Resep Baceman Bawang Putih Bumbu Penyedap Alami tanpa MSG

Makanan yang menggunakan bumbu penyedap atau MSG rasanya sudah pasti enak dan disukai banyak orang. Namun penggunaan MSG terlalu banyak tidak baik untuk tubuh. Salah satu alternatif pengganti MSG adalah baceman bawang putih. Baceman bawang putih ini cocok untuk berbagai macam makanan. Resep baceman bawang putih ini juga simple dan mudah untuk dibuat.

Resep Baceman Bawang Putih Bumbu Penyedap Alami tanpa MSG

Baceman bawang putih ini bisa dijadikan bumbu praktis saat memasak. Jadi ibu-ibu tidak perlu repot menyiapkan rempah dan bumbu dapur lainnya jika sedang malas memasak. Cukup gunakan baceman bawang putih ini sebagai penyedap rasa. Dan di bawah ini ialah cara membuat baceman bawang putih beserta proses penyimpanan dan pemakaiannya:

1. Sediakan Alat dan Bahan

Peralatan dan bahan pembuatan baceman bawang putih ini cukup sederhana. Bahannya terdiri dari 4 macam, yaitu 250 gr bawang putih, 5 buah kemiri, 400 ml minyak goreng dan 50 ml minyak wijen. Alat yang diperlukan adalah blender, wajan, ulekan, dan juga toples. Nantinya baceman bawang putih akan disimpan di dalam toples.

Saat menyiapkan alat dan bahan pastikan alat dan bahan tetap dalam keadaan kering. Karena baceman bawang ini bisa disimpan beberapa bulan. Agar hasil pembuatan baceman bawang putih ini tetap bagus dan tidak rusak saat penyimpanan, pastikan alat dan bahan tetap kering. Jika alat dan bahan basah bisa menimbulkan jamur pada baceman bawang putih.

2. Gunakan Bawang Putih yang Bagus

Salah satu kunci yang menjadikan resep baceman bawang putih enak dan membuat makanan jadi lebih enak adalah kualitas bawang putih. Jika saat pembuatan baceman bawang putih tidak berhasil, kemungkinan besar dikarenakan bawang putih sudah rusak. Oleh karena itu gunakan bawang putih yang baru dan masih segar.

3. Proses Pembuatan

Proses pembuatan baceman bawang putih ini tidak terlalu sulit. Dengan cara yang sederhana ini akan menghasilkan baceman bawang putih yang bisa digunakan di berbagai macam makanan. Berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan baceman bawang putih:

  • Kupas bawang putih, cuci bersih dan keringkan
  • Cuci bersih kemiri kemudian sangrai sampai matang
  • Haluskan kemiri yang sudah disangrai
  • Ulek kasar bawang putih, jangan sampai halus
  • Masukkan kemiri, bawang putih ke toples atau wadah penyimpanan lainnya
  • Tambahkan minyak goreng dan minyak wijen, aduk hingga rata
  • Tutup rata toples

4. Cara Penyimpanan

Setelah proses pembuatan maka baceman bawang putih harus disimpan terlebih dahulu selama 3 hari di suhu ruangan. Setelah didiamkan selama 3 hari maka baceman bawang putih sudah bisa dipakai untuk memasak. Baceman bawang putih ini sangat awet dan bisa bertahan lama, umumnya bisa digunakan selama 3 sampai 6 bulan.

Cara penyimpanan bawang putih ini bisa disimpan di suhu ruangan biasa, pastikan baceman bawang putih tidak terkena air. Baceman bawang putih bisa disimpan di kulkas agar lebih awet dan bisa bertahan bulan. Tapi semakin lama disimpan baceman bawang putih juga tidak enak, jadi sebaiknya digunakan dalam dua sampai tiga minggu saja.

5. Cara Pemakaian

Baceman bawang putih ini banyak digunakan sebagai bumbu penyedap beberapa makanan. Dengan menambahkan baceman bawang putih ini ke menu masakan akan membuat makanan memiliki rasa yang unik dan khas. Umumnya baceman bawang putih banyak ditemukan di makanan Chinese.

Beberapa makanan yang biasa menggunakan baceman bawang putih ini adalah nasi goreng, mi ayam, tumis sayur, ayam panggang dan masih banyak lagi. Intinya baceman bawang putih ini cocok untuk aneka makanan lainnya, bisa dicoba untuk pembuatan sup, tumis sayur, bakmi dan lainnya.

Itulah resep baceman bawang putih beserta cara penyimpanan dan pemakaiannya. Dengan cara yang simple ini sudah bisa dijadikan bumbu utama aneka macam masakan. Jadi tidak perlu repot menyiapkan bumbu masakan yang ribet, cukup gunakan baceman bawang putih sudah bisa membuat makanan jadi sedap.