Resep Coto Makassar

 Resep, Bahan-Bahan, dan Cara Membuat Coto Makassar_Sulawesi Selatan, provinsi yang mempunyai berbagai macam kuliner yang sangat terkenal di dalam maupun luar daerahnya seperti mencoba resep coto Makassar. Kuliner di daerah ini memang terkenal akan olahan daging dan cita rasa kuah yang digunakan. Hal itu membuat banyak orang tertarik untuk mencoba membuat coto Makassar.

Resep Coto Makassar

Selain coto Makassar, masakan yang terkenal lainnya seperti pallubasa dan konro. Biasanya sop konro menggunakan daging khususnya bagian iga, berbeda dengan pallubasa dan coto Makassar di mana kuliner ini menggunakan daging sapi biasa. Kuah pada pallubasa biasanya lebih kental dibandingkan dengan kuah pada coto Makassar.

Perbedaan lainnya adalah pallubasa menggunakan kelapa parut yang membuat makanan ini terasa lebih berisi dibandingkan dengan coto Makassar yang cenderung lebih ringan. Untuk menikmati pallubasa lebih cocok disantap dengan nasi sedangkan resep coto Makassar kali ini menggunakan buras atau yang biasa disebut lontong.

A. Bahan-Bahan Membuat Coto Makassar

  1. 500 gram daging sapi has dalam, potong dadu sesuai selera
  2. 1 cm lengkuas
  3. 3 lembar daun salam
  4. 2 batang serai
  5. 1 cm jahe
  6. 150 gram kacang tanah goreng tanpa kulit yang dihaluskan
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. 2 sendok makan kaldu sapi
  9. 2 liter air
  10. 3 sendok makan minyak

Bahan-Bahan Bumbu:

  1. 10 buah cabai merah
  2. 8 siung bawang putih
  3. 5 butir kemiri, sangrai terlebih dahulu
  4. 100 gram tauco
  5. 1 sendok makan ketumbar, sangrai terlebih dahulu
  6. 1 sendok makan gula merah

Bahan-Bahan Pelengkap:

  1. 4 buah lontong/buras siap makan
  2. Irisan seledri
  3. Irisan daun bawang
  4. Bawang goreng

B. Cara Membuat Membuat Coto Makassar

1. Langkah pertama pada resep coto makassar yaitu haluskan bahan-bahan bumbu seperti cabai merah, bawang putih, tauco, kemiri, ketumbar, dan gula merah.

2. Setelah itu panaskan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, beserta serai, daun salam, jahe, dan lengkuas hingga tercium bau harum. Masukkan daging sapi yang telah diiris dadu, aduk-aduk hingga warna daging berubah.

3. Kemudian tuangkan air, kaldu sapi dan masak hingga mendidih.

4. Tuangkan kecap manis dan kacang tanah goreng yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata dan angkat.

5. Sajikan coto makassar dengan bahan pelengkap seperti irisan daun bawang, bawang goreng dan lainnya. Nikmati dengan lontong/ buras akan menambah cita rasa asli coto makassar.

Mudah dan cocok untuk Anda yang ingin menikmati coto makassar di rumah, selain lebih menghemat Anda juga dapat menikmatinya bersama keluarga atau kerabat di rumah. Makanan ini pas untuk disajikan pada saat acara keluarga atau hanya untuk konsumsi sendiri.

Kombinasi kuah kaldu sapi dan kacang yang menjadi satu tidak dapat dipungkiri lagi kelezatannya. Walaupun Anda memerlukan usaha lebih untuk mempersiapkan bahan-bahan yang termasuk banyak, resep coto makassar ini akan dapat memudahkan Anda dalam membuat kuliner asli Sulawesi Selatan ini.