir pinggirannya memakai jari, sampai menutup sempurna.

5. Goreng Hingga Matang

Terakhir, segera siapkan penggorengan yang baiknya memakai minyak yang melimpah dan panas. Baru kemudian goreng pastel mini sampai teksturnya berubah menjadi warna cokelat sedikit keemasan. Ketika dirasa cukup, maka segera tiriskan. Lalu tunggu agak dingin, dan pastel mini dengan rasa lezat dan tekstur yang renyah istimewa pun sudah siap dihidangkan.

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting yang dapat diberikan mengenai rekomendasi resep pastel mini super renyah yang sangat mudah dibuat di rumah. Bagaimana? Sudah siap membuat kejutan kecil untuk keluarga dengan resep camilan yang lezat ini? Baiknya segera kumpulkan dulu semua keperluan bahannya, agar proses memasak dapat dilakukan dengans segera!