Resep Jengkol Balado Enak, Empuk, dan Tidak Bau

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Memasak Jengkol Balado_Memiliki hobi memasak tentu sangat menyenangkan, Anda bisa mencoba salah satu resep jengkol balado terenak yang perlu dicoba sebagai menu di rumah. Resep ini tentunya menjadi rekomendasi bagi Anda pecinta jengkol, di mana sensasi pedasnya dijamin bikin Anda ketagihan.

Resep Jengkol Balado Enak, Empuk, dan Tidak Bau

Jengkol balado merupakan salah satu olahan menu jengkol yang enak dan sederhana. Hidangan ini sangat cocok dimakan bersama dengan nasi yang hangat. Rasanya yang nikmat tentu dapat memanjakan lidah Anda, terutama dengan sensasi pedasnya. Bagi Anda pecinta pedas, bisa coba mengolah menu jengkol ini.

Adapun cara membuatnya sendiri pastinya sangat mudah, Anda perlu mempersiapkan terlebih dahulu semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Di mana bahan-bahan tersebut bisa Anda jumpai di pasaran, pastinya dengan harga terjangkau. Bagi Anda yang suka makan jengkol, resep ini bisa Anda coba sendiri di rumah! 

A. Bahan-Bahan Membuat Jengkol Balado

Membuat jengkol balado sangatlah mudah, Anda bisa melengkapi bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu sebelum mulai memasak. Berikut ini resep jengkol balado dengan beberapa bahan yang diperlukan, di antaranya: 

Bahan-Bahan:

1. 250 gram jengkol

2. 1 cm lengkuas yang sudah dimemarkan

3. 1/2 batang serai yang sudah dimemarkan

4. 50 ml air

5. 1 sdm kopi bubuk

6. 1 helai daun salam

7. Minyak secukupnya

8. Garam secukupnya

9. Gula secukupnya

Bahan Bumbu Halus:

1. 10 buah cabai rawit

2. 1/2 bagian tomat merah

3. 3 buah cabai merah

4. 3 siung bawang putih

5. 5 siung bawang merah

B. Cara Membuat Jengkol Balado Enak dan Praktis

Bagi Anda yang suka sekali makan jengkol, resep jengkol balado yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Selain pedas, rasanya juga enak dan cocok disantap dengan nasi hangat. Berikut ini cara mudah membuat jengkol balado ala rumahan yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Rebus Jengkol dengan Kopi Guna Menghilangkan Baunya!

Pertama, Anda perlu mempersiapkan panci yang sudah diisi air terlebih dahulu. Selanjutnya, rebus air hingga mendidih. Sebelum jengkol dimasukkan ke dalam rebusan air, kupas dan memarkan terlebih dahulu. Setelah itu, bisa masukkan jengkol bersama dengan kopi ke dalam rebusan air, masak jengkol hingga empuk.

2. Haluskan Bumbu, Lalu Tumis hingga Matang!

Cara kedua, Anda perlu blender atau ulek bumbu halus sebelum ditumis. Anda bisa menyiapkan wajan berisi minyak terlebih dahulu, kemudian panaskan. Setelah itu, Anda bisa menuangkan bumbu halus ke dalam minyak yang sudah dipanaskan tadi. Lalu, oseng-oseng  bumbu hingga beraroma harum. Tambahkan juga daun salam, lengkuas, dan serai. Kemudian, aduk kembali hingga merata.

3. Tambahkan Jengkol, Lalu Masak hingga Matang dan Beraroma Harum!

Cara terakhir mengolah jengkol balado yaitu menambahkan jengkol ke dalam tumisan bumbu tadi, kemudian aduk hingga merata. Jika sudah diaduk merata, silakan tuang air secukupnya lalu beri garam dan juga gula. Biarkan jengkol hingga matang, serta kuahnya berkurang supaya bumbu dapat lebih meresap. 

Beberapa cara membuat jengkol balado beserta bahan-bahannya di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang suka makan jengkol. Jadi resep jengkol balado ini disimpan dalam daftar masakan Anda.