Resep Nasi Goreng Kebuli Ayam Sederhana Ala Rumahan

Ada banyak resep nasi goreng kebuli yang tersedia di internet, dengan berbagai pilihan seperti kambing, daging sapi dan lainnya. Namun ada beberapa orang yang lebih menyukai ayam daripada daging kambing atau daging sapi tersebut. Sehingga dalam artikel ini akan dibahas cara membuat nasi kebuli ayam yang sederhana dan cocok untuk acara keluarga.

Resep Nasi Goreng Kebuli Ayam Sederhana Ala Rumahan

Pada umumnya nasi kebuli memang dimasak dengan daging kambing yang muda untuk memberikan tekstur lembut. Atau bisa juga menggunakan daging sapi agar rasanya menjadi semakin lezat. Namun bukan berarti nasi kebuli tidak bisa menggunakan daging ayam. Meski daging ayam lebih ekonomis nyatanya olahan ini lebih fleksibel, karena bisa disajikan secara terpisah atau disuir untuk dicampur dengan nasi kebuli.

Bahan Membuat Nasi Goreng Kebuli Ayam 

Kali ini akan dibahas cara membuat nasi kebuli ayam yang disajikan secara terpisah. Simak berikut bahan-bahan untuk nasi kebuli dan untuk ayam bumbu kebuli. Resep ini dapat disajikan untuk 4 orang dan bisa dimasak dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

  • Cuci bersih beras 500 gram;
  • Potong-potong daging ayam sesuai keinginan atau gunakan 700 gram saja;
  • Siapkan ketumbar bubuk sekitar 2 sdm;
  • Siapkan jintan, pala, cengkih dan kayu manis 1 sdt;
  • Kapulaga 6 butir;
  • Bumbu penyedap rasa dua bungkus;
  • Minyak samin cukup 3 sdm;
  • Garam dan merica putih bubuk ½ sdt;
  • Serai 1 batang;
  • Kurma yang sudah dibuang bijinya dan dipotong-potong sebanyak 100 gram;
  • Air 1 liter; dan
  • Bumbu halus berupa minyak 2 sdt, 10 butir bawang putih dan bawang merah, dan jahe berukuran 3 cm.

Cara Membuat Resep Nasi Goreng Kebuli Ayam Ala Rumahan

Karena kali ini akan membuat resep nasi kebuli dan daging ayam secara terpisah, maka proses pembuatannya juga akan terpisah. Berikut ini cara membuat nasi goreng kebuli ayam yang dapat dibuat sendiri dirumah dan sederhana :

1. Siapkan Wajan

Hal pertama yang akan dilakukan adalah menyiapkan wajan. Kemudian memanaskan minyak untuk menumis bumbu halus yang sudah dihaluskan dengan sempurna. Setelah bumbu ditumis dan mengeluarkan harum, masukkan rempah-rempah yang akan menambah rasa masakan. Di antaranya cengkih, kapulaga, pala, jintan, kayu manis dan ketumbar.

2. Masukan Ayam

Setelah semua bumbu halus dan rempah ditumis hingga matang dan mengeluarkan bau harum yang lezat. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong kecil dan dibersihkan dari kotoran dan darah sebelumnya. Kemudian masukkan air dan bumbu penyedap rasa. Lalu masak daging sampai menjadi empuk dan bumbunya menyerap.

3. Masak Nasi Kebuli

Untuk nasi kebuli bisa dimasak dengan menggunakan wajan atau wadah penanak nasi. Tumis nasi dengan menggunakan minyak samin. Lalu masak nasi sebentar agar tercampur dengan minyak samin, baru tambahkan merica, serai dan garam. Masukkan air rebusan ayam yang tadi dimasak untuk memberikan rasa gurih pada nasi.

Kemudian masak nasi sampai air rebusan ayam menyerap dan membuat nasi menjadi lebih lezat. Jika sudah kukus  dalam penanak nasi sampai matang sempurna dan siap untuk disajikan.

4. Goreng Ayam

Setelah ayam dimasak dan menyerap bumbu, kemudian goreng ayam agar lebih enak dan crispy. Gorenglah ayam sampai kecoklatan dan jangan sampai terlalu matang. Baiknya lagi gunakan api kecil agar dapat menggoreng ayam dengan kematangan yang pas.

 5. Sajikan Nasi Kebuli Dengan Ayam

Setelah nasi kebuli matang dan siap dimakan, sajikan nasi pada piring, kemudian tambahkan ayam yang sudah ditiriskan sebagai pendamping nasi. Boleh juga ditambahkan bahan pelengkap seperti taburan bawang goreng dan acar.

Sebenarnya cukup mudah untuk membuat resep nasi goreng kebuli ayam ala rumahan yang cocok untuk sajian acara keluarga ini. Memang, dari segi bumbu, nasi kebuli membutuhkan banyak sekali rempah-rempah yang digunakan sebagai penyedap alaminya. Namun justru itu yang membuat ciri khas rasa pada nasi kebuli begitu istimewa.