Resep Bakso Oseng Mercon Sederhana untuk Keluarga

Suka menikmati hidangan bakso oseng mercon yang banyak dijual di berbagai pusat kuliner? Mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri saja? Pasalnya, makanan lezat yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Penasaran dan ingin tahu informasi detailnya? Simak saja rekomendasi resep bakso oseng mercon sederhana dan lezat yang dihadirkan di bawah ini!

Resep Bakso Oseng Mercon Sederhana untuk Keluarga

1. Bakso Mercon Simple

Bahan yang diperlukan dalam  resep bakso oseng mercon ini adalah bakso sapi atau ayam sesuai selera. Lalu 20 cabe rawit, 10 cabe merah besar, 1 buah tomat sedang, 3 siung bamer, 1 siung baput. Selain itu, juga 2 buah kemiri, gula, garam, penyedap dan kecap secukupnya.

Cara membuatnya bakso direbus dulu sampai lunak. Kemudian, haluskan semua bahan seperti cabai, bawang, tomat dan kemiri. Tumis bahan yang sudah dihaluskan dan tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Setelah berbau harum dan matang, tambahkan bakso, kemudian tumis. Terakhir, tambahkan sedikit air dan oseng sampai matang dan bakso pun siap disajikan.

2. Bakso Mercon yang Banyak Dijual

Banyak penjual bakso mercon memakai resep ini, terdiri dari 15 buah bakso, kecap  2 sdm, daun salam dan daun jeruk masing-masing 2 dan 4 lembar, air, gula, lada, penyedap secukupnya. Untuk bumbunya 6 bamer, 1 cabai merah besar, 2 baput, 5 cabai merah keriting dan 12 cabai rawit merah.

Tumis semua bahan bumbu halus, lalu masukkan berurutan daun salam dan daun jeruk. Kemudian bakso, air dan kecap dimasukkan. Lalu tambahkan lagi dengan garam, lada, gula, penyedap. Bila sudah, koreksi rasanya, dan tunggu air sedikit menyusut, kemudian hidangkan.

3. Bakso Sosis Oseng Mercon

Resep bakso oseng mercon hampir sama, hanya ditambahkan 4 buah sosis sapi, 10 bakso,1 sdt kecap manis dan boleh pakai cabe bubuk bila suka. Bumbunya terdiri dari 1/2 bawang bombay, 1 tomat dipotong-potong, selembar daun salam, 1 lembar daun jeruk yang dirajang sampai halus, 1 ruas lengkuas, dan jahe yang digeprek. Selain itu ada lagi perasan jeruk limau, 5 merah keriting, 10 cabai rawit merah, 5 bamer, 3 bapu, 1 sdm gula aren. Jangan lupa pula, garam, lada, gula dan penyedap secukupnya.

Untuk cara memasaknya, mulai dengan haluskan bumbu-bumbu. Lalu potong bakso dan sosis. Panasi sedikit minyak. Tumislah bumbu halus sampai berbau wangi. Masukan baso dan sosis lalu tambahkan air lalu diaduk rata. Terakhir, tambahkan garam, kaldu bubuk, merica, cabe bubuk dan kecap manis. Agar sempurna, beri perasan air jeruk limau lalu diaduk rata lagi sampai meresap, dan hidangkan.

4. Bakso, Rolade dan Nugget Oseng Mercon

Untuk resep ini, sediakan 13 buah bakso, 10 nugget ayam yang sudah digoreng, rolade sesuai selera. Bumbunya ialah 8 baput, 4 bamer, 1 ruas kunyit, 25 cabai rawit, ketumbar, merica secukupnya, daun salam dan daun jeruk dua lembar. Selain itu, ada serai 1 batang , lengkuas dan jahe yang semuanya digeprek. Jangan lupa pula, 1/4 kg gula Jawa, minyak, penyedap, dan kecap manis.

Bila bahan siap, maka mulai dengan menghaluskan bumbu halus, geprek sere, jahe dan laos. Potong atau iris bakso, nugget dan rolade. Kemudian siapkan minyak, tumis bumbu rempahnya sampai harum. Setelah itu, tambahkan bakso, nuget, rolade sambil diaduk sebentar, sampai bumbu meresap. Terakhir tambah air beserta kecap dan penyedap, tunggu agak susut lalu sajikan.

5. Bakso Oseng Mercon Saus Tiram

Bila ingin membuat resep ini, maka siapkan saus tiram 2 sdm, 20 butir bakso, kecap manis 2 sdm, 100 ml air, 1 sdm minyak, bawang goreng, gula pasir, garam dan kaldu jamur sesuai selera. Bumbunya terdiri dari 25 cabe rawit, 1 baput, dan dua bamer.

Cara memasaknya blender bumbu halus, sisakan 10 cabe utuh, sembari membelah bakso jadi empat. Lalu panaskan minyak dan masukkan berbagai bumbu halus dan cabai lalu tumis sampai wangi. Masukkan bakso, tambahkan air, garam, gula lalu kaldu jamur, kecap dan saus tiram lalu aduk sampai air menyusut, matikan kompor. Tinggal taburi bawang goreng, lalu hidangkan.

Itulah tadi lima resep bakso oseng mercon sederhana yang praktis untuk dibuat di rumah. Bagaimana? Sudah siap untuk bereksperimen dengan sejumlah resep yang disajikan di atas? Segera saja, siapkan dulu semua keperluan bahannya!