Resep Kue Lumpur Super Lezat

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Kue Lumpur_Bahan utama dari resep kue lumpur yang biasanya dibuat adalah tepung terigu, kentang dan telur. Kue yang biasanya ditemui sebagai jajanan pasar di mana Anda biasa menemuinya hampir di seluruh Indonesia. Jajanan satu ini sangat khas dengan topping kismis di atasnya sebagai pemanis.

Resep Kue Lumpur Super Lezat

Kue ini disebut-sebut dibawa langsung oleh bangsa Portugis pada saat menjajah Indonesia. Nama versi Portugis dari jajanan satu ini yaitu pasteis de nata, pada saat itu bahan utama yang digunakan adalah custard, keju, dan susu. 

Jajanan pasar ini sangatlah cocok untuk Anda yang suka berkreasi di dapur, dan untuk mengisi waktu luang saat di rumah. Dengan bahan yang mudah didapatkan disekitar Anda dan cukup mudah untuk dibuat, resep kue lumpur berikut ini sangat diminati oleh penggemar kreasi dapur.

A. Bahan-Bahan untuk Pembuatan Kue Lumpur

Ada beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kue lumpur, di antaranya :

  1. Tepung terigu 200 gram
  2. Vanili bubuk 1/4 sendok teh
  3. Garam 1/4 sendok teh
  4. Telur 4 butir
  5. Air 200 ml
  6. Kentang 150 gram
  7. Gula pair 100 gram, bisa ditambahkan untuk hasil lebih manis
  8. Margarin 50 gram
  9. Santan 300 ml
  10. Irisan kismis secukupnya untuk topping

B. Cara Membuat Kue Lumpur yang Lezat

1. Pertama-tama Anda harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti cetakan kue lumpur, kocokan, baskom dan garpu.

2. Jika alat-alat di atas sudah dipersiapkan, selanjutnya olah bahan-bahan yang sudah dipersiapkan sesuai resep. Yang pertama adalah kentang, bersihkan kentang menggunakan air bersih agar tanah atau kotoran yang menempel hilang.

3. Setelah itu kupas dan potong-potong kentang, potong asal tapi pastikan akan memudahkan Anda untuk mengolahnya. 

4. Rebus air dan kemudian masukkan kentang ke dalam rebusan tersebut. Rebus hingga matang merata. Setelah terasa matang, hancurkan kentang hingga halus dan tidak lengkat, sisihkan.

5. Cairkan margarin dan taburi garam. Setelah mencair tambahkan tepung terigu dan aduk sampai adonan menjadi kalis. Angkat dan sisihkan.

6. Masukkan bahan utama dari resep kue lumpur ini yaitu kentang ke dalam adonan tersebut dan bahan lainnya seperti gula pasir, bubuk vanila. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur secara merata.

7. Kemudian masukkan telur satu per satu perlahan-lahan sambil diaduk. Pastikan adonan tercampur dengan baik.

8. Panaskan cetakan yang sudah dipersiapkan sebelumnya dengan api kecil. Jangan lupa olesi cetakan dengan margarin agar nantinya tidak kue tidak menempel di cetakan dan mudah dikeluarkan. 

9. Tuang adonan ke dalam cetakan, tunggu sampai setengah matang. Berikan irisan kismis di atas kue yang masih setengah matang.

10. Masak kembali hingga matang sempurna, dengan tanda warna lebih coklat. Kue lumpur sudah bisa Anda nikmati.

Untuk topping sendiri, bisa ditambahkan keju parut, potongan coklat sesuai keinginan Anda. Mudahnya membuat jajanan satu ini menyebabkan kue ini sangat digemari. Banyak sekali yang Anda bisa kreasikan dengan resep kue lumpur ini, adonan utama kentang bisa diganti dengan ubi ungu, labu atau bahan lainnya.