Resep Matcha Latte Istimewa Ala Kafe

Ingin mendinginkan cuaca panas atau menghangatkan hari yang dingin? Cobalah untuk membuat resep matcha latte yang lezat dan segar. Minuman yang cocok dalam segala suasana tersebut memang sedang ramai di media sosial. Dan menjadi menu wajib yang ada di cafe. Tapi cobalah meraciknya sendiri dengan bahan-bahan yang ada di toko.

Resep Matcha Latte Istimewa Ala Kafe

Bahan dan Alat Membuat Matcha Latte Ala Kafe

Tidak perlu jauh-jauh ke tempat nongkrong kekinian atau kafe. Karena sekarang matcha latte sudah bisa dibuat sendiri di rumah. Tapi sebelum itu, siapkan dulu bahan-bahan dan alat yang diperlukan untuk membuatnya. Pada penjelasan ini akan dituturkan dua bahan, yakni utama juga yang menjadi hiasan (garnish). Bacalah uraiannya:

1. Bahan Utama Matcha Latte

Untuk membuat matcha latte porsi satu gelas ini ada 5 bahan utama yang perlu didapatkan terlebih dahulu. Yang pertama tentunya adalah 2 sendok teh bubuk matcha atau yang biasa disebut juga dengan bubuk green tea. Bahan tersebut menjadi yang paling pokok dan penting. Matcha powder jugalah yang dipakai di berbagai cafe kekinian.

Siapakah juga susu fullcream yang cair sebanyak 1 cup, boleh merek apa saja sesuai selera. Jangan lupa sediakan gula pasir yang disesuaikan dengan tingkat kemanisan. Diperlukan pula sirup vanilla sebanyak 1 sendok teh saja. Dan yang terakhir, panaskan air sampai mendidih. Untuk ini sedikit saja sebab tidak membutuhkan banyak air panas.

2. Garnish

Sesuai namanya, Matcha Latte Ala Kafe, tentu tidak lengkap rasanya jika tanpa hiasan di atasnya. Meskipun untuk konsumsi sendiri tidak masalah membuat garnish agar tampilannya lebih kece dan tidak kalah dengan yang dijual di cafe. Sehingga bisa diambil gambarnya dan diunggah ke sosial media. Untuk membuat hiasan, gunakan sedikit saja matcha powder.

3. Alat yang Dibutuhkan

Tidak butuh peralatan macam-macam ketika ingin mencoba resep matcha latte ini. Siapkan blender untuk mencampur bahan secara merata. Tapi jika tidak ada, alternatifnya bisa memakai alat kocok (whisk). Jangan lupa pula menyiapkan gelas saji berikut sedotannya agar tampilannya estetik.

Cara Membuat Matcha Latte Ala Kafe

Kalau semua bahan dan alat di atas sudah berhasil disiapkan, maka sekarang adalah saatnya membuat matcha latte yang segar. Langkah-langkah yang harus dilakukan terbilang sangat sederhana, yakni cukup dengan mengikuti sejumlah instruksi kerja yang diterangkan di bawah ini secara runut!

1. Campur Bahan Utama

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mencampur bahan-bahan utama ke dalam suatu wadah. Masukkan 2 sendok teh bubuk matcha dan sirup vanilla. Tambahkan gula yang manisnya bisa menyesuaikan selera. Jangan lupa untuk menambahkan 4 sendok makan air yang telah dididihkan ke dalamnya. Hal ini untuk membuat semua bahan bisa larut.

2. Panaskan Susu Cair

Sekarang masak susu fullcream cair di panci. Tapi jangan sampai mendidih, panaskan hingga muncul uap. Setelahnya masukkan ke dalam whisk dan kocok sekira susu tersebut sedikit memunculkan busa. Selanjutnya tinggal tuang susu dan matcha ke gelas saji. Jangan lupa beri garnish di atasnya. Kalau ingin dingin tinggal tambahkan es balok.

Itulah resep matcha latte yang bisa menemani waktu bersantai. Rasanya dijamin segar dan tidak kalah dengan yang ada di kafe. Meskipun hanya di rumah tetap bisa kekinian, bukan? Lantaran minuman yang dapat dinikmati dalam segala suasana ini memang cocok untuk melegakan hati para kaum yang sedang risau soal perasaan.