Resep Ayam Hainan Rebus Lezat yang Ternyata Mudah dan Simpel

Salah satu makanan China yang populer di Indonesia ialah ayam hainan rebus. Rasanya yang gurih dan berbumbu khas, bisa menggugah selera siapa saja. Banyak yang menyangka bahwa pengolahan ayam hainan rebus itu sulit, namun ternyata malah sebaliknya. Berikut resep ayam hainan rebus lezat yang ternyata mudah dan simpel:

Resep Ayam Hainan Rebus Lezat yang Ternyata Mudah dan Simpel

1. Siapkan Bumbu Ayam Hainan Rebus dan Sausnya

Pertama siapkan dulu bumbu untuk ayam hainan rebus, beserta sausnya. Siapkan 1 ekor ayam dengan berat 800 gram hingga 1 kg. Lalu untuk membumbui ayamnya, siapkan garam bata, jahe 4 cm, daun bawang 2 batang, air untuk merebus, dan air es untuk merendam. Memarkan jahe, supaya rasanya lebih keluar.

Selanjutnya ialah bumbu untuk saus ayam hainan rebus. Siapkan 500 gram lemak ayam, minyak kelapa atau goreng 1 sdm, bawang putih sebanyak dua siung dipotong sampai halus, serta kaldu ayam 100 ml. Masih ada bumbu lainnya, yakni 2 sdm saus tiram, serta 1 sdm kecap asin. Supaya makin gurih dan nikmat, tambahkan 3 sendok teh minyak wijen, dan 2 sendok teh gula pasir untuk sausnya.

2. Siapkan Bumbu untuk Sambal

Masih soal menyiapkan bumbu, kali ini ialah bumbu untuk sambalnya. Resep ayam hainan rebus satu ini bisa dilewati, jika tidak suka pedas. Untuk sambalnya siapkan 50 gram cabai merah besar, lalu buang bijinya. Tambahkan 2 siung bawang putih, dan 25 gram jahe. Supaya makin lezat, tambahkan 2 sdt gula pasir, garam ½ sdt, serta air jeruk nipis 1 sdm. Jangan lupa tambahkan 100 ml kaldu ayam, supaya rasa sambal semakin gurih.

3. Olesi Ayam dengan Garam dan Bumbu Lainnya

Setelah menyiapkan semua bumbu, resep ayam hainan rebus berikutnya ialah mengolesi ayam dengan garam dan bumbu lainnya. Olesi seluruh badan ayam dengan garam bata, sambil sedikit digosok. Jika sudah digosok seluruhnya, cuci badan ayam dengan air bersih. Selanjutnya oleskan lagi garam, sebanyak ½ sendok makan.

Lalu masukkan jahe yang sudah dimemarkan, serta daun bawang yang telah dipotong-potong kecil. Masukkan kedua bumbu itu ke dalam rongga atau badan ayam. Pastikan, bumbu masuk sempurna ke dalam rongga badan ayam kemudian usahakan posisinya agak menutup biar tidak tumpah,

4. Rebus Ayam yang Sudah Dibumbui

Berikutnya, ialah merebus ayam yang sudah dibumbui. Masukkan air hingga melebihi ayam sedikit, lalu masak di api yang besar. Setelah mendidih kecilkan apinya, hingga air yang bergolak menjadi lebih tenang. Tutup panci sehingga rapat, lalu rebus sampai 30 menit atau sampai ayam matang.

5. Rendam Ayam di Air Es dan Tiriskan

Jika ayam sudah matang, angkat dan rendam di dalam air es. Rendam ayam di dalam air es selama 30 menit. Setelah di rendam, buang jahe dan daun bawang yang ada di dalam badan ayam. Selanjutnya tiriskan ayam hingga kering. Untuk meniriskan ayam, gantung badan ayam dan diangin-anginkan.

6. Potong Ayam dan Sajikan dengan Saus

Terakhir ialah memotong ayam dan sajikan dengan sausnya. Potong ayam dengan ukuran 4 sampai 5 cm. Lalu taruh di atas piring, dan siram dengan sausnya. Untuk membuat sausnya sangat gampang, cukup panaskan lemak ayam dan minyak goreng. Tumis jahe serta bawang putih hingga wangi. Bila telah wangi, masukkan bumbu lain dan tumis hingga matang.

Itulah resep ayam hainan rebus lezat yang ternyata mudah dan simpel. Ayam hainan rebus ini cocok dimakan kapan saja, misalnya untuk makan siang atau makan malam. Supaya lebih enak, sajikan ayam hainan rebus dengan nasi putih yang hangat.