Inilah Resep Nasi Bebek Madura yang Gampang dan Sangat Lezat

Nasi bebek Madura menjadi salah satu masakan Indonesia yang dicintai banyak orang. Rasa bebek yang gurih, bercampur dengan nasi hangat membuat siapapun menjadi tergugah. Untuk membuat nasi bebek madura ini sangat gampang, jadi bisa diterapkan di rumah. Berikut resep nasi bebek Madura yang gampang dan sangat lezat tersebut.

Inilah Resep Nasi Bebek Madura yang Gampang dan Sangat Lezat

1. Siapkan Bahan untuk Membumbui Bebek

Pertama siapkan bahan-bahan atau bumbu, untuk bebeknya. Siapkan 10 buah bawang putih, 20 buah bawang merah, cabai rawit 50 buah, dan cabai merah keriting 10 buah. Lalu siapkan juga 2,5 cm jahe, 2 butir kemiri, 2,5 cm lengkuas, dan juga 2,5 cm kunyit.

Bahan lainnya ialah ketumbar 1 sdt, lada setengah sdt, dan 2 batang sereh. Siapkan juga daun jeruk 10 lembar, asam jawa 4 buah, garam, serta penyedap secukupnya. Bahan-bahan di atas bisa digunakan untuk 1 ekor bebek, atau sekitar 1 kilogram. Jika bebek yang digunakan lebih berat, maka tambahkan bumbunya supaya gurihnya terasa.

Untuk cabai rawit, sifatnya opsional. Jika pengguna tidak begitu suka pedas, maka cabai rawitnya bisa dikurangi. Pengguna juga bisa menambahkan jeruk nipis, supaya rasa bebek menjadi lebih segar. Bumbu di resep nasi bebek Madura ini hanya sebagai acuan, pengguna tetap bisa berkreasi sesuai selera.

2. Haluskan Bumbu

Berikutnya haluskan bumbu yang tadi sudah disiapkan, kecuali asam jawa. Jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng atau air untuk  mempermudah penghalusannya. Mengenai teknik penghalusan, bebas pilih, boleh secara manual menggunakan cobek ataupun dengan alat seperti blender. Namun, penghalusan manual lebih disarankan karena hasilnya terasa lebih sedap.

3. Tumis Bumbu

Langkah berikutnya ialah menumis bumbu. Tumis bumbu dengan sedikit minyak jika saat menghaluskan menggunakan air. Bila saat menghaluskan menggunakan minyak, maka tidak perlu ditambahkan lagi. Cukup tambahkan sedikit air, lalu masukkan asam jawanya. Tumis bumbu hingga wanginya menguar.

4. Lumuri Bebek dengan Jeruk Nipis

Selagi menumis bumbu, bisa sambil melumuri daging bebek dengan jeruk nipis. Hal itu dilakukan supaya rasa bebek jadi lebih segar, dan lebih berbumbu. Jeruk nipis ini juga bisa menghilangkan bau amis pada bebek. Lumuri daging bebek sampai benar-benar merata ke semua bagian, lalu dimarinasi lima menit.

5. Ungkep Bebek hingga Empuk

Setelah bau bumbu sudah menguar, segera masukkan daging bebek yang tadi sudah dilumuri jeruk nipis. Tambahkan air hingga daging bebek terendam, lalu tutup panci atau penggorengan. Ungkep hingga daging bebek benar-benar empuk. Bila air ungkepan sudah habis, tambahkan lagi sampai bebek empuk.

Proses ungkep ini memang memakan waktu yang agak lama, jadi harus sabar menunggu. Bila ingin cepat, pengguna bisa menggunakan alat presto. Dengan alat presto, daging bebek akan empuk dalam waktu yang sangat sebentar.

6. Goreng Bebek hingga Garing

Jika bebek sudah empuk, maka bisa langsung diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya goreng bebek, hingga garing. Masukkan bebek ke minyak panas, dan pastikan daging bebek terendam sepenuhnya. Goreng dengan api besar, supaya bisa juicy. Bila sudah berwarna cokelat, angkat bebek lalu tiriskan.

7. Siapkan Nasi, Lalapan, dan Sambal

Terakhir hanya perlu menyiapkan nasi putih, untuk disajikan bersama bebek Madura. Supaya lebih nikmat, tambahkan lalapan seperti irisan mentimun, kemangi, dan beberapa lembar selada atau kubis. Selain itu, jangan terlewat pula untuk menambahkan sambal. Dan nasi bebek Madura pun siap untuk dihidangkan dalam kondisi hangat!

Sangat gampang bukan resep nasi bebek Madura ini? Jadi, jangan lama-lama berpikir. Segera saja kumpulkan semua bahan yang mudah didapatkan di atas. Lalu segera ikuti proses memasaknya. Agar bisa segera menghadirkan hidangan istimewa untuk orang-orang paling dicinta. Siapa lagi kalau bukan keluarga?