Resep Agar-Agar Lumut yang Lembut

Ingin menikmati musim panas dengan sajian lezat dan menyehatkan? Mungkin bisa mencoba resep agar agar lumut yang lembut di mulut. Camilan yang memiliki beragam varian ini dapat dipadukan dengan bahan-bahan lain sehingga tidak akan bosan jika hanya satu rasa saja. Untuk itulah simaklah resepnya di bawah ini:

Resep Agar Agar Lumut yang Lembut

1. Agar-Agar Lumut Sederhana

Resep pertama ini menyajikan agar-agar lumut dengan cara simpel. Terlebih dulu, siapkan 2 bungkus agar-agar tanpa warna, telur, dan santan secukupnya. Jangan lupa gula sebanyak 200gr, sejumput garam, juga air 1.400 ml. Setelahnya buat warna hijau dari 15 lembar daun pandan yang dihaluskan bersama 200ml air, lalu saring agar bersih.

Kocoklah telur sebentar saja lalu masukkan ke air pandan yang sudah disaring, sisihkan. Selanjutnya masaklah santan, agar-agar, gula, dan air di dalam panci dengan menggunakan api sedang. Tambahkan sedikit garam agar lebih lezat. Setelah mendidih, masukkan air daun pandan yang sudah disaring. Aduk-aduk sebentar dan matikan kompor. Tunggu dingin dan sajikan.

2. Agar-Agar Lumut Pandan Cokelat

Berikutnya ini memadukan antara agar-agar lumut dengan rasa cokelat. Siapkan 500ml air pandan yang sudah direbus. Diperlukan juga 2 telur (kocok lepas), gula pasir, 100ml santan, dan tentunya 1 bungkus agar-agar. Jika semua bahan sudah siap, tinggal campur dan masak hingga mendidih. Tunggu uapnya hilang lalu tuangkan ke cetakan.

Untuk yang lapisan cokelat, bahan yang digunakan sama. Hanya saja di sini perlu ditambah ½ kaleng SKM rasa cokelat dan 3 sendok makan bubuk cokelat. Masukkan ke dalam panci dan panaskan hingga mendidih dan muncul tekstur seperti lumut. Setelahnya tuang di atas cetakan agar-agar pandan. Setelah mengeras, maka sudah bisa dicicipi.

3. Agar-Agar Lumut Pandan Gula Merah

Resep agar agar lumut yang ketiga ini mengkombinasikannya dengan puding gula merah. Caranya dengan menyiapkan agar-agar plain satu bungkus, gula pasir, santan, 10 lembar daun pandan yang sudah dihaluskan dengan blender, kocok lepas 2 telur, perasa vanila 1.5SDT, dan sedikit garam. Campur semuanya dalam 500ml air dan masak hingga didih.

Bahan untuk puding gula merah yaitu tetap memakai agar-agar bening sebungkus, susu 500ml. Terlebih dahulu cairkan 300gr gula merah. Setelahnya, masaklah semua bahan tersebut sampai mendidih. Lalu tambahkan 2SDM maizena yang sudah dilarutkan. Angkat dan tunggu dingin.

4. Agar-Agar Lumut Gula Merah

Untuk membuat resep yang satu ini, pertama-tama sisir gula merah sebanyak 130gr. Jangan lupa menyiapkan 30gr gula, air sebanyak 600ml, santan, telur satu butir, dan essens pandan. Bahan utama jangan sampai ketinggalan, yaitu agar-agar yang plain satu bungkus.

Langkah pembuatannya yaitu mencampur semua bahan ke dalam panci dan masaklah di atas kompor dengan menggunakan api sedang. Aduk-aduk sampai muncul tekstur lumut di permukaan. Jika sudah mendidih angkat dan tuang ke cetakan, lalu tunggu dingin.

5. Agar-Agar Lumut Pandan

Cobalah membuat agar-agar lumut dengan menyiapkan satu genggam daun pandan yang direbus bersama air sebanyak 200ml. Siapkan pula agar-agar tanpa warna 1 bungkus, telur yang dikocok lepas, gula sesuai selera (kurang lebih 100gr). Agar lebih lezat tambahkan 200ml santan. Setelah semua bahan tersedia, campur dengan air 500ml, masak sampai didih.

Itulah 5 resep agar agar lumut yang lembut dan sangat lezat saat masuk ke mulut. Camilan tersebut adalah pilihan yang cocok untuk menikmati waktu siang hari yang panas. Akan lebih pas jika sebelumnya disimpan ke dalam kulkas dan menikmatinya selagi dingin.