Inilah Resep Mie Gacoan Rumahan yang Sangat Lezat!

Siapa yang tidak pernah makan mie gacoan? Salah satu makan siap saji yang banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat. Menyajikan olahan mie dalam tiga varian yaitu mie angel, mie setan dan mie iblis. Resep mie gacoan dari pembuatan kedua mie tersebut sebenarnya sangatlah simpel dan mudah.

Inilah Resep Mie Gacoan Rumahan yang Sangat Lezat!

Mengarah pada penjualan makanan pedas-pedas membuat mie gacoan menyediakan beberapa level kepedasan. Bagi para kalangan yang tidak suka pedas juga dapat memesan mie angel maupun tanpa cabai. Membuat berbagai jenis mie ini sebenarnya sangat mudah, seperti tahap berikut ini:

Membuat Mie Iblis

Salah satu menu best seller yang banyak dibeli oleh konsumen yaitu mie iblis. Sebenarnya untuk membuat mie jenis ini sangatlah mudah dan cepat. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Mempersiapkan Kebutuhan

Tahap awal yang perlu dilaksanakan untuk mie iblis yaitu mempersiapkan semua kebutuhan memasak. Resep mie gacoan ini terdiri dari bahan-bahan berupa mie, bawang putih dan merah. Jangan lupakan cabai rawit dan merah besar, kecap, saos tiram dan lada.

Untuk proses perebusan mie hanya membutuhkan bahan berupa air. Bahan-bahan seperti bawang dan cabai kemudian di ulek hingga halus. Hal tersebut dilakukan agar saat proses penggorengan mie bumbu tercampur merata.

2. Perebusan Mie

Mie yang telah disiapkan tadi kemudian direbus selama kurang lebih 3 menit. Hal tersebut tergantung pada masing-masing selera. Jika menginginkan tekstur yang tidak lembek maka jangan terlalu lama dalam proses perebusan. Tiriskan mie dengan saringan dan letakkan pada piring. Berikut sedikit minyak pada mie dan aduk agar tidak saling menempel.

3. Proses Penggorengan Mie

Untuk menambah cita rasa pada mie maka lakukanlah proses penumisan bahan halus yang telah disiapkan. Berikan lada, saos tiram dan kecap agar rasanya semakin enak. Masukkan mie setelah bahan-bahan tadi harus. Aduk merata dan jangan goreng terlalu lama agar tidak gosong. Tingkat kepedasan mie dan manis mie dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sajikan pada piring dan tambahkan beberapa makanan lain seperti sosis goreng maupun siomay. Hal tersebut dilakukan agar makanan yang dimakan lebih bergizi. Boleh juga menambahkan selada maupun sayuran lain sebagai sumber serat pangan.

Membuat Mie Setan

Jenis mie gacoan lainnya yang juga banyak diminati oleh kalangan remaja dan dewasa yaitu mie setan. Mie putih dengan tingkat kepedasan yang sangat menggugah selera. Resep mie gacoan satu ini tidak kalah cepat dari sebelumnya, seperti ini tahapnya:

1. Menyediakan Kebutuhan Memasak

Kebutuhan memasak dari pembuatan mie setan rumahan ala gacoan yaitu bawang putih dan merah, cabai, dan minyak wijen. Cabai yang dimasak disesuaikan dengan tingkat kepedasan yang disukai masing-masing. Haluskan bahan seperti bawang putih dan cabai rawit.

Cabai rawit sebelum diulek tidak lupa untuk direbus terlebih dahulu. Bawang putih yang telah dihaluskan kemudian ditumis bersama dengan ayam rebus cincang. Tambahkan perasa agar rasa ayam semakin enak.

2. Perebusan Mie

Seperti cara sebelumnya mie yang ingin dimakan direbus terlebih dahulu. Tekstur mie dapat disesuaikan dengan selera masing-masing masyarakat. Jika tidak ingin tekstur terlalu lembek maka rebus kurang lebih selama 2-3 menit saja. Tiriskan mie pada saringan.

3. Peracikan Mie dan Bumbu

Siapkan mangkuk atau piring kemudian masukkan bumbu seperti garam, merica, 2 sdm minyak ayam dan 1 sdm minyak wijen. Aduk hingga merata bumbu tersebut. Masukkan mie pada bumbu dan letakkan cabai halus tadi kemudian aduk kembali hingga semuanya merata.

Tambahkan ayam cincang yang telah dimasak tadi sebagai topping. Pemberian sayuran hijau seperti selada juga dapat dilakukan agar kandungan gizi mie semakin komplit.

Telah diketahui resep mie gacoan best seller yang banyak digemari masyarakat. Memasak sendiri di rumah ala gacoan dengan mudah dan cepat. Setiap topping yang akan diberikan juga dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Hasil pun tidak akan kalah dengan yang dijual di restoran.