Istimewa, Inilah Resep Cumi Asin Sambal Ijo yang Patut Dicoba!

Makanan jenis seafood memang sangat digemari karena rasanya yang enak dan mengandung banyak gizi. Maka dari itu, banyak chef yang memberikan pengetahuan tentang cara memasak makanan seafood. Salah satu makanan seafood yang perlu dicoba untuk dibuat yaitu resep cumi asin sambal ijo. Simak penjelasan berikut ini mengenai resep-resep yang dibutuhkan:
Istimewa, Inilah Resep Cumi Asin Sambal Ijo yang Patut Dicoba!

1. Siapkan Bumbu Sambal Ijo

Sesuai dengan namanya yaitu sambal ijo, pertama tentu saja hal yang harus disiapkan yaitu cabe. Ada banyak cabe yang dibutuhkan agar tercipta rasa pedas yang lezat. Siapkan kurang lebih 10 cabe hijau rawit, kemudian cabe hijau keriting sebanyak 5 buah, serta agar lebih nikmat tambahkan kurang lebih 10 buah cabe hijau besar.

Selain itu, siapkan juga bumbu lainnya agar rasanya enak. Bumbu yang perlu disiapkan tidak banyak dan tidak sulit ditemukan. Kurang lebih siapkan bawang putih sekitar 2 siung, bawang merah 12 buah, dan tomat hijau sekitar 3 buah. Pastikan bumbu dan cabe yang disiapkan dalam kondisi fresh agar rasanya enak dan tampilannya menggugah selera.

2. Bersihkan Cumi Dan Rebus Sebentar

Cumi-cumi bisa diolah ke berbagai macam makanan, salah satu makanan yang terlezat yaitu cumi asin sambal ijo. Rasa makanan yang pedas dan gurih karena ada rasa asin-asinnya membuat makanan ini digemari. Selain itu, makanan ini juga memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh.

Cumi-cumi memiliki kandungan protein, kalsium, natrium, fosfor, beta karoten, dan berbagai vitamin seperti vitamin B12 dan vitamin E. Dengan kandungan tersebut, cumi-cumi mampu memperkuat kerangka tulang manusia, membentuk sel darah merah, dan bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Untuk bisa membuat makanan dari resep cumi asin sambal ijo, setidaknya dibutuhkan cumi asin sebanyak seperempat kilogram. Ukuran ini bisa membuat makanan menjadi 4 porsi. Hal yang pertama dilakukan yaitu siapkan cumi dan bersihkan dengan menggunakan air mengalir. Kemudian tiriskan kurang lebih 20 menit.

3. Rebus Semua Bumbu

Bumbu-bumbu yang disiapkan pada poin pertama tentu masih mentah. Agar matang, maka perlu direbus terlebih dahulu. Tidak perlu lama-lama, agar kandungan yang ada di dalam tomat, cabe, dan bumbu lainnya tidak rusak. Perebusannya hanya cukup sekitar 5 menitan saja. Kemudian segera tiriskan di atas alat penyaringan.

4. Ulek Semua Bumbu

Setelah bumbu-bumbu tersebut sudah direbus dan matang. Maka selanjutnya yaitu langkah pemrosesan menjadi sambal ijo. Caranya cukup mudah dan tradisional yaitu dengan menggunakan ulekan. Ulek semua bumbu tersebut hingga halus dan tambahkan gula dan garam agar rasa pedasnya pas sesuai selera.

Kalau bisa jangan gunakan mesin seperti blender pada saat proses pengulekan. Karena rasa dari bumbu yang diblender dengan di ulek akan terasa berbeda. Bumbu yang diblender akan lebih lembek daripada bumbu yang diulek, karena hasil dari proses ulek terkadang masih ada bumbu-bumbu yang sedikit kasar.

5. Tumis Cumi dan Campurkan Bumbu Sambal Ijo

Cumi yang sudah direbus tersebut, kemudian perlu ditumis agar lebih matang dan lebih renyah. Pada saat ditumis, gunakan minyak yang sedikit saja dan tidak perlu waktu yang lama. Jangan lupa untuk memasukkan bumbu sambal ijonya ke cumi tersebut hingga bumbu meresap merata.

Demikian resep cumi asin sambal ijo yang sangat direkomendasikan untuk dicoba dibuat di rumah. Sejatinya pengolahan makanan ini tidak sulit, karena bahan-bahannya mudah ditemukan. Terutama untuk orang yang tinggal di dekat pesisir atau sentra penjualan ikan laut.