Resep Orak Arik Sayuran Buncis Pedas Simple dan Lezat Untuk Keluarga

Memasak makanan sendiri akan terasa lebih menyenangkan. Selain itu, memasak sendiri makanan untuk keluarga tentunya bisa lebih hemat, sehat dan higienis. Tak perlu memasak yang susah-susah karena resep orak arik sayuran buncis pedas berikut ini saja bisa menjadi menu yang lezat untuk keluarga.

Resep Orak Arik Sayuran Buncis Pedas Simple dan Lezat Untuk Keluarga

Untuk menyiapkan orak arik sayur ini bahan yang dibutuhkan tidaklah susah dicari. Karena semua jenis sayuran yang dipakai sangat mudah didapatkan. Sajian sayur orak arik sayuran buncis pedas ini bahkan dapat dimasak oleh orang yang sibuk sekalipun, karena cara memasaknya yang terbilang mudah dan bahan yang dibutuhkan sangat gampang dicari. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya bisa dilihat di bawah ini.

Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan dalam resep orak arik sayuran ini sebagian besar pasti sudah ada di dapur. Untuk sayuran sendiri bisa dibeli di pasar, warung atau tukang sayur keliling. Bahan-bahan yang dibutuhkan dengan sangat mudah bisa di dapatkan. Untuk membuat sajian orak arik sayur buncis pedas ini bisa menggunakan bahan bahan berikut.

  • - 250gr buncis dan 1 buah wortel;
  • 2 telur ayam;
  • Masing-masing 5 buah bawang merah dan putih;
  • Cabe rawit sesuai selera bisa menambahkan 5 buah;
  • 2 cabai merah;
  • 1 sdm kecap asin;
  • Lada;
  • Garam; dan
  • Kaldu ayam bubuk.

Cara Membuat Orak Arik Buncis Pedas

Sajian orak arik buncis pedas kali ini sangat mudah untuk dibuat dan bisa dimasak dengan cepat. Untuk membuatnya tak perlu merasa takut gagal terlebih dahulu, karena memang sangat praktis. Akan tetapi, meski gampang dibuat, rasanya tak kalah lezat. Berikut ini cara membuat menu orak arik buncis pedas yang lezat dan dijamin ketagihan.

1. Menyiapkan Bahan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memasak orak arik buncis pedas adalah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Sayur buncis yang akan dimasak diiris serong terlebih dahulu kemudian untuk wortel diiris korek. Selanjutnya untuk bumbu tumis, seperti cabai dan bawang masing-masing diiris tipis.

2. Menumis Bawang dan Cabai

Langkah selanjutnya, yaitu menumis bumbu-bumbu yang sudah diiris. Panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis, kemudian masukkan irisan cabai dan bawang yang sudah diiris tipis-tipis. Lalu segera tumis semuanya sampai harum dan jangan sampai gosong.

3. Memasukkan Sayuran dan Telur

Setelah semua bumbu layu masukkan sayuran yang sudah diiris tadi. Tumis lagi dengan api sedang hingga sayuran setengah matang. Kocok lepas dua butir telur yang disiapkan, setelah itu, masukkan ke dalam tumis sayuran yang sudah setengah matang. Tunggu sebentar hingga telur tadi mulai menggumpal baru aduk kembali, agar telur menyampur dengan sayuran.

4. Masukkan Bumbu

Setelah semua bahan masuk, selanjutnya adalah menambahkan bumbu pada masakan. Masukkan gula, garam, kaldu ayam dan jangan lupa tambahkan lada dan kecap asin. Setelah itu, aduk kembali masakan dan tumis hingga sayurnya matang. Untuk membuat resep orak arik sayuran ini bisa memberi bahan tambahan seperti potongan sosis, udang atau ayam cincang. Namun sifatnya opsional saja sesuai dengan selera.

Itu tadi resep orak arik sayuran buncis pedas yang bisa dibuat sendiri di rumah. Resep yang sangat sederhana dan bisa dibuat sendiri dengan waktu singkat dan bisa langsung dinikmati. Menu ini sangat cocok untuk menjadi hidangan bersama keluarga yang simple namun lezat.