Resep Dalgona Coffee

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Dalgona Coffee_Mendengar kata dalgona coffee pasti sudah tidak asing lagi, dengan resep dalgona coffee yang telah banyak juga dijumpai di internet, menjadikannya sangat populer dalam beberapa bulan terakhir ini. Terutama bagi penggemar kopi dan susu.

Resep Dalgona Coffee

Keunikan dari kopi satu ini memang banyak mencuri perhatian bagi warga Indonesia, dengan sajian whipped coffee diatasnya. Karena biasanya kopi disajikan dengan whipped cream atau milkshake, namun pada kopi ini hadirnya whipped coffee sebagai toping justru menambah keunikan penampilannya.

Karena sudah menjadi minuman populer, dalam pembuatan dalgona ini tidak membutuhkan bahan-bahan aneh. Namun Anda hanya perlu mempersiapkan bahan berupa kopi bubuk, gula putih, susu cair, dan es batu. Yang mana bahan tersebut sangat mudah dijumpai dalam pembuatan resep dalgona coffee. 

A. Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kopi khas yang lezat, Anda perlu mempersiapkan beberapa bahan untuk mencoba membuatnya sendiri. Dengan menggunakan bahan-bahan berikut sebagai langkah awal dalam mempersiapkan membuat kopi unik ini.

Bahan yang dibutuhkan :

1. 2 sendok makan kopi bubuk

2. 125 ml susu cair

3. 2 sendok makan gula putih

4. 1 gelas es batu

B. Cara Pembuatan Dalgona Coffe

Jika bahan tersebut telah Anda peroleh, maka pembuatannya bisa langsung dimulai, ingat ikuti beberapa tahapan dan proses dalam membuat resep dalgona coffee agar bisa menghasilkan whipped coffee menjadi keunikan dalam kopi ini. 

1. Kopi bubuk dan gula masukkan ke dalam wadah seperti mangkuk kecil, lalu tambahkan air panas 2 sendok makan saja.

2. Aduk terus hingga mengembang agar menjadi whipped coffee. Untuk lebih cepat mengaduk, bisa menggunakan mixer. Jika tidak ada mixer bisa diganti dengan saringan teh.

3. Susu cair yang telah disiapkan dituang ke dalam gelas disertai dengan memasukkan es batu secukupnya. 

4. Setelah itu, whipped coffee yang telah jadi kemudian dimasukkan ke dalam susu cair.

5. Dalgona siap untuk dinikmati.

Asal Mula Penyebutan Dalgona

Sebutan dalgona diduga berasal dari suatu makanan tradisional yang ada di Korea Selatan yang berupa permen. Mungkin permen dalgona tersebut Anda kira terbuat dari bahan dasar kopi, padahal sebenarnya dalam permen dalgona tidak ada kandungan kopinya sama sekali. 

Sedangkan untuk penamaan dalgona sendiri diambil dari penampilan yang ada pada whipped coffeenya, karena bentuknya yang sama dengan tampilan pada permen dalgona yang ada di Korea. Keduanya memiliki persamaan dalam warnanya yang memiliki warna coklat muda serta teksturnya yang lembut. 

Selain itu, dalam penyajiannya kedua-duanya disajikan dalam bentuk lingkaran. Baik pada coffee Dalgona, maupun pada permennya. Maka tidak heran jika dinamakan dengan nama yang sama. Keduanya juga sama-sama memiliki rasa lezat tentunya.

Begitulah beberapa informasi mengenai kopi unik ini, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah maupun digunakan sebagai peluang bisnis. Karena dapat dikreasikan dengan menggunakan toping maupun susu dengan berbagai varian rasa sekalipun, sehingga resep dalgona coffee ini banyak dicari untuk mencoba membuatnya.