Resep Klapertart Paling Nikmat

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Kue Klapertart_Klapertart adalah makanan yang banyak disukai, namun tidak banyak yang mengetahui tentang resep klapertart. Klapertart merupakan dissert yang berasal dari Manado. Dengan berbahan dasar krim, kelapa muda, serta telur. Nama terkesan western tersebut memang asalnya adalah Belanda, namun kini menjadi terkenal dan populer di Manado.

Resep Klapertart Paling Nikmat

Bagi orang Manado dengan kehadiran kue klapertart mungkin adalah hal biasa dijumpai. Terlebih dengan bahannya yang cukup sederhana, maka tidak sedikit memang yang menjual kue ini di berbagai tempat di Manado. Bahkan orang luar Manado sekalipun dapat juga mencoba resep tersebut.

Jika Anda bukan merupakan orang asli Manado, namun ingin merasakan kue cukup terkenal ini, kami akan membagikan bagaimana resep klapertart untuk menghasilkan kue klapertart yang lezat, legit, serta lembut dan dijamin akan ketagihan mencicipi makanan tersebut.

A. Bahan Vla Custard dan Meringue

Anda bisa membuat kue klapertart ini dengan memisahkan dua bahan, yakni bahan untuk membuat Vla custardnya, dan satunya bahan untuk membuat meringue. Kedua komponen tersebut terdiri dari bahan mudah ditemukan, berikut bahan selengkapnya :

  1. 350 ml susu 
  2. 2 kuning telur
  3. 1 sdt vanili
  4. ¼ sdt garam
  5. 250 ml air kelapa muda
  6. 80 gr gula 
  7. 200 gr kelapa muda (dipotong kecil-kecil)
  8. 55 gr maizena
  9. Kismis sesuai selera
  10. Almond secukupnya
  11. Kayu manis bubuk
  12. 2 sdm butter/margarin

Sedangkan untuk membuat maringue, bisa menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :

  1. 1 sdm gula putih
  2. 2 putih telur
  3. 1 sdt vanilla essence
  4. ½ sdt cream of tartar

Berikut bahan-bahan yang dapat Anda buat menjadi kue klapertart yang lezat, nikmat, dan lembut tentunya. Meskipun dengan bahan-bahan yang terkesan sederhana, namun jika telah selesai dan mengikuti resep klapertart dengan benar, maka akan menyajikan kue dengan rasa mewah.

B. Cara Memasak Kue Klapertart

Di atas telah dijelaskan mengenai komponen bahan yang diperlukan. Jika telah selesai menyiapkan semua bahan tersebut, maka dapat langsung melanjutkan untuk mulai membuat kue klapertart. Berikut mengenai cara-cara untuk membuat kue klapertart itu sendiri :

1. Air kelapa muda, kuning telur, susu, vanili, garam, serta tepung maizena dicampurkan jadi satu. Ketika selesai dicampur dan diaduk, kemudian disaring.

2. Susu dan gula yang masih tersisa kemudian direbus, lalu adonan campuran yang telah disaring tadi dimasukkan ke dalam rebusan susu dan gula. Masak dengan api sedang saja.

3. Setelah itu, kismis, kelapa muda, dan almond dimasukkan. Lalu aduk sampai rata

4. Ketika bahan telah tercampur, masukkan adonan ke dalam cup alumunium foil.

5. Untuk membuat maringue dengan memasukkan gula, putih telur, cream of tartar, serta vanili ke dalam mixer hingga mengeluarkan busa. 

6. Setelah adonan maringue tersebut jadi, tuang ke dalam adonan vla yang telah berada di alumunium foil. Kemudian beri toping sesuka hati.

7. Klapertart siap dipanggang dalam loyang yang telah diisi air. Proses pemanggangan tersebut sekitar 15 menit. Jika telah matang, maka siap dihidangkan.

Kue klapertart tersebut siap disajikan bersama minuman favorit. Seperti dengan teh, susu, bahkan kopi. Rasa yang dihasilkan juga lezat, legit, dan lembut. Kue tersebut dapat disuguhkan untuk menemani bercengkrama dengan keluarga, dengan mempraktikkan resep klapertart telah dijelaskan sebelumnya.