Resep Granola Bar yang Enak

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Granola Bar_Resep granola bar bisa menjadi terobosan untuk Anda yang ingin menyajikan menu camilan favorit bagi keluarga. Banyak orang yang mencoba untuk mengurangi konsumsi gula agar berat badan dapat terkontrol. Agar hasilnya lebih maksimal, gantilah cemilan instan dengan camilan lebih sehat.

Resep Granola Bar yang Enak

Granola bar merupakan jajanan atau cemilan sehat yang bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan utamanya adalah granola serta kacang-kacangan. Jajanan ini sangat kaya nutrisi dan cenderung menyehatkan. Tidak hanya itu, camilan sehat ini juga bisa membantu Anda menahan lapar sehingga pola makan juga bisa lebih dikontrol.

A. Bahan-bahan dalam Pembuatan Granola Bar

Bagaimana cara untuk membuat camilan ini? Untuk mempraktikkan resep granola bar, maka persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, sebagai berikut.

1. Granola 200 gram

2. Kacang tanah 2 genggam

3. Kacang almond 1 genggam

4. Chocochips 1 genggam

5. Brown sugar 3 sendok makan

6. Madu 3 sendok makan

7. Unsalted butter 100 gram

8. Garam sejumput

Selain beberapa bahan di atas, Anda juga bisa menambahkan bahan lain untuk dijadikan sebagai toping. Contohnya, buah kering dan sereal. Semua toping bisa digunakan sesuai dengan selera.

B. Cara Membuat Granola Bar

Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, ada 4 langkah mudah untuk membuat camilan sehat ini. Berikut 4 cara praktis untuk mempraktikkan resep granola bar di rumah.

1. Cincang kacang tanah dan kacang almond!

Sesuaikan ukuran cincangan kacang tanah serta almond sesuai dengan selera. Bentuk kacang-kacangan nantinya tidak akan berpengaruh pada hasil akhir camilan sehat ini. Anda bisa berkreasi sendiri untuk menghasilkan cincangan yang bagus.

Jika semua bahan sudah dicincang, campurkanlah dengan granola. Masukkan kacang cincang dan granola dalam Teflon. Sangrai semua bahan hingga garing dan kering. Tiriskan, dan sisihkan dalam wadah.

2. Campurkan semua bahan!

Selanjutnya, Anda bisa mencampurkan semua bahan hingga merata. Tambahkan dua genggam chocochips dalam wadah granola dan kacang sangrai, lalu sisihkan.

Dalam wadah berbeda, lelehkan butter, brown sugar, madu, dan garam. Aduk hingga merata. Campuran lelehan dalam wadah berisi adonan tadi. Aduk hingga merata. Dalam proses ini, chocochips dipastikan akan meleleh. Namun tenang saja, nantinya chocochips akan berperan sebagai lem untuk merekatkan semua adonan.

3. Masukkan semua adonan ke dalam loyang!

Siapkan loyang ukuran sedang dilapisi kertas roti. Masukkan semua adonan dalam Loyang dan taburi dengan satu genggam chocochips. Padatkan hingga adonan merata.

4. Masukkan dalam kulkas!

Langkah terakhir, masukkan adonan ke dalam kulkas hingga mengeras. Ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam. Keluarkan dan potong-potong sesuai selera. Granola bar yang lezat dan sehat siap untuk dihidangkan.

Ide membuat camilan lezat dan sehat ini menjadi terobosan menarik bagi siapa saja yang ingin mendapatkan jajanan sehat di rumah. Makanan ini bisa dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bahan-bahan mudah didapatkan sehingga Anda bisa mencoba mempraktikkan resep granola bar secepat mungkin.

Itulah Resep dan Cara Membuat Granola Bar. Semoga bermanfaat.