Resep Kue Kembang Goyang/Antari yang Renyah dan Bikin Lidah Bergoyang

 Cara Membuat Kue Kembang Goyang_Resep kue kembang goyang banyak dicari karena tekstur renyah yang dimilikinya. Bukannya tidak mau membeli, Anda pasti kesulitan mencarinya di supermarket atau pun pusat perbelanjaan sejenis. Kesulitan tersebut sangat wajar mengingat kue ini merupakan makanan tradisional dengan pelestarian yang sangat minim.

Resep/Cara Membuat Kue Kembang Goyang

Walaupun sulit ditemukan, cara membuatnya sendiri sangat mudah. Resep kue kembang goyang sangat mudah ditemukan di pasaran. Bahkan kebanyakan dari resep-resep tersebut biasa ditemukan di dapur. Selain itu, terdapat kelebihan lain ketika sebuah makanan dibuat sendiri.

Peralatan dan Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatannya

1. Biji wijen 100 gr

2. Vanili bubuk 1 sendok teh

3. Garam halus 1 sendok teh

4. Telur 2 butir

5. Santan 800 ml

6. Gula pasir 200 gr

7. Tepung beras 200 gr

8. Tepung tapioka 300 gr

9. Tepung terigu (Usahakan tepung dengan protein sedang) 300 gr

Kebutuhan alat dalam pembuatan makanan ini sebenarnya cukup umum. Namun untuk peralatan khususnya, pastikan sudah memiliki cetakan pembuat kembang goyang. Tanpa cetakan ini, resep kue kembang goyang tidak akan bisa diselesaikan. Karena, proses pembentukannya tidak bisa dibuat sendiri tanpa menggunakan cetakan tersebut.

Langkah-Langkah Membuat Kue Kembang Goyang

1. Siapkan seluruh kebutuhan alat dan bahan lalu simpan di dekat tempat pembuatan!

2. Ambil gula dan telur lalu campurkan dengan cara mengocoknya hingga kedua bahan tersebut rata sempurna!

3. Ambil tepung terigu, vanili, dan juga garam. Masukkan ke dalam adonan sebelumnya secara perlahan hingga semua bahan tersebut tercampur secara menyeluruh!

4. Campurkan santan ke dalamnya hingga tekstur gerindilan dalam adonan hilang dan berubah menjadi kental!

5. Ambil biji wijen dan campurkan ke dalam adonan tersebut hingga merata!

6. Panaskan minyak menggunakan api dengan kepanasan sedang. Usahakan untuk memanaskan minyak dengan jumlah yang bisa menenggelamkan adonan!

7. Masukkan cetakan ke dalam minyak hingga setiap bagiannya telah tertutupi oleh minyak tersebut!

8. Celupkan cetakan ke dalam adonan dan masukkanlah adonan dari cetakan tersebut ke dalam minyak. Saat proses ini, goyang-goyanglah cetakan agar teksutrnya bisa seperti kue kembang goyang di pasaran!

9. Tunggu hingga adonan berubah menjadi cokelat dan mengeras. Jika sudah, ambil dari minyak panas, lalu tiriskan, dan kembang goyang siap untuk dihidangkan!

Saat proses penggorengan, pastikan minyak telah mencapai panas yang dibutuhkan. Jika panasnya belum sesuai, besar kemungkinan penggorengan akan gagal sehingga kerenyahan kembang goyang juga tidak seperti harapan awal. Pastikan juga resep kue kembang goyang di atas telah diikuti secara sempurna agar prosesnya bisa lebih mudah.

Itulah Resep dan Cara Membuat Kue Kembang Goyang. Semoga bermanfaat.