Resep Mie Aceh Goreng yang Enak Sederhana

Siapa yang tidak kenal dengan menu mie Aceh? Salah satu menu kuliner nusantara yang banyak disukai oleh masyarakat baik lokal maupun pendatang dari mancanegara. Tetapi, tahukah bagaimana resep mie aceh goreng yang enak? Jika belum, maka baiknya perhatikan saja ulasan asyik yang dihadirkan di bawah ini dengan seksama!

Resep Mie Aceh Goreng yang Enak Sederhana

Resep Mie Aceh Goreng Enak Sederhana

Untuk membuat mie Aceh goreng yang enak, tentu harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berupa dua kelompok bahan yang terdiri atas:

1. Bahan Utama untuk 5 Porsi

Ini merupakan komponen utama yang wajib ada dalam olahan mie goreng aceh. Yakni terdiri atas sejumlah isian yang dirincikan berikut ini:

  • 400 gram mie basah;
  • 150 gram daging sapi;
  • 150 gram udang;
  • 100 gram toge;
  • 100 gram kol;
  • 1 liter air;
  • Daun bawang dan seledri secukupnya; serta
  • 3 sdm minyak goreng.

2. Bumbu Halus

Lalu, selain bahan utama di atas, maka ada bahan-bahan untuk membuat bumbu halusnya. Yaitu, berupa bahan bahan dapur  sederhana yang terdiri dari:

  • Bawang merah sebanyak 4 siung ukuran besar;
  • 3 siung bawang putih ukuran besar;
  • Cabe merah besar sebanyak 3 buah;
  • Kunyit bubuk 1 sdm;
  • Merica, jintan dan garam seperlunya ; dan
  • Cuka secukupnya.

Cara Membuat Mie Aceh Goreng

Setelah mengetahui bahan-bahan yang akan digunakan, maka selanjutnya adalah proses pembuatan mie Aceh. Proses pembuatan mie Aceh sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang sangat lama. Yaitu, cukup dengan mengikuti instruksi kerja praktis  di bawah ini:

1. Rebus Daging dan Udang

Langkah pertama dalam membuat mie Aceh goreng adalah merebus daging sapi dan udang. Perebusan daging sapi membutuhkan waktu yang agak lama hingga didapatkan daging yang empuk. Oleh sebab itu merebus daging sapi dilakukan lebih dulu, supaya didapatkan daging sapi yang empuk dan tidak alot.

Caranya, siapkan panci di atas kompor. Masukkan air sebanyak 1 liter, nyalakan api kompor. Tunggu hingga air mendidih. Lalu masukkan potongan daging sapi dan udang, dan tunggu selama 10 menit atau sampai daging dan udang dirasa cukup empuk. Apabila daging dan udang sudah empuk, bisa diangkat lalu ditiriskan.

2. Siapkan Bahan

Sambil menunggu daging sapi direbus, alangkah baiknya menyiapkan bahan lain yang dibutuhkan. Cucilah semua bahan utama yang akan digunakan. Kemudian masukkan bahan-bahan bumbu halus ke dalam chopper, lalu haluskan. Namun bila tidak punya chopper, bisa juga menggunakan ulekan untuk menghaluskan bumbu, meskipun butuh tenaga ekstra dan hasilnya tidak sehalus menggunakan chopper.

3. Tumis Bahan

Langkah ketiga dari resep mie Aceh goreng adalah menumis bahan-bahan. Panaskan wajah di atas kompor dengan api sedang. Kemudian, masukkan 3 sdm minyak goreng untuk menumis. Jika sudah dirasa panas, masukkan bumbu halus ke dalam wajan. Kemudian aduk sampai rata dan tunggu hingga harum.

Setelah itu, jika bumbu sudah harum, masukkan sayur kol dan masak hingga layu. Lalu, masukkan mie basah , daun bawang, seledri dan juga cuka ke dalam tumisan. Aduk hingga merata. Tambahkan daging sapi dan udang yang sudah direbus sebelumnya. Aduk kembali hingga semua bahan dan bumbu menyatu.

4. Lakukan Plating

Terakhir, jika sudah matang dan mengeluarkan aroma yang harum, matikan kompor. Lalu letakkan mie Aceh goreng di atas piring dengan rapi. Taburkan bawang goreng, seledri ataupun ketimun sebagai garnish. Tambahkan juga emping goreng apabila suka. Mie aAeh goreng pun siap disantap selagi panas.

Itulah resep mie Aceh goreng yang enak serta mudah dibuat. Untuk bahan pelengkap atau tambahan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Selain itu, jumlah bahannya juga dapat diubah sesuai dengan jumlah porsi yang ingin dibuat.